MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

5 Jenis Kayu Kelas I Asli Indonesia dan Kenali Manfaat Jenisnya

Indonesia terdiri dari berbagai macam jenis kayu, tapi apakah kamu tahu kayu ke…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

5 Jenis Kayu Kelas I Asli Indonesia dan Kenali Manfaat Jenisnya

Jumat, 11 Maret 2022
Kayu Kelas I - Siapa yang tidak tahu dengan material kayu pada saat ini? material yang memiliki beragam kelebihan dan keunikan menjadi material populer yang perlu kamu gunakan. 

Kayu, merupakan material alam yang terdapat dari jenis pohon unggulan, yang memiliki karakteristik yang unggul, warna serta tingkat ketahananya menjadi daya tarik tersendiri bagi material satu ini. 

Kayu Kelas I

Terlebih, kayu terbagi menjadi beberapa kelas atau tingkatan, yang memiliki fungsinya tersendiri, tingkatan tersebut terdiri dari Kayu Kelas I, II hingga III. Kelas I menjadi kayu terbaik yang bisa kamu pilih. 

Daya tahan yang bisa mencapai ratusan tahun, hingga tingkat keras yang dapat dijadikan material kontruksi berat menjadi nilai tambah untuk kamu pilih. Namun kira-kira jenis apa saja ya yang termasuk kayu kelas I? 

Namun, sebelum mengenal jenis kayu kelas 1, kamu perlu mengenal terlebih dahulu manfaat apa saja yang dapat dihasilkan dari tingkatan tertinggi tersebut, untuk itu simak uraiannya berikut : 

Manfaat Kayu Kelas I

Beberapa jenis kayu kelas 1, sering dimanfaatkan untuk kebutuhan kontruksi berat, dan sebagai material furnture karena memiliki warna yang indah, tentunya tidak hanya itu saja, seperti : 
  1. Sebagai Material Kontruksi, ketahanan dari kelas 1 digadang-gadang dapat bertahan hingga ratusan tahun, sehingga sering digunakan utntuk kontruksi berat, seperti bahan perkapalan, bantalan rel, kontruksi hunian, dan sebagainya.

  2. Bahan Perabotan, beberapa jenis kayu kelas I memiliki warna yang indah hinga mudahnya pembentukan, sehingga kelas tersebut kerap digunakan untuk kebutuhan perabotan seperti mangkuk, sendok, jam, hiasan yang memiliki harga jual yang tinggi. 

  3. Lantai Kayu, rumah dengan tema natural dan mewah, sering menggunakan material kelas 1 sebagai material lantainya, karena memiliki ketahanan yang unggul dengan warna yang dapat memanjakan isi ruangan rumah.

  4. Bahan Bangunan, material kayu tingkatan I pun kerap menjadi material bangunan seperti kerangka atap, dan atap sirap rumah, karena tingkatan yang kuat yang membuat kerangka akan semakin kuat dan kokoh. 
Dari keempat manfaat dari Kayu kelas I, apakah kamu tahu jenis mana saja yang bisa digunakan? tentunya setelah mengenal manfaatnya, kamu perlu mengenal jenis kayu terbaiknya. Untuk itu, simak jenisnya berikut : 

Jenis - Jenis kayu Kelas I dari Tingkat Awet

#1. Kayu Ulin ( Kalimantan )

Kayu Kelas I

Jenis Kayu Ulin menjadi golongan kayu Terbaik pertama yang bisa kamu pilih, hal ini dikarenakan kayu ulin sangatlah kuat dan awet. 

Dengan kelas kuat I dan awet I menjadikan kayu ini tahan terhadap perubahan suhu, serangan rayap bahkan semakin kuat jika terkena air. 


Beberapa kebutuhan sering memanfaatkan kayu ulin seperti bahan perkapalan, jembatan, lantai kayu hingga furniture. 

Bukan tanpa alasan, melainkan warna dan serat kayu ulin yang unggul juga. Bahkan kayu ini, dilansir merupakan kayu bernilai jual tertinggi.

#2. Kayu Jati ( Perhutani ) 

Kayu kelas I

Kayu satu ini memiliki puncak kepopularitasan yang tinggi, dengan kelas awet I dan daya tahan yang kuat terhadap jamur, atau serangan rayap. 

Tak heran, jika kayu jati menjadi puncak kayu yang multifungsi. Hal ini dibuktikan dengan beragam kebutuhan yang bisa digunakan, seperti lantai kayu, furniture hingga acesories ruangan. 

Bahkan, kayu jati kerap dijadikan material pijakan lapangan olahraga, karena memiliki ion negatif yang sangat baik untuk kesehatan, terutama kayu jati memiliki daya pantul yang tinggi. 

Apalagi, kayu jati bisa menjadi alternatif kedua selain kayu ulin, yang tentunya memiliki harga yang cukup terjangkau.

#3. Kayu Merbau ( Kalimantan )

Kayu kelas I

Salah satu jenis kayu yang memiliki warna yang nyentrik ini, ternyata masuk kedalam golongan kelas I lho, ya kayu ini ialah Kayu merbau. 

Kayu Merbau memiliki ciri khas dari warnanya yang cokelat kemerahan, dengan tekstur permukaan yang agak kasar. 

Kayu Merbau terkenal dengan kayu seribu manfaat, bukan tanpa alasan melainkan kayu ini banyak digunakan disemua kebutuhan seperti Pool Deck, Furniture, interior dan eksterior, papan tangga, jendela bahkan bantal rel kereta. 

Hal ini dikarenakan tingkat keras kayu merbau menduduki Kayu kelas II, dan Kayu kelas awet dikelas I membuat kayu merbau sangat tahan terhadap berbagai cuaca, bahkan kayu merbau anti terhadap rayap dan jamur sehingga pemakaiannyapun dapat bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

#4. Kayu Kamper ( Samarinda ) 

Kayu Kamper

Jenis kayu dengan Kelas I satu ini dilansir hampir setara dengan Kayu jati, akan tetapi harganya lebih murah. Tentunya kamu bisa menjadikan kayu ini sebagai alternatif pengganti kayu Jati dengan budget yang lebih miniim.

Kayu Kamper, terkenal dengan aroma yang khasnya yang membuatnya menjadi tahan rayap. Kayu ini memiliki tekstur serat yang lurus serta memiliki warna yang cukup indah, yang membuatnyan dapat dijadikan furniture dengan tampilan yang indah dan unik.

#5. Kayu Sonokeling ( Jawa ) 

Kayu Sonokeling

Jenis kayu kelas I berikutnya ialah Sonokeling, kayu ini terkenal dengan keawetannya, hal inilah yang menjadikan kayu ini sebagai golongan kayu awet kelas I. 

Kayu sonokeling memiliki serat yang hampir mirip dengan kayu jati, hanya saja warna kayu sonokeling lebih terlihat gelap bahkan ada yang kehitaman. 


Visual kayu sonokeling yang unik dan nyentrik ini, sering digunakan sebagai material pijakan, bahkan furniture dengan harga jual yang cukup tinggi. 

Maka dari itu, jika kamu bosan dengan warna dan serat kayu yang gitu-gitu aja, kamu bisa menjadikan kayu sonokeling sebagai alternatif pengganti jati. Hanya saja, harganya yang agak mahal. 

Bagaimana? Jenis kayu kelas I mana yang akan kamu pilih? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, tentunya kamu bisa mencari informasi lain mengenai material interior dan eksterior secara lengkap, tentunya hanya dirajawali parket indonesia. 


BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang