MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

3 Manfaat Kayu Ebony, dan Ketahui Karakteristik hingga Asal Usulnya

Sudah Tahu Karkateristik dari Kayu Ebony? Jika belum, yuk ketahui secara lengka…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

3 Manfaat Kayu Ebony, dan Ketahui Karakteristik hingga Asal Usulnya

Kamis, 12 Mei 2022

Mengenal Kayu ebony - Kebutuhan Kayu akhir-akhir ini banyak diperlukan untuk berbagai kebutuhan, terlebih lagi indonesia merupakan negara Tropis yang memiliki beragam jenis kayu yang beragam bentuk dan ciri khasnya. 

Jenis kayu yang memiliki kualitas bagus kerap menjadi pilihan terbaik, untuk memenuhi kebutuhan dibidang tertentu, baik itu untuk kebutuhan industri furniture hingga bidang kontruksi. 

mengenal Kayu ebony

Seperti yang kita tahu, kayu memiliki warna identik yang tidak jauh dari warna, cokelat, merah, putih hingga kekuningan, Namun, ternyata ada lho jenis kayu yang memiliki warna hitam pekat. Ya kayu tersebut yaitu Kayu eboni. 

Kayu eboni, terbilang cukup populer akhir-akhir ini dikalangan para pengerajin kayu, tertutama dibidang furniture. Tak hanya dikarenakan warnanya yang unik, melainkan karakteristik,dan manfaat kayu eboni yang sanagt luas. 

Nah, kira-kira sudah tahu belum bagaimana karakteristik kayu ebony tersebut? jika penasaran yuk, kita simak ulasan lengkapnya mengenal kayu ebony berikut : 

Tentang Kayu Eboni 

mengenal Kayu ebony

Asal Usul Kayu Ebony

Diospyros celebica merupakan nama ilmiah dari Kayu Ebony, pohon ini banyak tersebar di pulau sulawesi. 

Kayu inipun dikenal dengan nama lain seperti makassar Ebony, Kayu Hitam yang tentunya merujuk pada titik pelabuahn utama dipulau sulawesi. 

Kamu dapat menemukan banyak pohon satu ini dibeberapa wilayah, seperti Sulawesi Selatan, sulawesi Utara, Sulawesi Tengah hingga gorotalo.
 
Seperti yang disinggung diatas, dikarenakan warna kayu eboni yang unik serat tingga eksploitasi yang semakin tinggi, membuat pohon satu ini semakin langka. 

Namun, pada kenyataan kayu ini sudah berada dibatas resiko tinggi untuk punah, karena ekploitasi yang berelebihan. Terlebih lagi, kayu satu ini sudah menembus pasar ekspor dinegara jepang hingga negara eropa.

Kayu Ebony berumur Panjang

Pohon eboni termasuk kedalam pohon yang tahan lama lho, bahkan pohon ini bisa hidup hingga usia 100tahun, jika dirawat dengan baik.
 
Bahkan pohon Eboni dapat tumbuh diberbagai tipe tanah, malai dari tahan berkapur, berpasir, tanah liat, hingga berbatu. 

Menguntip dari beberapa artikel, bahwa eboni termasuk kayu yang awet dan sangat kuat, karena memiliki kandungan ekstraktif yang bersifat racun terhadap organisme perusak kayu. Hal ini lah yang menjadi alasan kenapa masih banyak ekploitasi pada kayu satu ini. 

Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi

Tentunya, dengan umur yang panjang hingga tingkat awet sangat tinggi, membuat jenis kayu ini termasuk kayu yang sangat mahal. 

Baik itu pasar nasional hingga pasar interinasional. Biasanya, Pohon eboni dibanderol dengan harga mencapai Rp30juta permeter kubiknya, jika dipasar internasional. 


Sedangkan dipasar nasional, harga pohon ini mencapai Rp10juta per meter kubik, maka tak heran jika banyaknya orang tertarik mengekplotiasi dibanding menanamnya sendiri.

Lalu, bagaimana dengan karakteristik kayunya? dan Apa saja manfaatnya? 

Tentunya, kayu ini memiliki karakteristik yang sangat unggul, hingga banyaknya penggunaan yang bisa dilakukan dengan kayu satu ini, kira-kira apa saja ya? yuk simak ulasannya berikut :

Karakteristik Kayu Ebony 

mengenal Kayu ebony

Warna Kayu Eboni

Kayu ini memiliki ciri ciri yang terbilang mudah untuk dikenali, pasalnya warna kayu eboni yang sangat ekstoris dan terkesan mencolok dibanding kayu lainnnya. 

Serat Kayu 

Kayu Ebonu berwarna merah kecoklatan dan hitam pekat. Sedangkan terkstur kayunya cenderung cukup halus dengan serat kayu yang sanagt padat atau sedikit terpadu.

Tingkat Keras Kayu 

Jika ditanya soal kualitas dari kayu ini, kayu Eboni memiliki tingkat keras kelas II hingga III, dengan tingkat awetnya yang termasuk kelas I. 

Bahkan kayu satu ini memiliki kandungan ekstratif yang bersifat racun pada orginasime perusak kayu, seperti rayap, kutu, hingga jamur. Sehingga, kamu tak perlu lagi menggunakan lapisan anti jamur dan rayap pada permukaan kayu ebony.

Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

Bahkannya lagi, kayu eboni tak hanya kaut saja. melainkan dapat bertahan dari perubahan suhu atau cuaca serta kelembaban, hanya saja kayu eboni dapat mengeluarkan bau tak sedap pada saat proses pemotongan. 

Dengan tingkat keawetan dan keras yang cukup tinggi, sangat memungkinkan jika kayu ini banyak digunakan sebagai bahan baku kontruksi, furniture hingga dipakai sebagai elemen dekorasi pada berbagai hunian. 

Jika disandingkan dengan kayu lainnya, kayu ini mampu menyaingin kualtias kayu ulin, kayu merbau hingga kayu sonokeling.

Lalu, apa saja keunggulan dari kayu ini dibanding ketiga kayu diatas? simak ulasannya berikut : 

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Eboni

mengenal Kayu ebony

Tentunya setiap kayu memiliki kelebihan dan kekuranganya tersendiri, begitupun dengan kayu eboni. Untuk itu, sebelum kamu menggunakan material kayu ini.

Yuk ketahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kelemhannya. Berikut ulasannya : 

Kelebihan Kayu Ebony

  • Memiliki tingkat keawetan yang Tinggi
  • Tahan terhadap Serangan Rayao
  • Mampu bertahan dari berbagai cuaca
  • Tidak mudah lapuk
  • Hampir mirip dengan Kayu Sonokeling
  • Memiliki warna unik dan menarik

Kekurangan Kayu Ebony

  • Mengeluarkan Bau yang tidak sedap
  • Harga Tergolong cukup Mahal
  • Langka dan Sulit ditemukan
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kayu ebony, selanjutnya kamu perlu mengenal beberapa hasil manfaat dari penggunaan kayu ebony, antara lain berikut : 

Manfaat Kayu Eboni


Dikarenakan kayu eboni memiliki kualitas hingga tingkat keras dan awet yang cukup tinggi, sehingga tak heran jika pemanfaatanya tergolong tinggi pula. Berikut beberapa hasil manfaat dari kayu eboni, salah satunya ialah : 

1. Furniture Kayu Eboni

mengenal Kayu ebony

Salah satu manfaat yang sering digunakan dari kayu eboni ialah pengguaannya sebagai material furniture, biasanya eboni sering dibuat menjadi lemari, kursi, meja, rak dan sebagainya. 

Harga eboni yang relatif cukup mahal, membuat kamu perlu menabung terlebih dahulu, namun kualitas dan tampilan kayu eboni mampu disandingkan.

2. Kontruksi Kayu Eboni

Manfaat kayu ebony

Selain dimanfaatkan dibidang industri furniture, kayu ebonipun tak jarang dipakai untuk memenuhi keperluan dibidang kontruksi, seperti pembuatan jembatan, tiang, hingga kontruksi bangunan hunian.

Bahan baku kontruksi yang terbuat dari kayu eboni, tentunya sangat kuat dan dapat berathan cukup lama sehingga akan sangat tepat jika jenis satu ini digunakan untuk kebutuhan kontruksi.

3. Elemen dekorasi Rumah

Manfaat kayu ebony

Dikarenakan kayu eboni mempunyai warna yang sangat eksotis dan terlihat menarik, sehingga kamupun bisa memanfaatkannya sebagai elemen dekorasi, pada desain rumah modern dan minimalis.
 
Pengunaan elemen dekorasi yang terbuat dari kayu eboni yang tentunya memiliki tampilan yang lebih cantik, dan bernilai seni yang tinggi. 


Kamu bisa menggunakan kayu eboni untuk beberapa material, seperti Tangga kayu, hiasan dinding, pintu, hingga plafon kayu.

Jadi, Tertarik menggunakan Kayu Eboni? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya kamu bisa menggunakan material eboni atau material lainnya yang sudah disediakan di rajawali parket indonesia dengan harga yang rentan lebih murah. 

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang