MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Apa Itu Panel Dinding PVC, Jenis Hingga Plus Minusnya

Mengenal Lebih Lengkap, apa itu Panel dinding PVC, dari Jenis, hingga kelebihan…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Apa Itu Panel Dinding PVC, Jenis Hingga Plus Minusnya

Rabu, 31 Mei 2023

panel dinding pvc

Panel Dinding Pvc -
Saat ini terdapat banyak sekali invoasi menarik, yang bisa digunakan sebagai pelapis dinding hunian. Salah satu produknya, yaitu Panel dinding PVC. 

Dimana kali ini, pvc tidak hanya digunakan sebagai plafon saja. Melainkan, banyak manfaat lainnya untuk hunian, salah satunya sebagai dekorasi dinding ruangan. 

PVC sendiri merupakan material industri pembangunan yang saat ini banyak ditemukan dipasaran, dimana terdapat dua pilihan tipe, yakni fleksibel dan keras 

Terdapat banyak sekali keunggulan, dari penggunaan material pvc, terkhususnya dinding pvc. selain kuat, dinding pvcpun tersedia dalam bentuk dan tampilan yang bervariasi, maka untuk mengenal dinding satu ini. Simak beberap informasi menariknya, berikut : 

Apa itu Panel Dinding PVC

panel dinding pvc

Panel dinding sendiri merupakan lembaran papan yang memiliki motif dan sturktur bentuk tertentu, biasanya panel berbentuk 3d, sehingga membuat dinding menjadi lebih vervolume saat digunakan.

Biasanya, panel dinding terbuat dari bahan kayu atau plastik, karena memiliki ketahanan yang baik, namun dengan perkemabangan teknologi, kini kamu bisa menemukan panel dinding berbahan pvc.


PVC sendiri merupakan singkatan dari polivinyl cloride, dimana bahan ini terbuat dari bahan polimerisasi monomer vinyl kloride yang dicampur menggunakan bahan baku minyak terendah, seperti polimer dan lainnya. 

Meski cenderung murah dan ringan, panel dinding pvc dikenal sebagai material yang tahan terhadap air dan serangan rayap.

Itulah sebabnya dinding satu ini, kerap dimanfaatkan sebagai pelapis dapur, kamar mandi, hingga ruangan. Panel PVCpun terkenal kuat, dan tidak mudah pecah, bahkan beberapa produk PVC terkenal tahan api.

Jenis Panel Dinding PVC Untuk Interior

panel dinding pvc


Terdapat panel dinding pvc yang memiliki keunggulan tersendiri, bahkan ada yang kuat terhadap api. Maka, untuk mencari panel pvc terbaik, kamu perlu mengenal jenis-jenisnya, berikut : 

1. PVC Foam Board

PVC foam board sendiri merupakan material pengganti multiplek, yang memiliki ciri dari kedua sisi permukaannya yang keras, namun disatu sisi licin dan halus. 

Pelapis dinding ini berwarna putih susu, sehingga dapat digunakan tanpa proses finishing tambahana. PVC foam board sendiri diproduksi menggunakan mesin eksturi dengan proses foam, tanpa mengadung bahan beracus seperti asbes, formalin ataupun cadmium. 

PVC foam pun tersedia dengan ukuran dari mulai tebal 3mm hingga 18 mm. Sehingga kamu bisa menggunakannya, dengan dekorasi yang kamu inginkan. 

Sifatnya yang tahan ari, membuat pvc foam board dapat dijadikan sebagai partisi toilet atau penyekat ruangan, biasanya untuk tampilan yang lebih cantik, pelapis dinding ini diberi ukiran.

2. PVC Sheets

PVC sheets sendiri merupakan material pelapis dinding yang bentuknya menyerupai stiker atau hpl, dimana ukurannya lebih tipis ketimbang pvc foam board. PVC sheetspun tersedia dengan bentuk rollan.

Penggunaan PVC sheet pun bisa mempercantik mebel dengan praktis, selain itu, pvc sheetpun digunakan untuk tujuan komersial, seperti digital, sablon, laminating dan banyak lagi. 


Lembaran pvc ini memiliki keunggulan yang ramah lingkungan dan tidak beracun, daya tahannya lebih bagus ketimbang lembaran wallpaper dinding hunian.

3. Panel Dinding PVC 3D

selain memiliki jenis lembaran dan roll-an, panel pvcpun tersedia dalam bentuk 3d, sehingga bisa dipakai sebagai dekorasi ruangan. 

Kelebihan jenis ini jika dibandingkan dengan jenis pvc lainnya, yakni bisa memberikan efek yang lebih nyata, natural, dan tentunya cocok digunakan disemua raungan, serta panel dinding pvc, tersedia dengan bentuk 3d yang bervariatif.

Kelebihan Menggunakan Wall Panel PVC

panel dinding pvc
  1. Tahan Air dan Jamur : Panel pvc dikenal dengan durabilitasnya yang tinggi, khususnya terhadap air. Tak heran, jika panel dinding ini sering digunakan untuk pintu kamar mandi, atau dekorasi dinding lainnya.

    Dampak lainnya dari ketahannya terhadap air, membuat panel satu ini lebih kuat terhadap pertumbuhan jamur, sehingga dinding pvc akan bertahan hingga waktu yang panjang

  2. Motif Bervariasi : Dengan 3 Jenis diatas, kamu bisa memilih dekorasi yang sesuai dengan kebutuhan dinding hunian, apalagi bahan pvc tidak bisa dicat, sehingga warna dan tekstur pvc, tidak mudah luntur atau tergores.

  3. Ringan dan Kuat : Karena terbuat dari bahan plastik, panel dinding pvc terbilang lebih ringan ketimbang panel lainnya, walaupun demikian, dinding pvc tergoong kuat menahan bebat karena materialnya yang padat.

  4. Multifungsi : Seperti kita tahu, panel pvc tak hanya digunakan sebagai pelapis atap saja, adapun beragam manfaat lainnya, seperti dinding ataupun furniture.

  5. Harga ekonomis : walaupun memiliki beragam keunggulan, harga panel ini terbilang murah dan eknomis, sehingga tidak membebani anggaran saat ingin meronavasi hunain.

Kekurangan Memakai Wall Panel PVC

Walaupun terdapat banyak keunggulan, ternyata material ini tergolong sulit didaur ulang, sehingga kurang ramah terhadap lingkungan, sementara itu saat pemasangan panel pvc, memerlukan penangan yang khusus, agar hasilnya rapih dan tidak mengganggu.

jadi, tertarik menggunakan panel dinding PVC?
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang