MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

6 Jenis Kayu Anti Rayap Berserta Kelebihannya

Kenali Beberapa Jenis kayu anti rayap, yang terbukti secara ilmiah serta bagus …

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

6 Jenis Kayu Anti Rayap Berserta Kelebihannya

Selasa, 13 Juni 2023

Jenis Kayu Anti rayap

Jenis kayu Anti Rayap
- Memilih jenis kayu yang memiliki senyawa anti rayap merupakan cara yang bisa anda lakukan Agar perabotan maupun interior yang Anda gunakan bisa lebih awet dan tahan lama.

Hal inipun tentunya menjadi salah satu cara antisipasi agar menghindari kerugian besar di waktu kemudian, sebagaimana kita tahu bahwa salah satu faktor kerugian pada kayu ialah hama rayap.

Pemilihan jenis kayu bisa menjadi alternatif pencegahan agar Anda tidak perlu repot untuk melakukan berbagam macam antisipasi, hal inipun membuat Anda perlu mengetahui jenis - jenis kayu dengan ketahanan rayap. 

Kira-kira jenis kayu apa saja ya yang kuat terhadap rayap? untuk itu kami disini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai jenis Terbaiknya, seperti : 

Mengenal Jenis-Jenis Kayu Anti Rayap 

Berikut beberapa jenis kayu anti rayap yang bisa Anda gunakan untuk beberapa kebutuhan, seperti material interior maupun furniture. Untuk itu, kenali jenis kayunya berikut : 

1. Kayu Jati 

Jika anda mencari jenis kayu yang cantik dan tahan Rayap untuk seluruh kebutuhan, Anda bisa menggunakan Kayu Jati. Kayu asal jawa ini memiliki beragam keunggulan yang menarik. 

Kayu jati anti rayap

Sebagaimana kita tahu bahwa Kayu jati seringkali digunakan untuk kebutuhan lantai kayu, furniture dan sebagainya, hal tersebut dikarenakan kualitas kayu jati termasuk golongan Kayu kelas awet dan kuat I-II. 


Hal itulah yang membuat kayu satu ini, tidak bisa ditembus oleh hama rayap, karena batang yang kuat serta tekstur kayu yang padat. Terlebih, kayu jati memiliki ion negatif yang bagus untuk kesehatan. 

2. Kayu Ulin

Jenis kayu anti rayap yang kedua yaitu kayu ulin, tentunya jenis kayu satu ini tidak akan mudah diserang oleh hama rayap maupun jamur, bahkan sangking kuatnya, kayu ulin sering dijuliki dengan sebutan Kayu Besi, karena sifat kayunya yang sangat kuat dan tahan banting.

Kayu Ulin anti rayap

Biasanya, kayu ulin digunakan untuk kebutuhan Outdoor, seperti Decking, Papan rel, bahkan kayu ulin kerap digunakan sebagai bahan baku pekapalan, hal inilah yang menjadikan Anda perlu memilih jenis kayu satu ini. 

Kualitas kayu ulin yang termasuk golongan kelas awet dan kuat kelas I-I ini, menjadi point penting kenapa Anda perlu menggunakannya, terlebih warna elegant pada kayu ulin sangat cocok untuk kebutuhan Hunian.

3. Kayu Merbau 

Jenis kayu anti rayap selanjutnya, yaitu Kayu Merbau. Mungkin sebagian dari Anda yang sering menggunakan bahan kayu untuk interior mungkin tidak akan asing dengan kayu Kuat satu ini. 

Kayu Merbau Anti rayap

Kayu merbau, memiliki warna yang unik, serta serat yang sangat indah. Tidak hanya itu saja, kualitas kayu di golongan kuat dan awet kelas I-II, menjadi point penting kenapa Kayu ini anti terhadap rayap. 


Biasanya, kayu merbau digunakan untuk kebutuhan indoor dan ooutdoor, seperti Lantai kayu, lambersering bahkan Deck lantai tanpa perlu khawatir kayu rusak akibat rayap. 

4. Kayu Sonokeling

Kayu Anti rayap satu ini, merupakan jenis kayu yang memiliki warna yang paling berbeda dengan kayu lainnya, kayu sonokeling jenisnya. Kayu satu ini, terkenal dengan warna hitam dan serat emas yang unik. 

Jenis kayu anti rayap

Hampir sama dengan Kayu merbau, kayu sonokeling identik dengan warnanya, namun tidak hanya warnanya saja yang menjadi point pentingnya, melainkan kualitas kayu yang kuat dan awetnya. 

kelas awet dan kuat kayu sonokeling mampu mengimbangi kayu ulin, tentunya dengan kualitas tersebut kayu sonokeling sangat aman terhadap serangan rayap, biasanya kayu sonokeling digunakan untuk interior hunian.

5. Kayu Bengkirai

Kayu balau atau kayu bengkirai, menjadi salah satu jenis kayu anti rayap berikutnya, kayu satu ini terkenal dengan warna kayunya yang cukup unik, Cokelat cerah dan serat bergelombang menjadi cirinya.

Kayu Bengkirai anti rayap

Kayu Bengkirai, memiliki tingkat kuat dan keras digolongan kayu kelas I-II, serat kayu yang kasar dengan bobot yang kuat, membuat kayu satu ini sering diandalkan untuk kebutuhan Decking Hunian.

Tidak hanya itu, serat kayu yang kasar dan kuat inilah yang menjadi alasan, mengapa kayu bengkirai tahan terhadap rayap. Dengan inilah Anda tidak perlu menggunakan lapisan anti rayap lagi, karena kayu bengkirai sangat bisa diandalkan.

6. Kayu Kamper

Kayu Kamper menjadi kayu anti rayap terakhir yang bisa Anda gunakan, warna kayu kamper yang mirip dengan kayu jati menjadi alternatif terbaik pengganti Kayu Jati.

Kayu kamper anti rayap

Harga kayu yang relatif lebih murah menjadi faktor utama, mengapa kayu kamper dapat dijadikan alternatif pengganti Kayu Jati. Tentunya tidak hanya harganya saja.

melainkan Kayu kamper memiliki kualitas kayu yang kuat, serta aroma yang khas, aroma itulah yang membuat kayu kamper mampu menahan hama rayap dengan baik.

Namun, jika Anda khawatir ke 6 jenis kayu diatas masih terserang Hama rayap, kami akan memberikan beberapa tipsnya agar kayu tersebut semakin kuat akan rayap, untuk itu simak ulasannya berikut : 

Cara Agar Kayu tidak dimakan Rayap 

Berikut beberapa cara agar kayu yang Anda gunakan, lebih tahap terhadap rayap, dan tentunya agar dapat bertahan hingga puluhan tahun lamanya, simak uraiannya berikut :
  • Gunakan Pelapis Anti rayap, salah satu cara yang tepat yaitu menambahkan lapisan anti rayap pada kayu, lapisan tersebut akan membuat kayu mengeras dan kuat,  pastikan Anda menggunakan Lapisan dengan kandungan Repellent rayap. 

  • Menggunakan solar untuk Kayu, cara berikutnya yaitu dengan melapisinya menggunakan solar, kandungan solar dipercaya mampu menghalau rayap pada kayu. Anda perlu mendiamkannya selama 1 hari agar solar meresap sempurna dipermukaan kayu.

  • Lakukan pengasapan Kayu, selain menggunakan solar, anda bisa melakukan pengasapan pada kayu untuk membuat kayu kuat terhadap rayap.

    cara ini tidak jauh bebreda dengan solar, Anda perlu mendiamkannya pada pengasapan selama beberap jam ( Tidak sampai terbakar )

Tentunya, dengan penggunaan kayu diatas dapat mengutungkan Anda, terlebih dengan pemilihan material anti rayap,  maka kerusakan pada kayu sangatlah minim, dan tentunya kayu tersebut akan bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

Untuk itu, pastikan anda menggunakan jenis kayu anti rayap, agar Furniture dan interior yang anda gunakan tidak rusak dalam perjalan waktu.

Jadi, Jenis Kayu Anti rayap mana yang cocok dipilih?
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang