MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Mengenal Kayu Kempas, dari Karakteristik, Manfaat, dan Kelebihan

Mengenal Kempas : Karakteristik, Manfaat, dan Kelebihan

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Mengenal Kayu Kempas, dari Karakteristik, Manfaat, dan Kelebihan

Kamis, 14 September 2023

Mengenal Kayu Kempas

Kayu Kempas - Material Kayu menjadi salah satu material yang sudah sering digunakan untuk berbagai kebutuhan. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, jika material ini menjadi andalan diberbagai kebutuhan, seperti kontruksi, interior, kesterior, bahkan kebutuhan kerajinan tangan.

Memiliki Sifat yang mudah dibentuk, dengan warna yang natural, kayu tentunya memiliki nilai lebih untuk dijadikan produk, tentunya dengan harga pasar yang tinggi. 

PROMO HARGA LANTAI KAYU KHUSUS AKHIR TAHUN ( Klik DISINI)

Apalagi, ada banyak jenis kayu dengan kualitas tinggi yang bisa dipilih, salah satunya yaitu Kayu Kempas. Selain warnanya yang cantik, dengan serat kayu yang mahal. 

Kayu ini memiliki sejuta kelebihan yang bisa diolah untuk dijadikan produk unggulan, maka untuk lebih mengenal kayu kempas, simak beberapa informasi menariknya berikut :  

Mengenal Kayu Kempas

Mengenal Kayu Kempas

Kayu kampes, yang juga dikenal dengan sebutan "kampes" atau "kempas," adalah jenis kayu yang berasal dari pohon kayu kampes (Mitragyna speciosa). 

Kayu ini berasal dari daerah tropis di Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, Indonesia, dan beberapa negara lainnya dalam wilayah tersebut. 

Kayu kampes memiliki sejarah penggunaan yang panjang di beberapa budaya di Asia Tenggara, terutama sebagai tanaman herbal yang memiliki berbagai manfaat.

Karakteristik

seperti yang dibahas diatas, kayu ini memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan. Hal ini dikarenakan karakteiristik kayu kempas yang sempurna. 

Dimana Kayu ini memiliki tampilan berwarna putih kekuningan atau kelabu, dengan tekstur kayu yang berwarna kemerahan.

 Tentunya, tampilan ini memiliki nilai tersendiri untuk digunakan diberbagai kebutuhan. Apalagi Tekstur kempas tergolong kasar dengan tingkat keras yang tinggi. 

Walaupun demikian, kayu ini masih tergolong rendah dari segi keawetannya. Meskipun tingkat keawetan yang rendah, jenis ini masih tergolong unggul untuk digunakan dibidang interior ataupun eksterior bangunan. 

Manfaat di bidang Kontruksi

Mengenal Kayu Kempas

Terdapat Banyak manfaat yang bisa digunakan dari kayu kempas ini, salah satunya dijadikan lantai luar ruangan dan manfaat lainnya. Berikut beberapa diantaranya : 
  • Furniture : Anda bisa menggunakan Kayu ini, untuk dijadikan peralat rumah tangga, seperti Kursi, meja, rak, lemari dan Lainnya. 

  • Atap dan Rangka Rumah : Produk Plafon atau rangka atap kempas, bisa diandalkan dari segi ketahann rayap dan Perubahan cuaca yang standar

  • Pintu dan Jendal : Produk satu ini banyak dicari, sebab sangat kokoh, tahan rayap, sehingga sangat ideal untuk keperluan kusen hunian.

  • Obat-Obatan : Ada banyak manfaat lainya selain kontruksi, salah satunya sebagai bahan obat-obatan, biasanya daun dan akarnya yang sering dimanfaatkan. 

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Kempas

ada banyak kelebihan dan kekurangan yang harus diketahui, sebelum menggunakan material kayu satu ini, untuk itu kenali beberapa kelebihan dan kekuranganya, berikut : 

Kelebihan Kayu Kempas:

Mengenal Kayu Kempas
  1. Tingkat Keras dan Ketahanan : Kayu kempas dikenal karena kekerasannya yang tinggi. Ini membuatnya tahan terhadap tekanan, aus, dan kerusakan fisik.

    Ketahanan terhadap penyusutan dan perubahan bentuk juga cukup baik, menjadikannya pilihan yang baik untuk lantai.

  2. Kerapatan Kayu : Kayu kempas memiliki kerapatan yang tinggi, yang berarti ia memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan rayap dan serangga lainnya. Ini mengurangi risiko infestasi hama dan memperpanjang umur kayu.

  3. Estetika : Biasanya, kayu ini memiliki warna oranye hingga merah kecoklatan dengan tekstur yang halus dan serat yang menonjol. Ini memberikan tampilan estetis yang menarik pada lantai atau furnitur.

  4. Tersedia : Kayu kempas umumnya tersedia secara relatif mudah di pasar kayu. Ini membuatnya lebih terjangkau daripada beberapa jenis kayu eksotis lainnya.

Kekurangan Kayu Kempas:

Mengenal Kayu Kempas
  1. Ketidakstabilan : Salah satu kekurangan kayu kempas adalah ketidakstabilannya terhadap perubahan lingkungan, khususnya fluktuasi tingkat kelembaban.

    Jika tidak diberikan perawatan yang baik atau digunakan dalam lingkungan yang memiliki fluktuasi kelembaban yang tinggi, kayu kempas dapat meretak atau mengalami perubahan bentuk.

  2. Pemotongan Sulit : Kayu kempas cenderung sulit untuk dipotong atau dikerjakan karena kekerasannya yang tinggi. Pemotongan atau penggerindaan kayu ini mungkin memerlukan alat-alat yang lebih kuat dan kemampuan khusus.

  3. Ketahanan Terhadap Suhu Tinggi : Kayu kempas memiliki rendah ketahanan terhadap suhu tinggi atau paparan panas yang berlebihan. Ini membuatnya kurang cocok untuk penggunaan luar ruangan atau area yang sering terkena sinar matahari langsung.

  4. Harga : Meskipun lebih terjangkau daripada beberapa jenis kayu eksotis, kayu kempas dapat lebih mahal dibandingkan dengan beberapa kayu domestik yang lebih umum.
Jadi, sudah mengenal apa itu Kayu Kempas? 

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang