MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Mengenal WCP, Alternatif Material Kayu! begini Karakteristiknya

Sedang cari Material Bermotif kayu? namun ingin lebih murah? Coba gunakan mater…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Mengenal WCP, Alternatif Material Kayu! begini Karakteristiknya

Rabu, 22 Desember 2021

Mengenal Lantai WPC - Lantai merupakan material yang sangat penting untuk kebutuhan hunian, hal tersebut membuat  elemen satu ini selalu dibahas, tentunya untuk menemukan material mana yang tepat.

Bahkan, banyaknya jenis lantai dipasaran, hal tersebut membuat para ahli kontruksi kebingungan untuk memilih material mana yang bagus untuk diaplikasikan di rumah. 

Mengenal WPC

Lantai kayu, menjadi alternative utama dalam pemilihan material lantai, karena memiliki ciri khas serat yang unggul dan tentunya cantik untuk sebuah hunian, namun harga dari lantai kayu terlalu tinggi untuk digunakan.

Jadi, haruskah menggunakan lantai kayu? Atau ada alternative lain selain lantai kayu? Tentunya, Anda bisa menggunakan Lantai WPC, sudah tahu apa itu lantai WPC? 

Mengenal Apa itu Lantai WPC

Lantai WPC atau Wood Plastic Composite merupakan material lantai yang terbuat dari bahan plastik yang ramah lingkungan, material lantai ini sering digandrungi ahli kontruksi untuk dijadikan sebagai alternatif lantai kayu. 

Lantai WPC

Hal tersebut dikarenakan harga produk WPC yang terbilang murah, serta memiliki serat dan warna yang tampak mirip dengan lantai  kayu.

Terlebih wpc sering digunakan untuk kebutuhan outdoor, dan tentunya material satu ini sangatlah kuat terhadap berbagai macam cuaca.

Wpc terbuat dari apa? 

WPC terbuat dari campuran antara bubur kayu dengan termplastik Seperti PE ( Polythlene) PP ( Polypropylene) PVC ( Polyvinyl Chloride ) dan sebagainya, WPC dibentuk dengan partiel kayu dengan resin plastik, yang dipanaskan dengan cara dicetak menggunakan sistem injection Molding

Proses pembuatan Lantai WPC

Kedua bahan tersebut diprosess dengan cara dilebur, kemudian dilakukan dengan beberapa proses dan terciptalah sebuah material yang terbentuk. Material tersebut yaitu lantai WPC.

Apakah Lantai WPC kuat? 

Dengan campuran Kayu solid 50% membuat material WPC sangat Kokoh dan kuat, bahkan material lantai WPC dapat menampilkan keindahan yang tampak mirip dengan Material kayu aslinya, setelah proses finishing yang panjang. 

Fungsi WPC untuk Rumah

Untuk itu, banyak para kontruksi memanfaatkan material satu ini untuk dijadikan beberapa fungsi, seperti lantai, dinding, plafon, pagar, serta Decking untuk kebutuhan luar ruangan. 

Akan tetapi, material WPC memiliki 2 jenis yang bisa digunakan, sudah tahu jenis dari Flooring WPC? berikut informasinya :

Mengenal Jenis Material WPC

Berikut merupakan 2 jenis material WPC yang bisa Anda temukan dibeberapa tempat produsen untuk digunakan, simak jenis dan karakteristik wpc berikut :

Jenis Lantai WPC

1. Wood Plastic Composite Hollow ( WPCH ) 

Produk WPC pertama yaitu WPCH atau dikenal dengan Kayu Composite Hollow, Jenis WPC ini memiliki tampilan yang unik, yaitu memiliki bentuk menyerupai Besi Hollow. 

Bagaimana tidak, WPCH memimiliki bentuk sperti parket kayu, namun memiliki lubang dibeberapa titik didalamnya, biasanya jenis WPCH ini sering digunakan untuk kebutuhan pagar, decking serta Atap gazebo. 


untuk harganya, WPCH dijual dipasaran dengan Harga sekitar 50rban saja per meternya, dengan harga yang terjangkau ini tentunya bisa Anda jadikan Alternatif pengganti Decking, namun jika dibandingkan kualitas decking kayuu solid sanagtlah sempurna.

2. Wood Plastic Composite Solid ( WPCS ) 

Jenis WPC berikutnya merupakan material WPC yag memiliki bentuk seperti papan lurus, namun ada juga produk WPCS yang memiliki bentuk yang melengkung. 

Itulah sebabnya material WPC kerap digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, salah satunya untuk kebutuhan Bangunan

WPCS ini tentunya lebih besar Kayu Solidnya dibanding Plasticnya, untuk itu tingkat keras yang dihasilkanpun cukup terjamin.

Tentunya, kedua jenis tersebut sangatlah bagus karena memiliki kelebihan yang mumpuni untuk kebutuhan hunian, lalu sudah tahu apa saja kelebihannya? Berikut infomasinya : 

Kelebihan dan Kekurangan lantai WPC

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan jika Anda menggunakan Produk WPC untuk kebutuhan Interior dan Ekstrior : 

Kelebihan dan kekurangan Lantai WPC

Kelebihan lantai WPC

  • Kualitas terjamin, kelebihan lantai wpc yang pertama yaitu kualitasnya yang terjamin, hal ini dikarenakan lantai wpc terbuat dari cacmpuran rasio spisfik dan ketat. Pencampuran bahan tersebut membuat Lantai wpc memiliki kualitas dan kontensitensi yang tinggi.

  • Pengolahan mudah, kelebihan wpc selanjutnya yaitu pengolahannya yang mudah, hal tersebut wpc dapat dibentuk dan dicetak dengan berbagai ukuran. Tidak heran, jika WPC bisa digunakan untuk banyak kebutuhan.

  • Finishing Cat Sempurna, kelebihan Lantai wpc selanjutnya yaitu perihal lapisan catnya yang modern dan canggih, finishing tersebut membuat lantai WPC terlihat elegant dan lapisan tersebut dapat menjaga lantai wpc hingga jangka waktu yang panjang.

  • Alternatif material kayu, Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa material WPC memiliki beragam kualitas dengan warna yang autentik, hal ini membuat WPC bisa Anda gunakan sebagai material pengganti Kayu. 
Seperti yang diketahui, banyaknya kelebihan dari material wpc tidak menutup kemungkinan jika lantai wpc ini memiliki kekurangan. 

Maka dari itu sesudah anda mengenal kelebihan dari lantai wpc Anda perlu mengenetahui kekurangannya juga, berikut informasinya : 

Kelemahan Lantai WPC
  • Terbuat dari Bahan Kimia, melihat berbagai kelebihan WPC, nyatanya bahan yang digunakan material satu ini memiliki kelemahan, seperti polimer palastik yang membahayakan.

  • Rawan Meleleh, jika dibandingkan dengan material kayu, maka resitensi wpc terhadap suhu ekstrim sangatlah rendah, hal ini membuat material WPC memiliki titik leleh cukup rendah. 
Bagaimana? Tertarik menggunakan menggunakan lantai Wpc atau material Wpc lainnya? 

Tidak hanya digunakan untuk kebutuhan Decking WPC saja, melainkan Andab isa menggukan material satu ini untuk kebutuhan Dinding Wpc. 


Terlebih pemasangan Dinding WPC terlihat lebih mudah dan sederhana, bagaimana? ingin mencoba memasangan material Dinding WPC? Berikut informasinya 

Cara pemasangan WPC untuk Dinding

untuk melakukan pemasangan WPC sebagai desain eksterior rumah, Anda perlu menyiapkan beebrapa peralatan, berikut uraiaannya: 

cara pemasangan WPC

Peralatan Pemasangan WPC
  • Mesin pemotong
  • Gerinda Tangan
  • Mesin Bor
  • Meteran 
  • Palu kareak Keramik
  • Penggaris dan Pensil 
Setelah peralatan tersedia, langkah selanjutnya yaitu proses pemasangannyam, berikut langkah-langkahnya : 

1. Siapkan rangka atau besi hollow, lalu bor pada permukaan dinding. Pastikan Anda menekan kuat saat proses pengeborannya.
2. Pasang didnig panel WPC pada rangka dengan berlawanan.
3. Setelah itu, pasang bau dinding WPC pada rangka atau Besi hollow dengan menggunakan baut
4. Lakukan Langkah (3)  hingga semua dinding terpasang dengan Rapi
5. Jika sudah, Ana bisa menggunakan list plank atau siriku untuk merapihkan pinggiran area dinding WPC

Bagaimana? Mudah bukan? itulah beberapa tahapan mudah untuk memasangkan dinding WPC pada Hunian. 

Namun jika Anda ingin menggunakan Lantai WPC, pastikan Anda menggunakan Ahli pasang karena Pemasnagangan Lantai WPC terkenal lebih sulit. 

BLANTERLANDINGv101
Produk kami

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang