MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Seberapa Bagus Lantai SPC? Kita bandingkan Dengan Solid, Vinyl & Laminated Untuk Menemukan Jawabannya

lantai spc merupakan jenis lantai terbuat dari bahan batu. lalu apa saja kelebi…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Seberapa Bagus Lantai SPC? Kita bandingkan Dengan Solid, Vinyl & Laminated Untuk Menemukan Jawabannya

Senin, 24 Mei 2021

Lantai SPC dan perbandingannya - Jika kita menelusuri lebih dalam, jenis ubin sebagai penutup lantai ternyata banyak jenisnya. Tidak hanya keramik, tetapi ada lantai Marmer, lantai kayu parket, laminated, Vinyl, WPC hingga SPC. 

...tahukan anda apa itu lantai SPC?

Jika anda belum tahu, kali ini mari kita ulas mengenai jenis lantai satu ini sekaligus kita nanti akan bandingkan dengan jenis lantai lain hingga kita tahu mana jenis lantai paling bagus untuk rumah.

Mengenal lantai SPC
Mengenal Lantai SPC dan perbandingannya

lantai SPC adalah singkatan dari  stone plastic composite. Merupakan jenis lantai yang berbahan dasar batu dengan dicampur PVC dan stabilizer hingga membentuk lantai yang lebih tangguh dibanding lantai vinyl.

Lantai SPC merupakan jenis lantai yang termasuk pada jenis lantai motif kayu alternative pengganti lantai kayu solid seperti Lantai laminated, Engineer, Vinyl, WPC. 

...Kenapa lantai kayu solid dibuat alternatifnya ?

Lantai kayu solid merupakan jenis lantai yang memiliki harga yang cukup tinggi serta kelangkaan kayu-kayu utuh yang biasa di produksi membuat para produsen lantai harus mencari jenis lantai dengan nilai estetis mirip kayu namun dengan bahan lain.

Maka hadirlah lantai Vinyl dan SPC.

Lantai SPC merupakan solusi yang disuguhkan berbagai brand lantai vinyl dengan banyaknya kelemahan pada produknya.

Karakteristik SPC Flooring

  • UV Coating - merupakan bagian terluar untuk melindungi lantai dari goresan-goresan serta noda. 
  • wear layer - Masih merupakan lapisan pelindung yang lebih dalam
  • Vinyl Top Coat d├ęcor film - merupakan bagian corak
  • SPC Core - dibuat dengan menggabungkan bubuk batu kapur dan stabilisator untuk menciptakan inti yang stabil secara dimensi dan tahan air.
  • Underlayer - biasanya terbuat dari Foam atau bahan karet untuk mengurangi suara ketukan dan menambah kelembutan pada lantai.

Dengan adanya lantai SPC, semua yang menjadi kelemahan dari lantai vinyl mulai bisa di atasi seperti muai susut pada lantai vinyl yang sudah tidak dimiliki oleh lantai SPC, kemudian terdapatnya VOC pada lantai vinyl yang tidak ada lagi di lantai SPC, Lalu tingkat durabilitas yang sangat tinggi.

lantai SPC juga dikenal 100% Waterproof sehingga bisa di pasang di area lembab seperti kamar mandi, Dapur dan tempat lainnya.

Tetapi sudahkan lantai SPC ini bisa menggantikan lantai kayu solid?

Untuk mengetahui hal ini mari kita lihat saja perbandingannya.

Perbandingan Lantai SPC, Vinyl, Laminated & Lantai Kayu Solid

Perbandingan lantai SPC, Solid laminated dan Vinyl

Selain lantai kayu solid, kita bandingkan juga jenis lantai SPC ini dengan jenis lantai kayu lainnya yaitu laminated, dan Vinyl agar semakin terbuka.

1. Jenis bahan yang digunakan

Lantai SPC merupakan jenis lantai yang terbuat dari Stone Plastic Composite yaitu jenis material bebatuan yang dicampur PVC dengan persentasi 70 % bebatuan dan 30% PVC. Maka, lantai ini cenderung memiliki durabilitas yang sangat tinggi.

Lantai Vinyl merupakan jenis lantai yang terbuat dari PVC (Polivinil Klorida) yang merupakan jenis bahan yang banyak digunakan untuk bahan bangunan karena harganya relatif murah namun tahan lama. 

Lantai Laminted merupakan jenis lantai yang terbuat dari serbuk kayu HDF (High Density Fiberboard) dicampur dengan resin. Karena memiliki bahan dasar kayu, lantai laminated ini memiliki sifat kontras dengan ruangan, maksudnya ketika kondisi ruangan sedang dingin, lantai akan terasa hangat.

Untuk lantai kayu solid sendiri dari namanya juga kita sudah tahu terbuat dari apa jenis lantai satu ini. Ya, lantai kayu solid merupakan jenis lantai yang terbuat dari bahan kayu utuh yang dipotong secara langsung.

2. Kenyamanan 

Dengan bahan dasar Batu dan campuran PVC membuat lantai SPC ini memiliki feel yang mirip-mirip dengan lantai vinyl dicampur keramik, dengan kata lain lantai SPC ini terkesan tidak begitu nyaman digunakan. 

Lantai laminated merupakan jenis lantai yang cukup nyaman karena memiliki sipat kontras dengan kondisi ruangan, meskipun terdapat minus seperti lantai ini kadang berisik ketika kita berjalan di atasnya.

baca selengkapnya : Lantai kayu Laminted : Karakteristik, Plus minus & Harga per meter

Sementara itu, lantai kayu solid merupakan jenis lantai paling nyaman karena terbuat dari kayu yang memiliki sipat kontras dengan kondisi ruangan sehingga ketika kondisi ruangan sedang panas maka lantai akan terasa sejuk dan ketika kondisi cuaca sedang dingin maka lantai akan terasa hangat.

3. Estetik

Sebetulnya untuk menilai estetik tidaknya suatu lantai itu tergantung individu dan pilihan pemilik hunian dan kami tidak bisa memaksakannya. 

Untuk lantai vinyl, laminated dan SPC memiliki tingkat estetis yang sama karena corak-corak yang digunakan pada ketiga jenis lantai ini adalah corak printing layer atau buatan.

Berbeda dengan lantai kayu solid yang memiliki penilaian sendiri karena corak-corak yang dihasilkan adalah corak alami dari kayu yang digunakan sehingga tidak hanya estetik, tetapi juga arsistik dan lebih natural.

4. Durabilitas

  • Lantai SPC memiliki durabilitas sangat tinggi karena bahan dasarnya dari batu.
  • Lantai Vinyl memiliki durabilitas yang lumayan baik meskipun tidak sebaik lantai SPC
  • Lantai laminated memiliki durabilitas yang rendah karena terbuat dari serbuk kayu
  • Lantai kayu solid memiliki durabilitas cukup baik karena kayu yang digunakan biasa memiliki tingkat keras dan awet tinggi meskipun tidak sebaik durabilitas yang dimiliki lantai SPC

5. Tingkat tahan rayap dan anti air
lantai SPC tahan air

Lantai SPC dan lantai Vinyl merupakan dua jenis lantai yang tidak memiliki bahan baku kayu sedikitpun sehingga anti rayap dan tahan terhadap kelembaban. Lantai SPC dan Vinyl sangat di rekomendasikan di pasang di tempat-tempat yang sedikit lembab.

Untuk lantai kayu solid dan laminated, kedua jenis lantai ini merupakan jenis lantai yang kurang begitu tahan kelembaban. Meskipun demikian, pada beberapa produk sudah di klaim tahan terhadap serangan rayap. Hal ini memang menjadi kosekuensi sendiri ketika kita memutuskan untuk menggunakan lantai kayu pada hunian.

6. Pemasangan
perbandingan cara pasang Lantai SPC vinyl dan lantai kayu solid

Lantai SPC didesain agar lebih mudah di pasang dengan fitur pengunci tiap sisi lembaran lantai yang akan membuat lantai SPC lebih kokoh. Lantai SPC juga tidak memerlukan Lem yang banyak sebagaimana Vinyl sehingga akan lebih aman bagi kesehatan.

Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang paling mudah di pasang karena tanpa hadirnya pengunci dibagian samping lantai membuat lantai vinyl bisa dipasang secara langsung tanpa harus mengatur bagian lidah penguncinya terlebih dahulu.. Meskipun dalam pemasangannya kita harus menggunakan lem.

Note.

Ada juga jenis lantai vinyl yang tidak menggunakan lem, yaitu vinyl stiker, namun kami tidak merekomendasikannya.

Secara teknik pasang, Lantai kayu laminated merupakan jenis lantai yang mirip-mirip dengan Lantai SPC karena dilengkapi dengan pengunci dan tidak pula memperlukan lem. Pemasangan lantai laminated harus menggunakan underlayer foam sebagai alasnya agar lantai laminated tidak mudah bergeser dan menjad peredam suara ketukan pada saat kita melangkah di atasnya.

lihat langsung : Pasang Lantai Laminated itu mudah. Begini Prosedurnya

Terakhir, lantai kayu solid merupakan jenis lantai yang terbilang sangat sulit di pasang karena banyak tahapan yang harus dilalui juga tidak sembarang orang bisa memasang lantai kayu solid sehingga jika anda ingin menggunakan lantai kayu solid, kami rekomendasikan untuk memesan beserta tenaga pasangnya. Umumnya toko lantai kayu solid menyediakan juga tenaga pemasangannya seperti rajawaliparket.com

7. Harga

  • Lantai SPC merupakan jenis lantai yang memiliki durabilitas yang baik. Meskipun demikian, lantai SPC ini di bandrol dengan harga yang cukup mahal bahkan harganya sama dengan lantai kayu solid.
  • Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang memiliki harga terbilang cukup murah karena bahan dasarnya PVC adalah jenis bahan yang masih melimpah dan mudah ditemukan
  • Lantai laminated juga sama halnya dengan lantai vinyl. Karena bahannya cukup banyak dtemukan di pasaran, harga dari lantai laminated ini terbilang cukup terjangkau
  • Lantai kayu solid merupakan jenis lantai yang memiliki harga yang tinggi. Tetapi hal ini masuk akal juga karena bahan lantai kayu solid adalah jenis kayu-kayu berkualitas seperti jati, Merbau dan ulin yang memiliki harga yang tinggi.

Mana yang lebih baik ? 

Diantara keempat jenis lantai alternatif pengganti lantai keramik ini masing-masing diantaranya memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. 

Mengenal lantai SPC kekurangan kelebihannya

Lantai SPC memiliki durabilitas paling tinggi diantara jenis lantai lainnya Karena berbahan dasar stone (batu), tahan terhadap serangan rayap dan juga tidak muai susut. Akan tetapi karena terbuat dari batu membuat lantai ini memiliki feel yang tidak jauh berbeda dengan lantai keramik, bedanya Cuma Nat nya tidak terlihat dan secara tampilan lebih mirip lantai kayu.

Sedangkan lantai Vinyl memiliki keunggulan dari segi harga yang lebih murah dibandingkan jenis lantai lainnya, meskipun demikian, lantai vinyl kurang nyaman digunakan, bahkan mengandung VOC (Volatile organic compounds) yang kurang baik untuk kesehatan.

Lantai laminated merupakan jenis lantai kayu yang memiliki harga murah dan mudah dipasang sebagai alternatif pengganti lantai kayu solid. Karena terbuat dari kayu, feel nyaman dan daya kontras dengan ruangan pada lantai ini masih bisa dirasakan.

Meskipun demikian, lantai ini cenderung kurang tahan air dan serangan rayap serta masih memiliki sipat susut muai sehingga dalam pemasangannya, pada bagian dekat dinding harus diberi jarak sekitar 2-3 mm sebagai tempat kayu memuai.

Lantai kayu solid memiliki keunggulan dari corak kayu yang lebih alami langsung dari kayu, keawetan yang cukup baik serta kesan nyaman pada hunian karena feel kayu yang memiliki sipat kontras dengan suhu ruangan, empuk ketika digunakan dan baik untuk kesehatan karena mengandung ion negatif. Dapatkan info lengkap : Manfaat lantai kayu bagi penghuni rumah

Tetapi kadang untuk mendapatkan lantai kayu solid ini, kita harus menyiapkan budget yang lebih banyak karena baik dari biaya material dan pemasangan memerlukan ongkos yang tidak sedikit.

 

Perbandingan SPC Vinyl Laminated Solid
Bahan dasar
Batu & PVC
PVC
Serbuk kayu
kayu utuh
Kenyamanan
⭐⭐
⭐⭐
⭐⭐⭐⭐ ⭐⭐⭐⭐⭐
Estetik
⭐⭐⭐
⭐⭐⭐
⭐⭐⭐ ⭐⭐⭐⭐⭐
Durabilitas
⭐⭐⭐⭐⭐
⭐⭐⭐
⭐⭐
⭐⭐⭐⭐
tahan air & rayap
⭐⭐⭐⭐⭐
⭐⭐⭐⭐
⭐⭐
⭐⭐⭐
Pemasangan
⭐⭐⭐⭐ ⭐⭐⭐⭐⭐ ⭐⭐⭐⭐ ⭐⭐
harga
⭐⭐ ⭐⭐⭐⭐⭐ ⭐⭐⭐⭐⭐ ⭐⭐

Kesimpulan

Jika kita melihat tabel diatas, terlihat masing-masing lantai memiliki kelemahan dan keunggulannya tersendiri, maka sesuaikan saja mana kira-kira jenis lantai yang sesuai selera anda. Bagi anda yang menginginkan kesan nyaman, menyehatkan dan beresetika tinggi, pilihlah lantai kayu solid.

Namun jika anda ingin menggunakan lantai yang kuat, tidak mudah tergores namun masih memiliki motif kayu, bisa menggunakan lantai SPC. Dan, jika anda ingin memasang lantai yang mudah di pasang dengan harga murah, Vinyl dan laminated bisa menjadi solusi.

Terimakasih telah menyimak pembahasan kali ini mengenai lantai SPC dan perbandingnnya. Bagi anda yang menyukai konten seperti ini, jangan lupa share dan bagi anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai lantai kayu, bisa langsung menghubungi marketing kami.

BLANTERLANDINGv101
Produk kami

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang