MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Rekomendasi 3 Jenis Kayu untuk Dermaga yang Paling Kuat! Yuk Ketahui Karakteristiknya

Sedang Mencari Jenis Kayu Terbaik untuk Dermaga? Yuk Ketahui 3 Jenis Terbaiknya…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Rekomendasi 3 Jenis Kayu untuk Dermaga yang Paling Kuat! Yuk Ketahui Karakteristiknya

Kamis, 21 Juli 2022

Jenis Kayu untuk Dermaga - Salah satu faktor penentu yang perlu ditimbangkan sebelum membangun sebuah dermaga, yakni sebuah material yang akan digunakan. 

Tentunya, setiap elemen memiliki spefikasi terbaiknya, namun mana yang lebih baik untuk sebuah dermaga. Kayu kerap menjadi material yang paling sering digunakan. 

Jenis Kayu untuk Dermaga

Tapi, tak sembarangan jenis kayu yang bisa kita gunakan, tentunya kayu memiliki tingkatan dan spesifikasi tertentu yang perlu kamu pertimbangkan/ 

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa jenis kayu terbaik yang cocok untuk digunakan sebagai bahan Dermaga. Kira-kira mana yang paling unggul?

Perbedaan Pelabuhan dan Dermaga

Terdapat dua sarana transportasi yang beroperasi dilaut, seperti dermaga dan pelabuhan, namun kebanyakan orang belum mengetahui bahwa kedua sarana ini berbeda.

walaupun keduanya memiliki fungsi sebagai pendukung kebutuhan transporatsi laut, namun apa yang membedakannya?

Pengertian Dermaga

Jenis Kayu untuk Dermaga

Walaupun Dermaga termasuk kedalam bagian dari pelabuhan , namun Dermaga sendiri merupakan suatu bangunan yang dibuat untuk menambatkan atau merapatkan kapal-kapal yang akan melakukan bongkar muat ataupun memasukkan barang, singkatnya Dermaga berperang sebagai penghubung kapal kebagian darat

Pengertian Pelabuhan 

Jenis Kayu untuk Dermaga

Sedangkan Pelabuhan Sendiri merupakan sebuah bangunan besar yang memiliki fasilitas layaknya terminat kapal-kapal laut, biasanya pelabuhan terleatk diujung laut atau danau. 

Pelabuhan ini berfungsi sebagai tempat menerima kapal, mindahkan kargo, hingga transisi bagi penumpang. Singkatnya, pelabuhan merupakan terminal dari setelah dermaga.

Sudah tahu apa saja perbedaan dari kedua area tersebut? 

Tentunya, material dari pelabuhan dan dermaga sangatlah berbeda, dengan bangunan yang lebih besar, dermaga tentunya menjadi area yang cocok jika penggunaan pijakannya menggunakan lantai kayu. 

Seperti pembahasan pertama, yang akan membahas beberapa jenis kayu terbaik untuk dermaga, dengan spesifikasi produknya. Kira-kira ada jenis kayu untuk dermaga ada apa saja ya? Yuk simak ulasannya berikut : 

Jenis Kayu untuk Dermaga

Berikut beberapa jenis kayu yang sering digunakan untuk kebutuhan Dermaga, antara lain : 

1# Kayu Ulin Asal Kalimantan

Jenis Kayu Ulin untuk Dermaga

Jenis Kayu untuk Dermaga pertama yakni Kayu Ulin. Ulin atau Eusideroxylon zwageri merupakan salah satu jenis kayu dengan kualitas terbaik yang berasal dari Daerah Kaliamntan. 

Memiliki tingkatan kelas Terbaik yang masuk kedalam jajaran 10 Kayu terkesar didunia tentunya membuat kayu ini sangat cocok untuk kebutuhan kayu di dermaga. 


Sifatnya yang tahan air dan tidak mudah patah tentunya menjadi spesifikasi penting yang perlu kamu pilih.  Tingkat kayu dengan keras Kelas I dan ketahanan Kelas I membuat kayu ini sangat spesial. 

Tak heran jika dibeberapa deaerah kayu ulin kerap dikenal sebagai Kayu Besi. Warna kayu yang berwarna kuning kecoklatan dengan serat alami yang padat membuat kayu ini tak hanya diunggulkan perihal spekifikasinya saja.  

Melainkan nilai estetika yang perlu kamu pertimbangkan. Hal inilah yang membuat kami menyantumkan kayu ulin sebagai urutan pertama jenis kayu untuk dermaga terbaik.

2# Kayu Merbau Asal Papua

Jenis Kayu Merbau untuk Dermaga

Jenis Kayu untuk Dermaga berikutnya yakni Kayu Merbau atau Ipil Papua yang tentunya berasal dari kawasan irian jaya atau Papau. Apa yang menjadi keunggulannya? 

Yaps, Kayu Merbau merupakan salah satu anggota suku Febaecae yang kualitasnya tak usah diragukan lagi, bahkan hampir sama dengan Kayu ulin. 

Walaupun Tingkat keras dan awetnya dibawah kayu ulin, yaitu Kelas awet Kelas I-II dan Kelas Kuat I, namun warna dari kayu Merbau yang unik menjadi nilai plusnya. 


Warna merah kecoklatan, dengan serat lurus tentunya mendukung nilai estetik untuk sebuah dermaga, Apalagi kayu merbau kerap berkecimpung didunian kontruksi berat, seperti lantai outdoor. 

Namun sayangnya, terdapat satu kekrungan dari kayu merbau yang sering mengluarkan getah berwarna merah saat pemasangan pertamanya. 

Namun, Anda tak perlu khawatir karena Getah akan hilang dalam kurun waktu 2-3 bulan saja, dengan kualitas yang semakin tinggi. 

3# Kayu Bengkirai asal Kalimantan

Jenis Kayu Bengkirai untuk Dermaga

Bengkirai atau dikenal dengan nama Yellow balau ini merupakan salah satu jenis kayu untuk dermaga berikutnya yang berasal dari Kalimantan. 

Dari segi kualitas, Kayu bengkirai memiliki urutan ketiga terbaik, karena tingkat awet kelas I-II dan tingkat keras kelas I-II yang dimana kelas tersebut masih dibawah Merbau dan Ulin. 

Walaupun dibawah merbau dan ulin, Kayu Bengkirai memiliki ciri khas tersendiri dari segi warna, yang dimana warna bengkirai lebih cerah yakni berwarna kuning dengan warna kecoklatan, oleh karena disering dikenal dengna Yello Ballau. 

Jenis Bengkirai, cukup populer di kalangan Para pengerajin furniture dan kontruksi, biasanya Kayu bengkirai digunakan untuk kebutuhan interior dan eksterior 

seperti Pelapis dinding atap dan Lantai Outdoor, seperti Tepi kolam renang, lantai balkon dan lainnya. Tentunya ketahanannya terhadap air dan panas matahari menjadi point utama kenapa Anda perlu menggunkannya untuk Dermaga. 

Apalagi, kayu bengkirai memiliki harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan 2 jenis sebelumnya. Hal inilah yang membuat kayu bengkirai sangat efektif untuk dipilih dengan budget yang minim.

Kelebihan material kayu untuk Dermaga

Tentunya, Anda bertanya-tanya mengapa material dermaga perlu menggunkan Bahan dari Kayu? untuk itu berikut beberapa kelebihannya : 

  1. Memiliki Ketahanan yang Baik Terhadap Air Laut dan Kuat dengan Cuaca Ekstream
  2. Warna dan Serat yang membuat Dermaga lebih Berwarna
  3. Memiliki Harga yang Terjangkau 
  4. Dapat Bertahan hingga puluhan dan ratusan Tahun
  5. Mudah Ditemukan
Jadi, Tertarik menggunakan material kayu untuk Dermaga? 

Demikianlah informasi seputar jenis kayu untuk dermaga yang bisa Anda ketahui dengan Jenis dan Kualitasnya. 

Tetunya, tak hanya dermaga saja melainkan Anda bisa mencari infromasi menariknya mengenai interior dan eksterior yang ada di Rajawali Parket Indonesia.
BLANTERLANDINGv101
Produk kami

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang