MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Kayu Nangka bisa digunakan? Ternyata ini Manfaat dan Kelebihannya

Apakah kayu nangka bisa digunakan? Ternyata ini kualitas dan Kelebihannya

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Kayu Nangka bisa digunakan? Ternyata ini Manfaat dan Kelebihannya

Senin, 26 Juni 2023

Kayu Nangka - Penggunaan Material kayu di Indonesia, masih digunakan untuk beragam kebutuhan, bahkan menjadi material unggulan sebab kualitas yang tidak kalah saing dengan material lainnya. 

Memiliki beberapa jenis kayu terbaik, dengan kualitas yang beragam, Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Salah satu kayu yang harus kamu ketahui yakni, Kayu Nangka. 

Kayu Nangka

Memiliki populasi yang tinggi, hingga kerap tumbuh diperkarangan rumah, pohon satu ini tak hanya dimanfaatkan buahnya saja lho, sebab kualitas batang atau kayunya kerap dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan.

Tentunya, jika kamu ingin menggunakan kayu nangka, yuk ketahui terlebih dahulu beberapa informasi menariknya, dari asal, kualitas, manfaat, hingga kelebihannya. Antara lain : 

Mengenal Kayu Nangka 

Kayu Nangka

Kayu nangka atau Artocarpus heterophyllus ini merupakan salah satu jenis pohon yang tersebar dibeberapa kawasan tropis, khususnya asia Tenaggara. 

Dimana, pohon satu ini sudah dikenal di pulau jawa pada era tahun 1870-an. Memiliki fostur bentuk yang tidak terlalu tinggi, pohon nangka bisa tumbuh hingga mencapai 20-30 meter saja. 

Untuk diameternya, pohon satu ini memiliki ukuran hingga 1 meter, dengan tajuk yang padat dan lebar. 
Mungkin, sebagian dari kita menyukai buah yang dihasilkan pohon satu ini, sebab rasanya yang manis, dan manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Namun, pohon nangka tak hanya diambil buahnya saja lho, melainkan batang pada pohon nangka, memiliki kualitas yang bisa diunggulkan untuk beberapa kebutuhan bangunan ataupun kontrukisi. 

Karakteristik Kayu Nangka

Jika ditanya kualitasnya, kayu nangka memiliki ketahanan yang cukup kuat lho, bahkan bisa awet hingga puluhan tahun. Apalagi, kayu nangka dibekali dengan ketahanan terhadap serangan rayap dan jamur. 

Bahkan menariknya kayu nangka memiliki serat yang dimana ketika digoosokan dengan minyak, maka serat halus dari kayu angnka akan terlihat lebih mengkilap, hal inilah yang membuat kayu nangka digunakan untuk kebutuhan furniture, maupun mebeul.

Manfaat Kayu Nangka 

Kayu Nangka

Memiliki kualitas yang unggul, kayu nangka kerap digunakan untuk beberapa kebutuhan, antara lain : 

  1. Pembuatan furniture : Memiliki warna coklat cerah, dan dibalut warna merah pada gubalnya, kayu ini sangat cocok untuk digunakan sebagai kebutuhan furniture maupun mebeul, seperti Pintu, Kusen, daun jdendal, hingga material kursi. 

  2. Bahan Alat Musik : Bentuk Kayu yang mudah di bentuk, dengan kualitas yang tahan rayap dan jamur, membuat kayu ini kerap dimanfaatkan untuk kebutuhan alat musik, seperti gitar, kajon, dan sebagainya. 

  3. Kerajinan Kayu Nangka : Tak hanya itu saja, beberapa seniman patung kerap menggunakan kayu nangka sebagai bahan kerajinannya, bahkan harga jualnya bisa tinggi lho, 

  4. Bahan Kontruksi Bangunan : Tingkat keras dan awet pada kayu nangka, menjadi keunggulan tersendiri bagi beberapa kebutuhan, seperti kontruksi bangunan. Kamu bisa menggunakan kayu satu ini, untuk rangka atap, rangka pondasi, hingga bahan kontruksi lainnya.

  5. Bahan Obat Tradisional : Memiliki khasiat untuk kesehatan, kayu nangka kerap digunakan sebagai obat untuk megnurangi penyakit pes, yang disebabkan oleh hewan pengerat seperti tikus.
Jika tertarik dan berencana untuk menggunakan kayu nangka sebagai kebutuhan tertentu, Yuk, ketahui dulu  beberapa kelebihan dan kekurangannya, antara lain : 

Kelebihan Kayu Nangka 

Kayu Nangka
  • Kuat rayap dan Jamur : Salah satu kelebihan kayu angnka yakni ketahananya terhadap ham serangga sehingga cocok sebagai kayu kontruksi dan Furniture

  • Tahan Hingga Puluhan Tahun : Penggunaan Kayu Nangka dengan kelas awet tingkat II - III membuat kayu satu ini bisa bertahan hingga puluhan tahun

  • Sisi serat unik : Dengan serat mengkilap membuat tampilan produk yang terbuat dari kayu nangka akan lebih menarik

  • Mudah diolah : Dengan bobo berat yang ringan, kayu nangka mudah untuk dibentuk atau diolah.

Kelemahan Kayu

  • Memiliki Kualitas dibawah Kayu Jati
  • Sulit ditemukan didaerah perkantoran
  • Sulit mencari usia yang matang

Bagaimana? Tertarik menggunakan Kayu Nangka?

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang