MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Mengenal 4 Manfaat kayu Rasamala, Ketahui Ragam Manfaatnya

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Mengenal 4 Manfaat kayu Rasamala, Ketahui Ragam Manfaatnya

Senin, 21 Maret 2022

Kayu Rasamala - Penggunaan kayu yang dari dulu hingga kini semakin meningkat dari tahun ketahunnya, tentunya hal ini dikarenakan berkembangnya kebutuhan ditengah masyarakat. 

Bahkan hampir setiap jenis kayu Komersal, sering digunakan untuk berbagai kebutuhan disegala bidang, terutama dalam bidang furniture dan interior. 

Namun, jika ditanya perihal jenis jenis kayu, pasti kebanyakan dari kita hanya mengenal kayu populer saja bukan? seperti kayu jati, merbau ulin dan sebagainya. Tentunya jenis kayu tak hanya ketiga jenis itu saja lho. 

Mengenal Kayu Rasamala

Melainkan kamu bisa mengenal beberapa jenis kayu berkualitas lainnya, seperti kayu kelas II ini, yang mungkin kamu akan terdengar asing dengan namanya, ya Kayu Rasamala. Pernah mendengar kayu satu ini? 

Jenis Kayu rasamala memiliki segudang kualitas yang bisa digunakan untuk beragam kebutuhan, tentunya dengan kualitas kayu yang tinggi. Bagaimana? masih penasaran dengan kayu satu ini? yuk simak ulasannya berikut : 

Tentang Kayu Rasamala 

Untuk kamu yang penasaran dengan kayu rasamala, kami telah merangkum beberapa informasi penting mengenai kayu satu ini, untuk itu yuk simak ulasannya berikut : 

Penyebaran Kayu Rasamala 

Pohon Rasamala merupakan salah satu pepohonan yang tersebar didaerah indonesia, seperti Pulau kalimtan, jawa dan sumatera, namun kamu akan sangat mudah menemukan pohon ini di wilayah jawa barat lho. 

Tepatnya pohon Rasamla banyak ditemukan di kawasan Taman nasional gunung Halimun salak, dan gunung Gede pangrango.

Nama Unik di berbagai Daerah

Fakta menariknya kayu rasamala memiliki nama yang unik yang berbeda-beda dari setiap daerahnya, seperti halnya di sumatera kayu ini lebih dikenal dengan sebutan kayu Tulason. 

Sementara untuk dikawasan kalimantan, kayu ini terkenal dengan nama Ra'samala, sedangkan untuk kamu yang berada dijawabarat 

Kayu ini cukup terkenal dengan nama Gadog. Hal inilah yang menjadi keunikan tersendiri, maka jika kamu berada disalah satu wilayah tertentu kamu bisa mencarinya dengan nama nama yang disinggung barusan.

Bentuk dan Ukuran Pohon Rasamala

Kayu Rasamala

Pohon Rasamala bisa tumbuh dengan baik dengan ketinggian mencapai 40 meter hingga 60 meter, dengan ukuran yang dihasilkan sekitar 80cm hingga 150 cm, dan ukuran cabang bebas sekitar 20 cm - 35cm.


Bentuk dan Ciri khas dari pohon rasamala satu ini terletak pada bagian kulitnya yang memiliki tekstur yang cukup halus, dengan warna keabu-abuan. 

Namun kamu akan menemukan keunikan dari pohon rasamala jika umurnya terbilang muda, hal ini terletak pada tajuknya yang agak rapat yang berbentuk seperti piramida atau segitiga, tapi dengan seiringnya usia pohon bertambah maka bentuknyapun akan berubah seperti membulat.

Bentuk Daun Pohon Rasamala

Daun dari Pohon rasamala ini memiliki bentuk cenderung lonjong dengan ukuran 6 cm hingga 12 cm dan lebar 2,5 - 5 cm. Ciri khas lainnya dari pohon satu ini yakni pada bagian bunganya yang tidak memiliki kelopak atau mahkota, hanya benang sarinya saja yang berwarna putih seperti papila.

Tentunya tak hanya ciri khas yang unik dari pohon nya saja, melainkan kamu bisa menemukan berbagai keunggulan dari kayu yang dihasilkannya, sebab karakteristik kayu rasamala yang cenderung unggul. 

Bagaimana dengan karakteristik kayunya? 

Mengenal Karakteristik Kayu Rasamala 

karakteristik kayu rasamala

Kayu Rasamala memiliki karakteristik yang terbilang sempurna, sebab terlihat dari warna kayunya yang estetik, warna kayu rasamala yang berwarna abu-abu kecekolatan dengan bagian badan kemerah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengerajin Furniture. 

Bahkan kayu ini memiliki tekstur permukaan kayu yang cenderung cukup halus sehingga kamu tak perlu lagi mengamplas terlalu lama. 

Kayu Rasamala memiliki berat jenis antara 0,6 - 0,8 dengan ciri khas bentuk kayu yang berlekuk-lekuk dan ukurannya yang ramping.

Tingkat Kelas Kayu 

Dari segi kualitas, tentunya kayu ini tidak bisa dianggap remeh, sebab kayu rasamala masuk kedalam kayu awet kelas II, yang bisa bertahan hingga puluhan tahun lamanya serta tahan terhadap rayap. 

Bahkan, kayu satu ini cenderung tidak mudah rusak, meski bersentuhan langsung dengan tanah atau terkena air secara terus menerus. 

Apalagi kayu satu ini tergolong relatif lebih murah dengan harga mulai 30 ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung ukuran yang dipesan. 

Selain masuk kedalam kelas awet kelas II kayu ini termasuk kayu yang mudah dalam perawatan tanpa perlu perlakuan khusus, sehingga kamu bisa memanfaatkan kayu satu ini sebagai hiasan pembuatan aquascape. 

Tak hanya digunakan sebagai hiasan aquarium saja, melainkan masih banyak keunggulan dan manfaat lainnya dari kayu satu ini, seperti : 

Beberapa Manfaat kayu Rasamala yang Bernilai Tinggi

Berikut beberapa manfaat yang dihasilkan kayu rasamala untuk berbagai kebutuhan, seperti material kontruksi, element dekorasi, hingga kesehatan, untuk itu simak ulasannya berikut : 

1. Manfaat Batang dan Kayu Rasamala

kayu rasamala

Seperti yang kita tahu bahwa kayu rasamala masuk kedalam golongan kayu kelas II, selain memiliki ketahanan yang dapat bertahan hingga puluhan tahun, kayu ini memiliki keunikan tersendiri dari karakteristik kayunya sehingga bagus untuk diolah. 


Biasanya, kayu rasamala sering dimanfaatkan untuk kebutuhan kontruksi, bahkan mengingat tingkat awetnya yang tinggi, kayu rosamala sering digunakan untuk kebutuhan berat, seperti bantalan rel kereta api, pembuatan tiang, rangka hingga plafon rumah.

2. Getah yang Banyak Manfaat

Tak hanya kayu dan batangnya saja yang digunakan untuk kontruksi berat, melainkan getah dari kayu rasamala ini kerap dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai bahan baku pembuatan parfum ruangan lho.

Sebab getah dari kayu satu ini memiliki aroma yang khas dan nyaman untuk dihirup, hal inilah yang membuat banyak produk wewangian menggunakan getah rasamala.

3.  Daun Rasamala 

Salah satu manfaat lain dari pohon rasamala, selain batang dan getahya. Ternyata daun rasamalapun dapat dimanfaatkan lho. 

Biasanya daun tersebut sering dimanfaatkan sebagai lalapan oleh kebanyakan masyaarakat jawa barat, terlebih lagi daun muda rasamala yang berwarna merah, konon memiliki citra rasa yang lebih enak.

4. Akar Rasamala

akar rasamala

Hampir seluruh bagian dari pohon satu ini bisa dimanfaatkan bukan? bahkannya lagi kamu bisa menfaatkan akar dari pohon rasamala ini sebagai hiasan dekorasi aquarium atau akseris hunian yang estetik. 

Hal tersebut dikarenakan bentuk akarnya yang relatif lebih kecil dengan bentuk yang unik, bahkan kamu bisa menggunakannya untuk hiasan aquarium atau aquascape. 

Jadi, sudah tahu dengan Pohon Rasamala dan manfaatnya? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, tetnunya kamu bisa mencari informasi lainnya mengenai material dan jenis pohon terbaik untuk bahan kontruksi, tentunya kamu bisa menemukannya di Rajawali parket.
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang