MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

7 Material Kusen Pintu Terbaik! Ternyata ini yang harus dipilih..

Sedang Mencari material Kusen Terbaik? Yuk ketahui 7 Material Terbaiknya disini

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

7 Material Kusen Pintu Terbaik! Ternyata ini yang harus dipilih..

Senin, 17 Oktober 2022

Material Kusen Pintu-  Terkadang,  kita sering kebingunan untuk memilih material kusen pintu mana yang tepat dan kuat untuk jangka waktu lama, sebab banyaknya material yang tersedia dipasaran dengan kualifikasi yang berbeda.

Pemilihan material kusen yang tepat, tentunya akan berpengaruh tinggi pada kondisi pintu yang awet dan berfungsi dengan baik hingga waktu yang lama. 

material kusen pintu

Pemilihan material kusen yang baikpun tak hanya menguntungkan dari segi teknis saja tapi dapat menguntungkan dari segi ekonomi, sebab tak perlu diganti pertahunnya. 

Jadi, pastikan kamu memahami dan memilih jenis kusen yang tepat. Nah, berikut beberapa material kusen yang bisa kamu gunakan, yang disertai karakteristik hingga kelebihannya. Apa saja? Berikut informasinya:

Material Kusen Pintu Terbaik dan Kelebihannya

Berikut beberapa material yang kerap digunakan untuk pembuatan kusen, apa saja? dan bagimana karkateristiknya? Berikut informasinya :

1. Kusen Pintu Kayu 

Material Kusen Pintu

Terbuat dari 100% berbahan dasar alami, kusen kayu menjadi material yang sering digunakan, sebab sifat kayu yang kuat, awet dan mudah dibentuk ini menjadi keunggulan tersendiri bagi para pengerajin.
 
Apalagi, warna dasar kayu yang natural dan alami membuat tampilan hunian akan semakin lebih bernilai tinggi. Terlebih lagi, kayu kusen yang digunakanpun memiliki tingkat kelas kuat dan awet di rata-rata kelas I-II.

Tentunya menjadi nilai plus tersendiri dibanding material lainya. Hanya saja, sebelum menggunakan kusen kayu pintu, pastikan kamu memilih jenis kayu yang tepat. 

Tak hanya itu, kusen pintu kayu memiliki kelebihan seperti cocok untuk beragam tipe bangunan, tampilan alami yang khas, bahan baku melimpah, fleksibel atau mudah dibentuk, hingga mampu menahan panas dan dingin dari luar ruangan.

2. Kusen Pintu Alumunium 

Material Kusen Pintu

Jenis Kusen satu ini, menjadi material pengganti kayu solid yang paling direkomendasikan. Sebab, tampilan yang modern, membuat kusen alumunium menjadi material yang banyak dicari. 

Apalagi akan sangat cocok jika kusen alumunium dikombinasikan dengan lantai kayu agar tampilan hunian semakin bervariatif. Berbahan dasar alumunium yang mudah dibentuk. 

Membuat kusen satu ini memiliki banyak keunggulan, seperti tahan air, anti rayap, kuat terhadap perubahan cuaca, memiliki variasi warna yang beragam, desain dapat dipesan, bobot yang ringan, hingga perawatan yang mudah.

Tak hanya itu saja, harga yang lebih terjangkau dibanding kayu solid, menjadikan kamu tak perlu mengeluarkan ongkos yang besar, hanya saja kamu perlu memasangkannya dengan hati-hati, sebab mudah rusak.

3. Kusen Pintu UPVC 

Material Kusen Pintu

Berbeda dengan material Alumunium, UPVC atau Uplasticized Polyvinyl Chloride ini terbuat dari bahan plastik yang dibuat tanpa menggunakan bahan plasticizer membuat penggunaannya untuk kusen menjadi lebih padat, keras, dan tidak fleksibel. 

Apakah sama dengan PVC? tentunya sama, hanya saja UPVC tidak menggunakan Bahan plastik. Walaupun identik dengan plastik yang rapuh. 

Namun kusen berbahan UPVC ini dilengkapi dengan struktur rangka besi yang membuat kusen UPVC menjadi lebih kuat dan tahan goncangan. Bahkan, keunggulannya dari kusen UPVC ini terkenal dengan anti rayap, tahan terhadap cuaca, bisa dipesan dengan bentuk sesuai selera, kedap suara. 

Bahkan Yang paling penting tidak mudah korosi. Hanya saja, kamu memerlukan jasa pasang yang profesional, sebab pemasangannya yang cukup sulit.

4. Kusen Pintu Vinyl

Material Kusen Pintu

Tak hanya digunakan sebagai material lantai saja, melainkan saat ini banyak kusen vinyl yang tersedia dipasaran untuk kamu gunakan. Jika tadi terbuat dari UPVC tanpa bahas plastik. 

Sedangkan kusen Vinyl sendiri terbuat dari bahan PVC ( Polyvinyl Chloride ) dimana bahan ini untuk membuat pipa plastik. salah satu keunggulannya terdapat pada harga yang ditawarkan yang lebih terjangkau dibanding kusen kayu dan Alumunium. 


Tentunya Harga yang murah bukan berarti material yang pas-pasan, melainkan keunggulan pada kusen vinyl ini mampu meredam suhu panas dengan baik, warna yang beragam, mudah dibentuk.

 Hanya saja, dari segi ketahannya material vinyl tak sekuat dan sekokoh material kayu yang mampu bertahan lebih lama. 

5. Kusen Pintu Cor

Material Kusen Pintu

Dapat ditebak dengan mudah, material selanjutnya yakni kusen pintu cor, dimana kusen satu ini dibuat dengan cara dibentuk dengan cetakan dan dibuat dengan coran. 

Tentunya jenis kusen ini memiliki kualitas sangat baik, dimana ketahananya lebih kuat, tahan terhadap panas, tidak mudah keropos, anti guncangan, hingga bisa dibentuk sesuai keinginan. 

Bagi kamu yang bosan dengan jenis kusen diatas, jenis kusen satu ini bisa menjadi alternatif terbaik yang bisa dipilih. Namun, kusen jenis ini sangatlah berat, dan tidak bisa dimodifikasi saat sudah dipasang, dan pastikan kamu menggunakan jasa pasang dan ahli beton untuk mengaplikasikannya.

6. Kusen Pintu baja Ringan

Material Kusen Pintu

Seperti namanya saja, kusen pintu ini terbuat dari bahan baja dengan bobot yang ringan. Hampir mirip dengan kusen alumunium, dimana kusen satu ini menawarkan kesan yang elegant, ramah lingkungan, ringan pada pintu hunian. 

Material kusen satu inipun terkenal dengan berbagai keunggulan, seperti tahan terhadap air, rayap, hingga bisa menghalau panasnya matahari. 

Hanya saja, jenis kusen satu ini tidak cocok untuk kamu yang ingin memiliki kusen pintu berbentuk, sebab kusen baja ringan tidak begitu fleksibel. 

7. Kusen Pintu Fiberglass

Material Kusen Pintu

Jenis kusen selanjutnya yakni Fiberglass, dari namanya saja sudah ketahuan bahwa material kusen ini terbuat dari kaca yang kuat dan tak mudah pecah. 

Material ini banyak dicari oleh para kontruktor lho, sebab memiliki ketahanan yang unggul, apalagi material fiberglass untuk kusen, tahan terhadap panas, lebih kokoh ketimbang material vinyl. 

Hanya saja, kusen fiberglass memiliki harga yang lebih tinggi dari vinyl, selain itu untuk penggunaan kusen fiberglass memiliki desain yang standar, sehingga jarang orang menyukainya secara umum.

Jadi, material kusen pintu mana yang akan kamu pilih?


BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang