MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Bikin Kayu Makin Natural! Gunakan 7 Jenis Pelapis kayu Terbaik

Sudah tahu ada pelapis yang bikin kayu makin cantik? Yuk Ketahui jenis-jenisnya…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Bikin Kayu Makin Natural! Gunakan 7 Jenis Pelapis kayu Terbaik

Senin, 11 April 2022

Jenis Pelapis Kayu - Material Kayu dari dulu hingga saat ini menjadi material terfavorit banyak orang, karena memiliki tampilan yang modis, unik, natural dan indah. 

Biasanya, kamu akan menemukan beberapa produk berbahan dasar kayu, seperti Perabotan rumah, kitchen set, lantai, furniture hingga perlengkapan interior lainnya.

Jenis pelapis kayu Terbaik

Tak hanya mendandalkan kualitas kayunya saja, namun kamupun perlu melakukan proses pelapisan agar material kayu dapat menampilan warna yang lebih maksimal.

Produk-produk diataspun sering menggunakan pelapis kayu untuk menampilkan warna yang lebih cantik, namun banyaknya produk pelapis sering membuat bingung kita, jika ditanya jenis pelapis kayu terbaik, kamu pilih mana?

Nah, dari pada bingung menebak jenis pelapis kayu terbaik, lebih baik kita bahas jenis tersebut berserta fungsi dan manfaatnya. Untuk itu, yuk kita simak ulasannya secara lengkap : 

Beberapa Jenis Pelapis Kayu, mana yang Terbaik? 

Berikut beberapa jenis pelapis kayu yang bisa kamu gunakan dengan informasi fungsi dan manfaatnya, antara lain : 

1. Tampil Natural dengan Jenis Pernis Kayu

Pernis Kayu

Jenis Pelapis kayu pertama yang bisa kamu gunakan yaitu Pelapis kayu pernis, pelapis ini tersedia dalam tampilan mengkilat ataupun matte. 

Keunggulan jenis ini mudah dalam pengaplikasian hanya dengan mengoleskannya secara merata pada permukaan kayu.

Selain itu, pelapis satu ini memiliki ketahanan yang kuat, bahkan terhadap air dan paparan sinar matahari. Kendati demikian, kamu perlu mengaplikasikan pelapis kayu pernis secara rutin agar tidak mudah pudar 

2. Mencerahkan Warna Kayu dengan Wax ( Lilin ) 

pelapis kayu

Istilah wax itu sendiri berarti lilin, dimana jenis pelapis kayu ini merupakan salah satu bahan pelapis yang memiliki tekstur berbeda dibanding lilin pada umumnya. 

Tentu saja hal ini dapat memudahkan dalam pengaplikasian wax untuk material kayu, penggunaan wax dapat memberikan kesan natural dan cerah pada kayu. 

Maka dari itu penggunaan ini sering digunakan untuk kebutuhan furniture maupun perabotan hunian. Biasanya wax digunakan untuk Meja, Kursi, Lemari, Furniture dan lain sebagainya. 

3. Bikin Tampilan Mengkilat dengan Politur

Pelapis kayu Plitur

Sedangkan, pelapis kayu selanjutnya ialah Plitur, plitur kayu ini adalah bahan finishing yang sudah sering digunakan dari abad ke 19. 

Plitur atau politur terbuat dari bahan resin alam yaitu serangga, yang dapat membuat warna dari kayu semakin pekat dan transparan walau cenderung menguning.

4. Bikin kayu makin doff pake Melamin

pelapis kayu melamin

Jenis pelapis kayu selanjutnya ialah melamin, melamin ini adalah salah satu pelapis yang dapat melapisi semua jenis furniture maupun mebel yang Berbahan kayu. Fungsi penggunaan melamin ini mampu meningkatkan daya tahan pada kayu itu sendiri. 

Tak hanya itu saja, melamin menyediakan berbagai opsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kontruksi. 

Menurut beberapa informasi salah satu jenis melamin yang paling banyak digunakan ialah berwarna doff.  

Pasalnya wanra ini memiliki kemampuan yang tidak memantulkan cahaya.
maka dari itu, penggunaan melamin ini dapat memberikan warna kayu yang lebih solid, atau lebih terangkat.

5. Pelapis kayu anti air pake Polyurethane

pelapis kayu polyurethane

Selain bahan pernis, jenis polyurethane pun merupakan salah satu pelapis kayu yang umum digunakan, hal ini bukan tanpa alasan, melainkan polyurethane bisa digunakan pada semua jenis kayu dengan mudah lho. 


jenis pelapis kayu satu ini sering dikenal dengan istilah PU, dimana produk ini ekrap digunakan untuk melapisi semua material berbahan kayu. 

Pada umunya, polyurethane ini bisa diaplikasikan untuk furniture kayu outdoor karena memiliki ketahanan pada perubahan cuaca.

6. Kayu Lebih mengkilap dengan Nitro Cellulose

Pelapis kayu terbaik

Tak hanya politur saja yang bisa membuat tampilan kayu menjadi mengkilap, jenis pelapis nitro cellulose pun bisa. Walaupun jenis ini belum terlalu familiar di indonesia. 

Nitro cellulose ini terbuat dari banyak campuran kimia yang dapat membuat tampilan kayu menjadi lebih mengkilap. Tak hanya itu saja, pengunaan pelapis ini dapat memberikan perlindungan ekstra pada permukaan kayu. 

Hanya saja, kamu perlu berhati-hati dalam penggunaannya, bahkan nitro cellulose memiliki aroma kii yang sangat menyengat sehingga perlu menggunakan amsker dan kacamata pada saat pengaplikasiaan.

7. Kesan Rustic dengan Minyak Kayu Jati

pelapis kayu minyak kayu jati

Pelapis terakhir yang bisa kmau gunakan yaitu minyak kayu jati, yaps seperti namanya. jenis pelapis ini memiliki warna dan texture seperti kayu jati. 

Jenis ini bekerja dengan meresap pada pori-pori kayu dan tidak membentuk lapisan film. Namun, penggunaan jenis ini terbilang kurang bagus. 


Sebab cairan pelapis kayu ini tak tahan terhadap air ataupun goresan, bahkannya lagi warna cat lebih cepat pudar, sehingga kamu perlu melapisinya secara rutin.

Jadi, pelapis jenis kayu mana yang akan kamu gunakan? 

Demikianlah informasi yang bsia disampaikan mengenai jenis jenis pelapis kayu terbaik yang bisa digunakan, tentunya kamu bisa mencari informasi lainnya seputar material interior dan eksterior, yang hanya di rajawali parket
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang