MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Bahas Tuntas! Mengenal Kayu Albasia dari Kelebihan, Fungsi, Hingga produk Terbaiknya

Apa itu kayu albasia? Ternyata kayu albasia memiliki kesitimewaan, seperti ... …

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Bahas Tuntas! Mengenal Kayu Albasia dari Kelebihan, Fungsi, Hingga produk Terbaiknya

Kamis, 23 Desember 2021

Mengenal Kayu Albasia - Banyaknya interior yang berbahan dasar kayu solid, hal ini membuat kayu solid banyak digandrungi untuk dijadikan bahan dasar interior, terleebih kayu memiliki beragam keunggulan.

Tingkat kuat dan keras dari kayupun menjadi faktor utama, mengapa material kayu sering digunakan. Terlebih kayu memiliki warna dan serat yang berbeda dengan material interior lainnya. 

kayu albasia

Kayu albasia menjadi salah satu kayu yang memiliki faktor tersebut, nilai warna dan tingkat kayu yang berkualitas membuat kayu satu ini banyak digandrungi, bahkan kayu albasia banyak digunakan untuk beberapa kebutuhan. 

Hal tersebut dikarenakan kayu albasia memiliki beberapa kelebihan dibanding jenis kayu pada umumnya, Sudah tahu apa saja? untuk itu jika Anda penasaran dengan kayu albasia, yuk simak informasinya berikut : 

Mengenal Kayu Albasia asal indonesia

Pohon Albasia atau biasa disebut pohon sengon merupakan jenis tanaman kayu yang sangat cocok jika ditanam di area hutan rakyat ( kawasan terbuka

Pohon kayu albasia

Hal tersebut dikarenakan pohon albasia tergolong tanaman yang pertumbuhannya cukup cepat karena pohon albasia masuk kedalam sejenis pohon fubaceae yang merupakan pohon dengan pertumbuhan cepat.

Pohon ini tersebar secara alami di berbagai wilayah diindonesia, khususnya dipulau jawa. Terlebih pohon albasia tidak membutuhkan waktu panen yang lama, dan pemilharannya yang cukup mudah.

Karakteristik Kayu Albasia

Tertarik dengan Kayu albasia? untuk itu kami akan memberikan beberapa informasi mengenai karakteristik, warna, kelebihan dan produk kayu albasia. Maka dari itu, simak informasinya berikut : 

Serat dan Warna Kayu Albasia

Kayu albasia atau kayu sengon memiliki warna yang cukup cantik, hal itu dikarenakan kayu albasia memiliki warna coklat muda di bagian tengah kayu dan dibagian teras kayu. 

Namun, tidak semua kayu albasia memiliki warna tersebut, bahkan ada warna yang lebih gelap. kayu albasia memiliki serat kayu yang lurus dan bercabang, membuat kayu ini sangatlah cantik.

Tekstur kayu Albasia yang kasar

Tapi, dengan warna dan serat kayu dari albasia, tidak menutup kemungkinan jika kayu satu ini memiliki terkstur yang sedikit kasar, terkstur tersebut hampir mirip dengan kayu keruing.

Karakteristik kayu albasia

Sehingga kayu albasia membutuhkan proses finishing pada akhir produksinya. dan permukaan kayu albasia terlihat mengkilap dan licin, itulah sebabnya kayu albasia banyak digunakan untuk kebutuhan furniture.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa kayu albasia memiliki beberapa keunggulan yang bisa Anda rasakan jika menggunakan material satu ini, penasaran? berikut informasinya : 

Kelebihan kayu albasia

1. Jenis Kayu bobot ringan

Kayu albasia memiliki keunggulan di segi beratnya, hal ini dikarenakan kadar dari kayu abasia sekitar 15% sedangkan densitasinya 320-630kg/m3 untuk itulah kayu albasia sering dijadikan bahan furiture. 

Dengan bobot yang ringan, membuat Anda tidak akan sulit jika ingin membentuk dan mengubah kayu albasia, karena bobot ringan kayu albasia membuat kayu tersebut mudah di bentuk.

2. Jenis kayu anti rayap 

Salah satu kelebihan lainnya dari kayu albasia yaitu kayu satu ini masuk kedalam daftar kayu yang terhadap serangan hama rayap, hal tersebut tidak heran jika kayu albasia banyak dibutuhkan sebagai bahan pertukangan.

Selain itu, kayu albasia menjadi salah satu kayu terbaik selain kayu jati, untuk itu jika Anda ingin menggunakan kayu jati namun budget minim, alternatif terbaik ialah kayu albasia.

3. Jenis kayu kuat dan awet

Meski bobot kayu albasia terbilang ringan, namun jika ditanya soal tingkat kuat dan awetnya, kayu satu ini tidak perlu diragukan lagi. 


Hal ini dikarenakan kayu albasia atau kayu senogn termasuk kedalam kelas awet III-IV dan kuat III-II, namun seperti warnanya tidak semua kayu albasia kuat, tergantung dari pertumbuhannya.

4. Kayu sengon banyak Manfaat

Kayu albasia atau kayu sengon yang termasuk kayu komersial ini, pada dsarya memiliki alih fungsi yang beragam, hal tersebut dikarenakan kualitas kayu yang cukup istimewa. 

Tidak hanya dijadikan material industri saja, melainkan Kayu albasia banyak digunakan sebagai material perahu, peti, bahkan korek api. 

Tentunya ada kelebihan dan ada kelemahan dari material satu ini, untuk itu setelah anda mengetahui kelebihan kayu albasia, selanjutnya simak informasi mengenai kelemahannya, berikut informasinya : 

Kelemahan Kayu Albasia

Jenis kayu mudah rusak

walaupun kayu albasia terkenal ringan bobotnya, namun kayu albasia merupakan kayu yang mudah rusak dalam pengaruh cuaca, bahkan jika Anda menggunakan kayu albasia dengan kondisi yang masih muda

maka dari itu, penggunaan kayu albasia kami rekomendasikan untuk kebutuhan indoor saja, dan jika Anda mencari kayu outdoor, Anda bisa menggunakan Kayu ulin.

Jenis kayu mudah bereaksi

Kayu albasia memiliki kekurangan lain, seperti mudah breaksi jika terkena zat seperti semen, sifat panas semen mampu membuat kayu satu ini mudah melengkung dan sulit kembali, untuk itu anda perlu menjauhkan kayu ini dari bahan semen.

Produk kayu albasia tentunya produk terbaik, seperti yang sudah disinggung dibeberapa bahasan diatas, namun kira-kira mengapa kayu sengon atau albasia menjadi furniture terbaik? Berikut informasinya :

Alasan Kayu Albasia adalah furniture terbaik

  1. Harga yang terjangkau, jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, kayu albasia tentunya menjadi material kayu dengan harga yang cukup terjangkau, hal ini membuat para peminat funiture percaya dengan material kayu albasia.

  2. Warna seperti jati,  kayu albasia atau sengon terkenal dengan warna dan serat yang hampir mirip dengan kayu jati  walau kayu sengon mempunyai warna yang agak muda. Untuk itu, kayu sengon bisa menjadi alternatif furniture bahan terbaik selain kayu jati.

  3. Furniture tersedia dimanapun, jika ditanya beli dimana, mungkin furniture satu ini akan dengan mudah anda temukan, hal ini dikarenakan kepopulerannya yang membuat kayu sengon banyak diproduksi karena memiliki harga jual yang tinggi.
Bagaimana? tertarik menggunakan furniture atau material kayu sengon? namun kira-kira apakah kayu sengon digunakan untuk furniture saja? lalu furniture apa saja? yuk simak ulasannya berikut : 

Produk Kayu Albasia terbaik

Meja dan kursi kayu Albasia

Produk pertama kayu albasia atau kayu sengon yang banyak disukai oleh kita yaitu meja dan kursi, warna kayu albasia yang menarik membuat kursi yang dihasilkan terlihat mewah dan menarik. 

Furniture kayu albasia

Bahkan tingkat awet dan ringan dari kursi, menjadikan Anda tidak perlu repot repot untuk mengatur tata ruangan karena berat dari kursi dan meja albasia sangatlah ringan.

Lemari Kayu Albasia

Tidak hanya digunakan untuk meja dan kursi saja, melainkan kayu albasia sangat cocok jika dijadikan lemari hunian, dengan menggunakan kayu albasia maka lemari akan terlihat cantik dan kuat.

Lemari kayu albasia

Maka dari itu, jika anda mencari meja dan lemari dari kayu maka yang akan ditawarkan pertama kali yaitu furniture berbahan dasar kayu albasia. 

Bagiamana? Tertarik menggunakan Furniture kayu albasia atau sengon? 

Jika Anda teratarik yuk, kita simak harga dari kayu albasia agar anda dapat menyiapkan budget sebelum Anda membeli material satu ini, untuk itu simak informasinya berikut : 

Harga Kayu Albasia

Jika Anda ingin menggunakan material kayu albasia, Anda perlu menyiapkan budget dari perlog kayu albasia, biasanya kayu alabasia dibandrol dengan harga Rp 1.000.000,- seadangkan ukuran diamaternya tersedia di 55 cm dan panjang 103cm.


Untuk kayu albasia, Anda bisa mendapatkan kayu satu ini di beberapa produsen kayu, untuk itu Anda akan sangat mudah menemukan material ini di kota kesayangan Anda.

Tertarik menggunakan kayu albasia? 

Demikianlah informasi mengenai kayu albasia dan produk terbaiknya, namun jika Anda kurang tertarik dengan kayu albasia, yuk kenali beberapa kayu terbaik lainnya di rajawaliparket.com
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang