MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Ternyata ini Tips Lantai Kayu Awet! Ketahui Cara merawatnya

Ingin Lantai Kayu awet hingga puluhan tahun? berikut Tips dan cara merawatnya

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Ternyata ini Tips Lantai Kayu Awet! Ketahui Cara merawatnya

Kamis, 16 November 2023
Cara Merawat lantai kayu

Cara Merawat Lantai Kayu
- Banyak orang berpikir dengan menggunakan parquet kayu biaya perawatan menjadi sangat mahal. karena parket kayu sendiri merupakan jenis parket mewah. 

Akan tetapi sebetulnya jika di bandingkan dengan merawat marmer atau karpet, merawat lantai kayu lebih mudah serta murah. Tentunya, Anda harus tahu cara perawatannya yang tepat, untuk lantai kayu yang lebih lama.. 


Sebetulnya cara merawat lantai kayu parket sama saja dengan cara standar merawat lantai jenis lainnya, seperti disapu bersih dan dipel.

Dapatkan Produk Lantai Kayu dengan Discount hingga 35% ( Klik Disini

Kami juga tidak akan menyulitkan Anda dalam hal merwat lantai kayu parket. Kami akan membuat Anda senyaman mungkin menggunakan lantai parket. Karenanya kami berusaha membuat parket kayu ini mudah dirawat serta dibersihkan.

Cara Merawat Lantai Kayu yang Tepat

Salah satu cara terbaik yang kami lakukan agar lantai parket kayu ini dapat bertahan serta mudah dirawat adalah dengan memberikan produk parket terbaik.

1. Gunakan Produk Berkualitas Terbaik

Tips agar lantai kayu awet

Cara merawat lantai kayu parket yang pertama yaitu dengan menggunakan material kayu yang tepat, tentunya tepat dalam artian berkualitas tinggi, dari spesifikasi kuat dan awetnya, tentunya kami memproduksi parket terbaik.

Parket kayu yang kami produksi menggunakan jenis kayu berkualitas tinggi, terutama lantai kayu Jati dan Merbau yang sudah sangat dikenal sebagai 2 jenis kayu terbaik untuk dipasang sebagai parket kayu.

Sifat dari kayu Merbau dan kayu Jati yang tahan terhadap pertumbuhan jamur, serangan rayap dan perubahan cuaca membuat parket kayu Merbau dan Jati ini selalu kami rekomendasikan untuk Anda pilih sebagai lantai hunian.

2. Menggunakan Parket yang sudah diproses Oven

Tips agar lantai kayu awet

Cara merawat lantai kayu lainnya, yaitu dengan menggunakan produk parket yang sudah diproses dalam pengeovenan.

Selain kayunya yang berkualitas, pada proses produksipun parket mengalami peningkatan kualitas dengan cara di Oven. 

Proses Oven parket ini dimaksudkan untuk mengurangi kadar air didalamnya sehingga MC kayu tersebut sudah cocok untuk dijadikan parket.

Proses Oven ini sangat membantu mengurangi resiko parket melengkung ketika sudah di pasang nanti sehingga parket akan terjaga kondisinya.

3. Menggunakan bahan finishing berkualitas tinggi

Tips agar lantai kayu awet

Cara merawat lantai kayu parket agar tetap bisa digunakan hingga puluhan tahun, yaitu dengan menggunakan bahan finishing yang berkualtias, mengapa demikian? karena bahan finishing terdapat beberapa efek pada lantai kayu.

Terutama, dalam membentuk kayu agar tidak terserang hama rayap dan jamur, walau kedua jenis kayu diatas merupakan kayu tahan terhadap jamur dan rayap, namun penggunaan finishing sangat perlu agar kayu semakin kuat.

Terlebih finishing kayu dapat memberikan efek warna yang lebih menonjol, jadi bisa disimpulan finishing kayu membuat kayu menjadi lebih indah dan tahan lama. 

4. Merawat Lantai Kayu dengan Pemeliharaan Rutin

Tips lantai kayu awet

Tahap merawat lantai kayu parket lainya ialah dengan Pemeliharaan rutin seperti menyapu atau mengepel lantai parquet, agar sisa-sisa debu atau kotoran lainnya tidak menjadi flak yang menempel di sela-sela sambungan parquet. 

Hindari membersihkan parquet dengan menggunakan bahan yang mengandung wax, dikarenakan dalam jangka waktu yang lama parquet akan terlihat kusam.

Dalam mengepel lantai di usahakan kain pel tidak terlalu basah. Hindari menggunakan sepatu hak tinggi. Berilah gelaran karpet di area yang mobilisasinya tinggi. Apabila ada tumpahan kimia harus segera dibersihkan menggunakan kain yang halus.

5. Batasi Cahaya Matahari secara Langsung

Tips lantai kayu agar awet

Sinar matahari langsung berinteraksi dengan lantai kayu akan menyebabkan penuaan warna pada parquet atau discoloring, Gunakanlah tirai transparan untuk menutupi daerah yang terkena sinar matahari secara langsung.

6. Hindari goresan atau baret dari Furniture Hunian

Tips lantai kayu agar awet

Cara merawat Lantai kayu yang paling penting ialah dengan melindungi lantai parquet Anda dari goresan furniture, Apabila memindahkan furniture dengan cara diangkat, jangan ditarik langsung.

Hindari penggunaan furniture yang menggunakan roda. Apabila ada area yang terlihat sudah barut lakukanlah refinish ulang agar tampilan parquet Anda selalu kelihatan kinclong.

Lalu, bagaimana jika lantai terlanjut tergores? apakah bisa ditanangi? atau Bagaimana jika ada kerusakan pada lantai kayu? tenang, karena kami telah merangkum semuanya, agar Anda lebih peka terhadap lantai kayu. Berikut rangkumannya : 

Langkah Merawat Lantai kayu yang Benar

Berikut beberapa langkah dari merawat dan membersihkan lantai kayu, untuk itu yuk simak ulasannya, agar Anda semakin siap untuk menggunakan material kayu satu ini : 
  • Jika terkena noda, segera bersihkan dengan kain lembut bisa juga menggunakan kanebo.
  • Jika ada tumpahan air, segera keringkan karena tumpahan air jika dibiarkan terlalu lama akan meninggalkan bekas noda.
  • Hindari menggunakan benda tajam saat membersihkan parket kayu.
  • Biasakan menyapu lantai kayu setiap hari, agar debu tidak menumpuk di permukaan parket, disarankan menggunakan vacum cleaner.
  • Jangan terlalu sering mengepel lantai kayu, karena genangan air yang terkurung di lapisan polywood akan melembabkan dan melapukan kayu.
  • Gunakan cairan khusus pembersih lantai kayu parket.
  • Untuk membersihkan noda membandel, Anda bisa menggunakan air perasan lemon bisa juga menggunakan white vinegar.
  • Gunakan lapisan atau bahan kimia anti rayap,bisa disuntikan di sela kepingan kayu, atau membeli lantai kayu parket yang sudah disuntik anti rayap
Namun, jika parket kayu di rumah Anda sudah terlanjur sangat kotor dan kusam, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan finishing ulang. Maksudnya, lantai kayu akan di amplas dan diberi cairan pelindung kembali hingga parket terlihat seperti baru.

Dalam proses finishing ulang ini juga biasanya kami memeriksa area parket yang rusak. Jika tidak bisa diperbaiki, maka kami akan mengganti dengan parket kayu yang baru dengan ukuran dan bahan kayu yang sama.

Jadi, sudah tahu cara merawat dan membersihkan lantai kayu?

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang