MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Apa itu Kayu Kaso? Yuk! Bahas Tuntas dan Ketahui 4 Jenis Terbaiknya

Apa itu Kayu Kaso? Ternyata ini Pengertian aslinya! Ketahui juga 4 Jenis Terbai…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Apa itu Kayu Kaso? Yuk! Bahas Tuntas dan Ketahui 4 Jenis Terbaiknya

Selasa, 25 Oktober 2022

Kayu Kaso - Membangun sebuah kontruksi hunian pastinya membutuhkan banyak sekali elemen dan material yang digunakan.  

Untuk meningkatkan Struktur pondasi yang kuat. Pastinya, kamu perlu membangun sebuah rangka dasar, dimana rangka tersebut menggunakan Kayu dengan kualitas yang Tinggi. 

Apa itu Kayu Kaso

Salah satunya yakni sebuah Kaso, dimana Kayu Kaso sendiri merupakan rangka dasar yang sering gunakan, dengan gabungan batang batang yang menjulang yang menjadi sebuah pondasi utuh. 

Karakteristik kuat, awet, tahan cuaca, menjadi jenis kayu yang harus kamu cari bukan? Penggunaan kayu kaso yang asal, tentunya akan memperburuk sebuah pondasi, untuk itu ketahui beberapa jenis kayu kaso terbaiknya, yaitu : 

Apa, Fungsi Kayu Kaso ?

Apa itu Kayu Kaso

Sebelum mengenal jenis kayu terbaik untuk kaso, sebaiknya kamu perlu mengenal apa fungsi sebenarnya dari Kayu kaso?

Kayu kaso sendiri merupakan material utama dalam pembuatan sebuah rangka atau plafon dasar, dimana proses ini menjadi pondasi yang memudahkan pembangunan menjadi lebih cepat dan mudah.

Pasalnya, kayu kaso memiliki bobot ringan, sehingga tak perlu membutuhkan ahli tukang yang banyak. Singkatnya, kaso merupakan penamaan material kayu yang digunakan untuk pondasi dasar. 

bagiaman dengan rangka material lain? apakah kayu kaso lebih baik?

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Kaso

Apa itu Kayu Kaso

Keunggulan Kayu Kaso

  • Mudah dalam pemasangan : Jika dibandingkan dengan jenis kaso lain, material kayu mudah dalam pengolahan, terutama pemotongan dan hanya perlu mengikat dengan tali atau dipaku

  • Kuat dari Material lain : Walaupun besi hollow memiliki bentuk panjang dan kuat, namun material kayu sudah melewati berbagai proses treatment, sehingga memiliki umur yang panjang tanpa terkendala jamur dan rayap.
  • Mampu menompang beban atap : Salah satu material terbaik dalam menompang yakni material kayu, kayu kaso sendiri mampu menompan beban atap bahkan dengan bobot berat yang tinggi

  • Sangat ringan : walau kekuatannya tinggi, namun penggunaan kayu kaso lebih mudah dikarenakan ringan, kamu tidak perlu menggunakan alat berat untuk membuat pondasi hunian.

  • Mudah ditemukan : beberapa material di indonesia, kerap menyediakan beberapa jenis kayu kaso yang bisa digunakan, sehingga mudah ditemukan.

 Kekurangan Kayu Kaso

  • Jarang digunakan untuk rumah berasitektur : karena bentuk dan panjang yang tinggi sehingga, penggunaan untuk rumah minamlis yang beresstetika akan kurang digunakan, sebab terlihat lawas dan kurang cocok.

  • Salah pemilihan jenis kayu : Beberapa kontruktor masih ada yang belum mengenal jenis kayu yang kuat, dan tahan cuaca, sehingga kerap membeli atau memasangkan jenis kayu yang kurang baik
Untuk itu, jika kamu kesulitan dalam menentukan jenis kayu terbaik untuk kayu kaso, yuk simak beberapa jenis kayu terbaik untuk kayu kaso, berikut : 

Jenis Kayu Kaso yang Harus dipilih

Dalam menunjang sturkutur bangunan dan atap dalam jangka panjang, pilih jenis terbaik dan berikut beberapa jenis pilihannya. Antara lain : 

1. Kayu Kaso Jati 

Apa itu Kayu Kaso

Kualitas yang diatas rata-rata dengan pemanfaatan yang beragam, menjadikan kayu ini bisa kamu gunakan untuk bahan kaso lho. 

Tingkat kelas kuat I dan awet II, menjadikan kayu jati memiliki ketahanan hampir puluhan tahun, dengan ketahanannya terhadap rayap.


Apalagi, terdiri dari beberapa grade seperti A/B/C kamu bisa memilih jenis mana yang terbaik, dan harga yang cocok untuk sebuah kayu kaso.

2. Kayu kaso Borneo

Apa itu Kayu Kaso

Salah satu jenis unggulan bagi pembuatan kayu kaso, dengan range dari Rp 34.000,- hingga Rp40.000,-/batang bisa kamu gunakan. 

Apalagi, kayu borneo termasuk kayu kelas kuat III - IV dan awet III - IV dimana, kelas tersebut sangat sempurna untuk digunakan sebagai kaso. 

Bahkan, kayu bronero menjadi jenis unggulan dalam pembuatan reng ataupun bekisting, terlebih kayu satu ini sangat ringan dan terkenal kuat. 

3. Kayu Kaso Kamper 

Apa itu Kayu Kaso

Memiliki aroma yang khas seperti Kamper, membuat kayu kaso jenis ini kuat terhadap serangan rayap. Bahkan, beberapa sumber mengungkapkan jika kayu kamper tidak jauh bebreda dengan kayu jati lho.
 
Harga perbatang dari kayu kaos kamper di harga Rp53.000,- hingga Rp72.000 dengan ukuran 4/5 x 6 x 400 cm menjadi material kaso unggulan selanjutnya. 

Bahkan, kayu kamper atau cinnamomum menjadi bahan utama dalam dunia kontruksi, tak heran jika kamu akan menemukan banyak manfaat kontruksi dari kayu kaso kamper.

4. Kayu Kaso Meranti 

Apa itu Kayu Kaso

Jenis kayu dengan sturktur kuat dan keras berikutnya yang bisa kamu gunakan sebagai material kayu kaso yakni kayu mernati, dimana jenis kaso satu ini tidak mudah dalam perubahan, 

bahkan kayu mernati tidak mudah menyusut, lebih kerennya lagi jika sudah terendam air dalam jangka panjang, namun kayu mernati tetap kuat dan tidak rusak. 

kamu bisa membeli kayu kaso meranti dengan harga Rp 34.500,- hingga Rp 41.000,- dengan ukuran 4 x 6 x 400, tentunya dengan menggunakan kaso ini maka, pengeluaran tidak terlalu tinggi namun kualitas kayu terjaga.

Jadi, sudah paham apa itu kaso? dengan jenis kayu kaso mana yang menurut kamu cocok untuk dipilih?
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang