MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Fungsi Rooftop untuk Atap, dan Inspirasi Desain Terbaik

Ternyata Rooftop memiliki pengertian lain lho, terlebih rooftop memiliki fungsi…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Fungsi Rooftop untuk Atap, dan Inspirasi Desain Terbaik

Senin, 03 Januari 2022

Mengenal Fungsi Rooftop - Memiliki hunian bertingkat tentunya sebuah hal yang menyenangkan bukan? terlebih area atap yang terbilang lebar, membuat Anda dapat memanfaatkannya dengan Tepat. 

Salah satu alternatif pembuatan Rooftop bisa menjadi ide cemerlang untuk membuat area atap semakin terpakai, terlebih dengan adanya rooftop Anda dapat mengerjakan beberapa kegiatan diarea tersebut. 

Mengenal Rooftop

Namun, ngomong-ngomong perihal Rooftop, apakah Anda tahu apa itu Rooftop? Pada dasarnya rooftop merupakan lantai teratas pada sebuah bangunan yang berbentuk datar. 

Bagian tersebut biasanya akan ditemukan antena atau penangkal listrik sebagai pelindung dari sebuah bangunan. Namun, anda bisa memanfaatkannya lebih estetik, penasaran? yuk simak uraiannya berikut : 

Mengenal Rooftop Hunian

Secara singkatnya, rooftop merupakan atap datar berupa bak beton pada lantai atas hunian yang kali ini banyak dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan. Salah satunya sebagai area komersial. 

Di kota besar, rooftop sering ditemukan pada beberapa bangunan, seperti apartemen, sky lounge, pusat perbelanjanaan dan juga area kafe. 

Pengertian Rooftop
Fungsi komersial dari rooftop ini bisa Anda temukan diberbagai gedung bertingkat dipusat kota, bahkan Anda bisa memanfaatkan area atap luas hunian Anda sebagai area bersantai atau area makan bersama keluarga.

Rooftop memiliki fungsi ganda yang bisa digunakan sebagai area pendukung aktivitas hunian maupun gedung, apa saja fungsinya? berikut beberapa fungsi rooftop yang sering digunakan oleh masyarakat :

Fungsi Rooftop 

1. Area Komersial

Seperti yang sudah disinggung diatas, Anda bisa menggunakan rooftop sebagai area  komersial, hal ini bisa Anda letakan diarea puncak gedung maupun hunian, 

Dengan itu, Anda dapat melihat pemandangan kota, atau area sekitar hunian, selain itu Anda bisa berkumpul bersama rekan, makan dan minum bahkan berfoto bersama dengan latar pemandangan kota.

2. Rooftop untuk Olahraga

Beberapa Indekos maupun co-living house sering menggunakan aera puncak atapnya sebagai area olahraga. Lokasi yang lapang serta udara yang sejuk, bisa menjadi area yang tepat untuk berolahraga.

fungsi rooftop

Terlebih jika Anda menyediakan beberapa mesin atau alat olahraga, serta bebrapa tanaman agar lebih segar. Dengan itu, penggunaan atap puncak akan lebih bermanfaat untuk Anda serta seisi hunian. 

3. Area menjemur pakaian

Fungsi rooftop hunian selanjutnya yaitu, sering kali area rooftop digunakan sengaja untuk menjemur pakaian, sepatu maupun barang lainnya. Hal ini bisa menjadi alternatif sebagai area menjemur pakaian.

4. Taman Hijau

Ketika sebuah hunian rumah yang memiliki lahan yang sempit, Anda bisa mengoptimasi fungsi rooftop sebagai area taman, Anda hanya perlu merapikan area atap hunian. 

Lalu meletakkan beberapa jenis tanaman hijau dengan menggunakan pot plastik saja, hal ini bisa menjadi fungsional terbaik jika Anda memiliki area atap yang kosong.

bagaimana? sudah tahu dengan fungsi rooftop pada bagian atap bangunan? 

Tentunya, suatu keuntungan jika Anda memiliki bagian atap hunian, untuk itu kami sarankan untuk anda yang sedang membangun hunian agar Anda memiliki bagian atap yang luas. 


Hal tersebut tentunya membuat Anda memiliki keuntungan jika Anda memiliki bagian atap yang luas, apa saja keuntungannya? Berikut informasinya :

Keuntungan Memiliki Rooftop

Memiliki Rooftop atau puncak hunian bisa memberikan keuntungan bagi para pemilik hunian, apa saja? berikut ini beberapa keuntunganya tersebut : 

Keuntungan Rooftop untuk Hunian
  • Memiliki space tambahan, salah satu keuntungannya yaitu Anda memiliki space tambahan untuk ruang terntentu, untuk itu jika Anda memiliki area tambahan tersebut, gunakan sebaik mungkin ya.

  • Lokasi bersantai, salah satu keuntungan memiliki rooftop yaitu, Anda dapat menggunakannya sebagai area bersantai, pastikan Anda menata ruang atap Anda senyaman mungkin.

  • Menginkatkan Harga jual Hunian, tentunya dengan memiliki area atap hunian atau menata bagian tersebut dengan menarik, maka hunian akan memiliki harga yang tinggi, hal ini tentunya bisa menjadi nilai investasi jangka panjang. 
Bagaimana? Tertarik menggunakan area kosong anda untuk dijadikan Area yang nyaman? untuk itu, kami disini akan memberikan beberapa tips desain atap rooftop minimalis, untuk itu simak ulasannya berikut : 

Desain Atap Rooftop Minimalis 

Nuansa naturalis Industrial

Inspirasi desain rooftop yang pertama yaitu bertemankan industrial natural, desain ini bisa Anda tiru dengan menambahkan beberapa jneis tanaman hias yang merambat. 

Rooftop Naturalis

Tidak lupa untuk menambahkan bohlam gantung agar menjadi sumber pencahayaan di malam hari. dengan pencahayaan yang cukup, membuat rooftop semakin nyaman.

Bohemian Rooftop Style

Desain rooftop inspirasi

Desain Rooftop lainnya yang bisa Anda jadikan inspirasi yaitu Style Bohemian, dengan desain ini anda hanya perlu menambahkan beberap dekorasi khas, seperti bantal grafis, lantai motif kayu, selimut, lampu gantung, dan hiasan tanaman.

Urban Rooftop Forest

Anda bisa menyiptakan desain rooftop dengan kesan ala urban forest, Anda bisa menciptakan desain tersebut dengan menambahkan tanaman rambat di teralis dengan berbagai jenis.

Desain rooftop tanaman

Terlebih Anda bisa menambahkan beberapa sofa atau bantal untuk area yang lebih nyaman. dan jangan lupa menambahkan dekorasi payung ala-ala agar area rooftop nyaman dan teduh pada siang hari.

Rooftop Tema Woody Garden

Salah satu inpirasi desain rooftop yang bisa anda aplikasikan yaitu penggunaan material kayu pada bagian-bagian tertentu.


serta memaksimalkan area kosong dengan tambahan tanaman, agar nilai natural pada Rooftop semakin terlihat dan dapat membuat area tersebut semakin nyaman.

Tertarik dengan Desain Rooftop minamalis tersebut? Jika Anda pastikan Anda menggunakan material yang kuat, hal ini dikarenakan rooftop akan sering terkena berbagai macam cuaca, termasuk angin yang besar.

Tidak hanya desain rooftop saja, melainkan kami akan memberikan beberapa material yang cocok dan kuat untuk Anda gunakan di area rooftop hunian anda, berikut materialnya : 

Material Terbaik untuk Pembuatan Rooftop

Tentunya, area rooftop perlu memerlukan material atap dan Lantai pijakan untuk memberikan kenyaman ketika siang hari, berikut beberapa material terbaiknya : 

1. Material Atap Rooftop

Pada bagian atap rooftop, kami sarankan untuk memiliki jenis atap UPVC, hal ini dikarenakan jenis Atap UPVC memiiki kualitas yang sangat ideal jika dijadikan bahan atap untuk Rooftop.

rekomendasi atap rooftop

Terlebih atap UPVC memiliki harga yang relatif lebih murah dibadningkan jenis material atap lainya. Keunggulan dari Atap UPVC yaitu Kokoh, kuat serta meredam suara berisiki dari Hujan deras.

2. Material Lantai Rooftop

Setelah menemukan material Rooftop terbaik yaitu UPVC, maka material terbaik lantai Rooftop yaitu Wood Decking atau Lantai Kayu Outdoor, sesuai dengan namanya bahwa lantai tersebut sangat unggul jika digunakan diarea outdoor seperti Rooftop. 

lantai kayu outdoor rooftop


Hal ini dikarenakan Decking kayu sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim, terlebih lantai kayu decking memiliki alur air yang dapat meminimalisir tingkat kelicinan, jika Anda menggunakannya setalah hujan. Untuk itu, yuk segera pesan dan pasang.

Tertarik menggunakan Rooftop hunian? sudah tahu material yang digunakan? 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai pengertian rooftop, keuntungan serta material terbaiknya. Untuk itu, yuk segera gunakan area atap hunian lebih bermanfaat.

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang