MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

6 Jenis Reng Kayu yang sangat recommended! Kenali Karakteristiknya

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

6 Jenis Reng Kayu yang sangat recommended! Kenali Karakteristiknya

Jumat, 21 Januari 2022

Apa itu reng kayu - Beberapa bangunan di indonesia, sering menggunakan material kayu sebagai pondasi rangka atapnya, pada proses penyusunan kontruksi atap tersebut. 

Tentunya perlu menggunakan beragam material, dan material tersebut salah satunya yaitu Kayu Reng. Reng menjadi kebutuhan mendasar dari pembangunan kontruski hunian. 

karakteristik reng kayu

Kebutuhan reng tentunya memberikan fungsi luas, seperti meningkatkan daya tahan bangunan, memberikan celah untuk pemasangan genteng dan sebagainnya. Jadi apa itu reng kayu? 

Maka dari itu, jika Anda penasaran mengenai Fungsi reng, serta manfaat reng kayu itu sendiri, yuk segera simak ulasannya berikut : 

Sekilas tentang Reng Kayu

Pengertian reng itu sendiri yaitu sebuah komponen struktur atap yang digunakan sebagai tempat betumpunya sebuah susunan atap itu sendiri. 

Pada umumnya, jarak pemasangan antar reng perlu disesuaikan dengan ukuran atapnya, sebagai contoh, pemasangan genteng keramik, berarti jarak yang dipasang menyesuaikan bentuk genteng itu sendri.

Selain itu, Reng juga merupakan bagian komponen atap yang memiliki bentuk serta ukuran yang paling kecil dibanding komponen lainnya. Dalam proses pemasangannyapun kita perlu mengukur terlebih dahulu. 

Cara Pemasangan Reng Kayu

Agar ukuran genteng yang nantinya dipasang dapat menyesuaikan antara jarak reng dengan lainnya, tentunya pemasangan reng perlu ketelitian dan presisi ukuran yang tepat agar genteng dapat tersususn rapih serta tidak mudah goyang

karakteristik reng kayu

Biasanya ukuran reng kayu yang digunakan memiliki ukuran tertentu yakni sekitar 4 meter untuk panjang, dan ketebalan reng di antara 2 hingga 3 cm dengan lebar 3 sampai 4 cm.

Selain, menjadi struktur tumpuan genteng, reng pun memiliki fungsi lainnya, untuk itu Anda perlu mengenal beberapa fungsi reng lainnya, berikut : 

Beragam Fungsi Reng Kayu

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa fungsi utama dari reng yaitu sebagai tumpuan susunan material genteng, tapi ternyata masih banyak fungsi lainnya lho, berikut beberapa fungsinya :
  1. Selain sebagai tumpuan genteng, reng biasana digunakan untuk memperkuat sistem kontruksi atap hunian agar lebih kuat dan tidak mudah roboh
  2. Reng kayupun bisa dijadikan sebagai sambungan kayu kaos ke kayu usuk untuk memberikan daya rekat yang kuat
  3. Tidak hanya itu, melainkan reng bisa difungsikan sebagai pengatur jarak antara tiap genteng yang bertujuan agar pemasangan genteng rapih dan lebih terikat.
Tentunya, penggunaan kayunyapun tidaklah sembarang, hanya jenis kayu yang kuat serta awet saja yang bisa digunakan sebagai reng, namun kira-kira jenis kayu mana saja ya? simak ulasannya berikut :

Rekomendasi Jenis Reng Kayu Terbaik

1. Reng kayu Ulin

Jika ditanya mana kayu terbaik? pastinya kayu ulin menjadi kayu rekomendasi pertama untuk semua kebutuhan kontruksi, hal ini dikarena tekstur kayu ulin yang kasar dan sangat keras, serta warna kayu yang elegant menjadi point utamanya.

karakteristik kayu ulin

Apalagi, kayu ulin dikenal dengan nama kayu Besi, yang tentunya menjadi daya tarik mengapa kayu ini sering digunakan, bahkan untuk tingkat kuat dan kerasnya. 

Kayu ulin tergolong kayu keras dan awet kelas I-I yang berarti kelas tertinggi dari golongan kayu lainnya, dengan kelas tersebut membuat kayu ulin tahan terhadap cuaca ekstream serta tahan terhadap rayap.

2. Reng Kayu jati

Dalam industri perkayuan, tentunya kayu jati menjadi jenis kayu populer yang banyak orang tahu, kualitas kayu dari tingkat keras dan awet dikelas I-II menjadi kelebihan dari kayu satu ini.

reng kayu jati
 
Terlebih warna serta warna yang cantik menjadi point tambahan mengapa kayu ini sangat populer, namun jika ditanya seberapa kuat jika dijadikan material reng kayu. Tentunya kayu jati sangat kuat.

hanya saja, penggunan kayu jati untuk reng terbilang kurang tepat namun bisa, walau bisa akan sangat disayangkan, karena kayu jati cocok untuk kebutuhan interior yang menampilkan visualiasi hunian.

3. Reng Kayu Bengkirai

Kayu bengkirai menjadi salah sastu rekomendasi pilihan untuk Anda yang sedang mencari material reng kayu, warna kayu bengkirai yang cerah serta proses pengeringan yang cepat membuat kayu satu ini sangat cocok untuk kebutuhan kontruksi dan properti. 

reng kayu bengkirai

bahkan, kayu bengkirai memiliki tekstur kasar dengan bobot yang lebih berat ketimbang kayu jati, hal ini tentunya akan sangat diunggulkan untuk kebutuhan reng kayu. 

Apalagi tingkat kuat dan kelas di Kelas I-II menjadi kualitas yang hampir sama dengan kayu jati, membuat Anda bisa menjadikannya sebagai material pengganti reng kayu yang lebih terjangkau dan worthit.

4. Kayu Kelapa

selain memiliki warna dan pola serat yang indah, ternyata kayu kelapa memiliki struktur kayu yang cukup keras, hal ini membuat kayu kelapa cocok untuk Anda gunakan sebagai material reng kayu.

karakteristik reng kayu

Aapalagi setelah melalui proses pengawetan, yang dimana setelah itu kayu kelapa akan lebih kokoh dan tahan banting 


Hal ini bukan tanpa alasa, mengingat kayu kelapa terbukti kuat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. bukan hanya itu saja, melainkan tingkat pemuaian dan penyusutan kayu kelapa tergolong sangat rendah.

5. Reng Kayu Meranti

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa kayu meranti merupakan material yang dikenal dengan tingkat keawetannya yang mumpuni, apalagi jenis kayu ini memiliki daya tahan yang jauh lebih baik ditimbang jenis kayu kelas III lainnya. 

karakteristik kayu meranti

Dalam industri perkayuan, kayu meranti termasuk kedalam kayu kelas awet dikelas III-IV, tidak bisa dipungkiri jika kayu mernati dapat bertaha hingga 10 tahun, apalagi jika diberi lapisan pengawetan mungkin akan lebih kuat dan awet lagi.

6. Reng Kayu Kamper

Kayu Kamper menjadi material terakhir yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda yang sedang mencari material unggulan reng kayu, tingkat keras dan awet dikelas II-III menjadi nilai lebih untuk reng kayu

karakteristik kayu kamper

Terlebih, wangi kamper yang melekat membuat Anda tidak perlu khawatir mengenai hama hama rayap dan tikus diatap, karena wangi kamper tersebut akan menghalau beragam hama di area atap hunian. 

Jadi, jenis kayu mana yang akan Anda gunakan untuk bahan Reng kayu? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya tidak hanya material reng saja yang harus Anda masukan kedalam list pembelian. 

Melainkan lantai dan dinding pun bisa Anda jadikan material penting untuk membangun karakteristik hunian agar lebih asri dan natural, tentunya Anda bisa dapatkan dengan harga murah di Rajawali parket indonesia.

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang