MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Kualitas Kayu Mahoni berserta Kelebihan dan Manfaat Terbaru

Pernah Mendengar Pohon Mahoni? Teranyata kayu mahoni memiliki beragam keunggula…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Kualitas Kayu Mahoni berserta Kelebihan dan Manfaat Terbaru

Kamis, 22 Juni 2023

Kualitas Kayu Mahoni

Kualias Kayu Mahoni
- Material Kayu tentunya tidak akan pernah turun dari penggunaannya sebagai material bangunan, terlebih kayu dapat digunakan sebagai penompang kontruksi bahkan sebagai furniture dan material interior. 

Material kayupun sangatlah cocok jika digunakan dengan beragam karakter gaya bangunan. Di indonesia sendiri, jenis kayu terkenal sangat beragam dan memiliki banyak keunggulanya masing-masing.

Salah satu jenis kayu yang populer saat ini yaitu Kayu Mahoni, pernah mendengar kayu satu ini? tentunya sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan jenis kayu cerah yang memiliki serat unik dan kuat.

Terlebih kualitas kayu mahoni sering dimanfaatkan sebagai material furniture dan bangunan, hal tersebut tentunya dikarenakan kualitas dan kelebihan kayu satu ini.'

Untuk mengenal kayu mahoni lebih rinci, berikut beberapa informasinya : 

Mengenal Pohon Mahoni 

Kualitas Kayu Mahoni

Sebelum Anda mengenal kayu mahoni dari karakteristik dan manfaatnya,  Anda perlu mengenal beberapa informasi menarik mengenai pohon satu ini. 

kayu mahoni merupakan kayu yang berasal dari pohon Mahonia atau nama latinnya Swietenia mahagoni, Pohon satu ini memiliki ciri khas yaitu memiliki bunga yang unik. 

Manfaat Buah Mahoni

Pada usia tertentu, pohon mahoni menghasilkan buah mahoni yang memiliki bentuk seperti Bola Rugby, bahkan ketika usia pohon tua, buah tersebut mulai mekar dengan memperlihatkan biji buah yang tersusun rapih.

Biasanya biji tersebut sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk beberapa jenis penyakit. Walau rasa dari biji mahoni pahit, namun biji buah tersebut dipercaya dapat menyembuhkan. 

Asal Pohon Mahoni

Pohon Mahoni merupakan tanaman yang masuk kedalam tanaman cepat sekali tumbuh, pohon ini merupakan keluarga Meliaceae yang meliputi 50 generasi dan 550 jenis spesies tanaman kayu. 

Pohon mahoni asal hindia

Meskipun pohon mahoni sangat populer, dan banyak diproduksi di indonesia, ternyata pohon mahoni berasal dari daerah Barat. 

Kualitas kayu mahoni yang unggul membuat para produsen di indonesia berbondong bondong untuk menanam dan mengembangkan jenis kayu satu ini, hal itu dikarenakan daya jual kayu yang sangat tinggi. 

Ciri dan Karakteristik Kayu Mahoni

Kualitas Kayu Mahoni

Setelah Anda mengenal Pohon dari Kayu Mahoni, selanjutnya Anda perlu mengenal karakteristik dari kayu satu ini untuk kebutuhan Hunian dan furniture, untuk itu simak urainnya berikut : 

Tampilan 

Dari Segi warna, kayu mahoni memiliki warna merah kecoklatan dengan serat lurus berwarna hitam, Terlebih kayu mahoni memiliki tekrstur halus, serta jenis kayu mudah dibentuk. Dengan inilah kayu mahoni banyak digunakan untuk material furniture.

Tingkat Keras Kayu Mahoni

Jika soal kualitas kayu mahoni, mungkin kayu satu ini tidak perlu diragukan lagi, hal ini dikarenakan kayu mahoni termasuk jenis kayu berkualitas baik.  Bahkan kayu mahoni termasuk kayu kelas kuat II dan Kelas awet III. 

Tingkatan tersebut sangatlah tinggi, karena daya tahan kayu mahoni yang stabil, membuat kayu mahoni tidak mudah mengalami penyusutan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya. 

Bagaimana sudah mengenal kayu mahoni? tentunya tak hanya memiliki tampilan dan kualitas yang bagus, kayu satu inipun bisa dibuat untuk berbagai manfaat, diantaranya : 

Manfaat Kayu Mahoni 

Tentunya, dengan tingkat keras dan kualitas warna yang unggul, membuat kualitas kayu mahoni banyak dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan. 

Umumnya, Manfaat kayu mahoni yang mudah dibentuk ini, biasanya digunakan sebagai material produk furniture, meubel, perkakas, patung ukiran, serta pelapis kayu berkualitas tinggi. 

Tentunya, penggunaan sebagai furniture dan material interior lainnya menghasilkan beberapa kelebihan yang bisa Anda rasakan. Sudah tahu apa saja kelebihanya? yuk simak uraiannya : 

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Mahoni

Kualitas Kayu Mahoni

Kelebihan Kayu Mahoni

  • Jenis kayu serat halus, Kualitas kayu mahoni yang unggul, yaitu terdapat pada seratnya yang halus, sehingga penggunaannya sebagai furniture akan menampilkan kesan natural dan terasa mewah untuk Hunian.

  • Daya tahan Tinggi, selanjuntya kayu mahoni tidak mudah mengalami penyusutan atau penuaian, bahkan hingga puluhan tahun. Dengan ini, kayu mahoni bisa digunakan sebagai bahan pembuatan gitar

  • Jenis kayu Mudah dibentuk, permukaannya yang halus membuat kayu mahoni sangat mudah dibentuk, sehingga kayu mahoni banyak digunakan sebagai bahan pembuatan patung, atau alat
    musik dengan Mudah.

  • Kandungan Minyak Rendah, kelebih selanjutnya terdapat pada kandungan minyak kayu yang tergolong rendah, dengan kelebihan ini membuat kayu mahoni terbebas dari noda kuning dan mudah kering.

  • Harga Kayu eknomis, Jenis kayu Murah, jika dibandingkan dengan Kayu furniture lainnya, kayu mahoni termasuk kayu unggul dengan harga yang ekonomis, tentunya hal ini membuat kayu mahoni sangat laku dipasaran
Tentunya, jenis kayu terbaik ini memiliki kelemahan pada kayunya, hal ini sangatlah wajar karena tidak ada kayu sempurna lainya. 

Bahkan kayu ulin jenis kayu paling terbaikpun memiliki kelemahan. Untuk itu yuk simak informasinya berikut : 

Kelemahan Kayu Mahoni

  • Tidak kuat hama rayap, walaupun kualitas kayu mahoni tinggi, namun kayu satu ini tidak kuat terhadap hama rayap, namun Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan lapisan anti rayap.

  • Jamur muncul pada area outdoor, jika kayu mahoni ditempatkan di tempat lembab, maka kemungkinan besar kayu mahoni akan berjamur dengan cepat, untuk itu kami sarankan untuk digunakan diarea indoor

Sudah lebih mengenal kayu mahoni?  tentunya masih ada berbagai informasi menarik yang bisa diketahui, salah satunya beberapa produk kayu mahoni paling laku, diantaranya : 

Produk dan Manfaat Kayu Mahoni

Kualitas Kayu Mahoni

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kualitas kayu mahoni menghasilkan beragam manfaat, namun kira-kira produk apa saja yang dihasilkan dari kayu mahoni? Yuk simak informasinya berikut : 

Furnitur kayu Mahoni

Salah satu produk terbaik dari kayu mahoni yaitu pemanfaatannya sebagai material furniture, beberapa furniture dipasaran dengan material kayu mahoni sangatlah laris dan banyak terjual. 


Biasanya Anda akan mendapatkan produk furniture seperti Kursi, meja dan lemari bahkan furniture makanan seperti mangkok piring. Warna yang khas membuat kayu mahoni sangatlah bernilai tinggi.

Obat Biji Kayu Mahoni

Salah satu produk lainnya, yaitu pemanfaatannya sebagai obat, beberapa artikel menyebutkan bahwa biji mahoni dapat menurunkan kolesterol total, kolestrerol jahat, bahkan dapat menurunkan lemak. 

Dengan khasiat ini, membuat orang yang memiliki penyakit kordiovaskular, sperti jantung dan serang stroker akan berkurang. Untuk itu, biji Mahoni banyak dijadikan bahan obat-obatan terbaik.

Jadi, sudah mengenal kayu mahoni? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang