MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Mengenal Kayu Mindi dari karakteristik, Manfaat hingga perbedaannya

Sudah tahu bagaimana karakteristik dari kayu mindi? Yuk Ketahui secara lengkap …

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Mengenal Kayu Mindi dari karakteristik, Manfaat hingga perbedaannya

Jumat, 20 Mei 2022

Mengenal Kayu Mindi - Kayu di indonesia kerap kali digunakan sebagai material tambahan hunian, kualitas serta warna yang mumpuni menjadikan kayu menjadi material interior terbaik untuk diaplikasikan. 

Mengenal  Kayu Mindi

Jenis kayupun sangatlah beragam, dari kayu jati, merbau, serta kayu bengkirai. Namun, ngomong-ngomong tentang kayu, sudah tahu dengan kayu Mindi? 

Kayu Mindi, merupakan jenis kayu yang cukup populer saat ini, warna dan serat yang unik membuat kayu ini dinilai dapat menyeaingin kualitas kayu jati.

Untuk itu, jika Anda penasaran dengan jenis kayu satu ini, kami akan memberikan beberapa informasi mengenai kayu mindi, dimulai dari karakteristik, manfaat serta hal lainnya, maka dari itu simak informasinya berikut : 

Mengenal Kayu Mindi

Mengenal  Kayu Mindi

Pohon mindi dikenal dengan nama lain Melia Azedarac atau sering kali dikenal dengan White Cedar atau Chinaberry, jenis kayu mindi banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan furniture serta material bangunan. 

Asal Kayu Mindi

Meski menjadi salah satu komoditas terbesar di Indonesia, namun kayu mindi bukan berasal dari Indonesia, melainkan pohon mindi pertama kali ditanam diwilayah Amerika Utara. 

Sifat adoptif dari kayu mindi yang memungkinkan pohon satu ini dapat di tanam dilingkungan dengan kondisi iklim yang berbeda. Maka dari itu, kayu mindi dapat ditemukan dibeberapa negara. 


Bahkan hingga kini, pohon mindik marak dibudiyakan dibeberapa negara yang beriklim tropos seperti india, Myanmar, dan tentunya Negara Indonesia.

Di indonesia anda dapat menemukan pohon mindi tumbuh dibeberapa wilayah, seperti jawa, bali, nusa tenggara barat, hingga NTT.  

Warna Pohon Mindi

Pohon mindipun dapat tumbuh dibeberapa jenis lingkungan, baik alam terbuka hingga hutan belantara, Lingkungan pohon mindi tersebutlah yang mempengaruhi karakteristik serta warna kayu yang dihasilkan.

Sebagai contohnya, pohon mindi yang tumbuh didalam hutan menghasilkan warna kayu yang berwarna lebih gelap dan yang tumbuh diarea terbuka menghasilkan warna yang lebih cerah. 

Hal tersebutlah, yang membuat kayu mindi memiliki karakteristik yang unggul, bagaimana? penasaran dengan karakteristik kayu mindi? Berikut informasinya : 

Karakteristik Kayu Mindi

Mengenal  Kayu Mindi

Jenis Kayu Halus

Memiliki tekstur halur, karakteristik kayu mindi satu ini terkesan memiliki tekstur kayu yang halus menyerupai kayu oak. 

Ciri khas dari kayu inilah yang menjadikan kayu mindi sering digunakan sebagai material utama dalam pembuatan venner kayu atau pelapis kayu olahan. 

Kayu Ringan 

Karakteristik Kayu mindi selanjutnya ialah jenis kayu yang memiliki berat yang cukup ringan, tentunya tingkat berat ini berpengaruh pada tingkatan kuat yang tidak terlalu baik.

Namun, jika ditanya perihal ketahannnya, kayu mindi dapat bersanding dengan kayu furniture terbaik lainnya lho, seperti kayu mahoni, meranti bahkan kayu sungkai. 

Kayu Anti Jamur dan Tahan Rayap

Walaupun tingat ketahanan yang sedang dan bobot kayu yang ringan, namun kayu mindi memiliki karakteristik yang unggul, terutama perihal ketahanan mengenai hama rayap. 

Tentunya, hal ini dapat mempengaruhi furniture yang dibuatkannya, karena akan menjadikan furniture menjadi cukup awet, terlebih jika perawatan furniture tersebut dirawat dengan baik.

Tentunya, dengan karakteristik kayu mindi yang unggul, membuat kayu satu ini memiliki beberapa keunggulan dan tentunya kelemahan yang perlu Anda ketahui, untuk itu simak urainnya berikut : 

Kelebihan dan kekurangan Kayu Mindi 

Mengenal  Kayu Mindi

kelebihan dan kelemahan kayu mindi berikut perlu Anda ketahui, agar Anda megetahui plus dan minus jika menggunakan material kayu satu ini, berikut informasinya : 

Kelebihan Kayu Mindi 

  • Serat kayu yang padat serta teksture permukaan yang halus
  • Memiliki berat yang ringan serta memiliki durabilitas yang panjang
  • Warna yang unik, bisa menjadi alternatif pengganti Kayu Jati
  • Memiliki senyawa alami anti rayap serta tahan terhadap Jamur
  • Harga relatif Lebih murah 
Kelemahan Kayu Mindi
  • Kayu mindi tidak cocok jika digunakan sebagai bahan kontruksi bangunan
  • Tidak bisa digunakan untuk area outdoor 
  • Membutuhkan waktu pengeringan yang cukup lama
Bagaimana? sudah tahu mengenai kayu Mindi? 

Tentunya, kualitas kayu dengan keunggulan kayu mindi bisa Anda gunakan untuk beberapa fungsi, penasaran fungsi dari kayu mindi? Berikut beberapa manfaat kayu mindi.

Manfaat Kayu Mindi yang Beragam

Mengenal  Kayu Mindi

Jika tadi Kayu Mindi kurang baik jika digunakan untuk kebutuhan bahan kontruksi, lantas jenis kayu satu ini digunakan untuk apa? 

Furniture Kayu Mindi

Beberapa keunggulan kayu mindi seperti kehalusan tekstur, ketahan serangga serat bobot yang ringan, membuat kayu satu ini sering dijadikan sebagai material ideal untuk Furniture. 

Furniture yang terbuat dari kayu mindi tentunya tidak hanya menampilkan desain yang apik saja, melainkan berat bobot yang ringan membuat Anda mudah untuk memindah-mindahkannya.

Pelapis Desain Kayu Mindi

Selain digunakan untuk bahan material furniture, kayu mindipun kerap dijadikan sebagai pelapis desain lantai, pintu, serta kusen jendela. 

Namun, karena daya tahannya yang kurang baik, kayu mindi tidak direkomendasikan untuk kebutuhan bangunan, karena material kayu mindi akan menyusut, dan tentunya membahayakan.

Jika tadi ada menyimak artikel satu ini, mungkin anda akan bertanya tanya, jika kayu mindi lebih baik dari kayu furniture lainnya, lalu apa saja perbandingannya?  yuk simak uraian berikut : 

Mencari Kayu Furniture Terbaik

mengenal kayu mindi


Beberapa jenis kayu furniture akan kami bandingan dengan kayu mindi, agar Anda bisa mencari jenis kayu furniture terbaik mana yang bisa Anda gunakan, berikut perbandingannya :

1. Perbandingan Kayu mindi dan kayu Jati

Meskipun kayu jati memiliki kualtias kayu diatas dari kayu mindi, namun perbedaan tersebut tidak terlalu jauh melainkan perbandingan tersebut sangat jelas. 

Terlebih kayu jati memiliki tingkat kelas awet dan kuat lebih tinggi dari kayu mindi. Tapi perihal soal warna dan estetik kayu, kayu mindi dapat bersanding. 

Serat berbunga serta warna coklat muda dari kayu mindi  tentunya lebih natural, Apalagi Kayu mindi memiliki harga yang cukup terjangkau

2. Perbandingan Kayu mindi dan Kayu Oak

Perbandingan selanjutnya yaitu kayu oak dan kayu mindi, walau sama-sama jenis kayu furniture, namun kedua kayu tersebut tidak bisa disamakan. 

Hal ini dikarenakan kayu oak memiliki warna yang lebih gelap serta kemerahan, walau bentuk serat yang sama. Namun jika ditanya kualitas, kayu oak dan mindi memiliki perbandingan yang sama. 


Untuk itu Anda tidak perlu bingung memilih antara oak dan mindi, karena kualitas kayu yang sama,  hanya saja Anda hanya perlu memilih kayu dengan selera warna yang berbeda.

jadi, sudah mengenal kayu Mindi? akankah Anda menggunakan kayu satu ini? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya Anda dapat mencari informasi seputar kayu di Rajawali Parket indonesia.


BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang