MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Perbedaan Plafon Gypsum dan PVC, ketahui sebelum tahu bedanya!

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Perbedaan Plafon Gypsum dan PVC, ketahui sebelum tahu bedanya!

Rabu, 29 November 2023

plafon PVC

Perbedaan Plafon PVC dan Gypsum  -Plafon memegang peranan penting dalam dekorasi rumah, tidak hanya sebagai pelindung ruangan tetapi juga sebagai elemen penambah estetika bangunan. 

Oleh karena itu, pemilihan jenis plafon perlu memperhatikan kualitas dan tampilannya agar tetap menarik dan awet selama bertahun-tahun tanpa terlihat monoton.

Di era modern ini, terdapat berbagai jenis material penutup langit-langit ruangan, termasuk plafon kayu, gypsum, GRC, PVC, triplek, dan metal. 

Masyarakat Indonesia umumnya lebih memilih plafon berbahan gypsum dan PVC karena dianggap lebih ekonomis, memiliki motif menarik, dan cukup tahan lama

Berikut adalah perbandingan antara beberapa jenis plafon yang umum digunakan

Apa itu Plafon Gypsum 

Plafon Gypsum

Plafon gypsum merupakan penutup atap yang terbuat dari bahan mineral, diambil dari batuan sedimen, dengan kandungan kalsium yang tinggi. 

Produk ini umumnya tersedia dalam bentuk panel berukuran 120 x 240 cm dengan ketebalan berkisar antara 9 mm hingga 15 mm. 

Meskipun ukuran standar ini banyak ditemui di pasaran, plafon gypsum secara umum dapat ditemukan dalam berbagai ukuran dan pola yang dapat disesuaikan dengan bangunan dan desain ruangan.

Kelebihan plafon gypsum termasuk kemudahan aplikasi dan seringkali menjadi alternatif unggulan karena harganya yang terjangkau.

 Di pasaran atau toko bangunan, plafon gypsum dapat ditemukan dalam berbagai variasi desain dan tekstur, memberikan fleksibilitas tambahan dalam memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera estetika.

Penting untuk memahami bahwa plafon gypsum memiliki karakteristik yang memudahkan proses pemasangan dan penyesuaian, membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk penutup plafon di berbagai jenis hunian. 

Jika Anda memiliki preferensi tertentu terkait ukuran atau desain, memesan langsung dari produsen plafon gypsum dapat menjadi opsi yang baik untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan spesifik ruangan atau bangunan Anda.

Kelebihan Plafon Gypsum

Plafon gypsum memunculkan berbagai keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan populer sebagai penutup langit-langit ruangan, terutama dalam konteks rumah minimalis modern yang diidamkan banyak keluarga. 

Kelebihannya termasuk kemampuan menyerap rembesan air, memberikan perlindungan terhadap suhu panas, dan kesan sejuk dalam ruangan. Selain itu, plafon gypsum mudah dipasang, menyajikan desain yang rapi, bersih, dan estetis, serta menawarkan harga yang terjangkau. 

Kelebihan lainnya adalah kemampuannya untuk diperbaiki dengan mudah jika terjadi kerusakan, memberikan solusi praktis dan efisien. 

Kekurangan Plafon Gypsum

Namun, perlu dicatat bahwa plafon gypsum memiliki kekurangan, seperti kurang tahan terhadap suhu lembab, ketidakmampuannya menahan air secara langsung, serta rentan terhadap kerusakan akibat guncangan atau benturan. 

Meski demikian, dengan perawatan berkala, plafon gypsum tetap menjadi pilihan yang menarik dalam menciptakan tampilan interior yang modern dan estetis.

Apa itu Plafon PVC

plafon PVC

Plafon PVC (Poli Vinyl Chloride) menjadi salah satu pilihan unggulan sebagai penutup atap berbahan termoplastik yang elastis, sering digunakan dalam berbagai jenis bangunan modern. 

Mulai dari perhotelan, perkantoran, rumah sakit, aula, villa hingga rumah tinggal. Kelebihan dan kekurangan plafon PVC membuatnya diminati sebagai solusi praktis dalam dekorasi interior.

Kelebihan dari plafon PVC meliputi kemudahan pemasangan dengan sistem knock-down atau bongkar pasang yang memanfaatkan bobot ringan. Proses instalasinya relatif mudah, membuatnya menjadi pilihan populer di berbagai jenis ruangan. 

Keunikan lainnya terletak pada beragam desain dan motif yang ditawarkan, termasuk motif kayu putih, dan pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan desain ruangan.

PVC plafon juga menjadi pilihan yang ekonomis, dengan harga yang terjangkau dan ketersediaan dalam berbagai ukuran lembaran dan hitungan per meter. Hal ini membuatnya menjadi solusi alternatif yang menarik bagi banyak pengguna yang mencari penutup langit-langit yang estetis dan terjangkau.

Meskipun demikian, beberapa kekurangan perlu diperhatikan, seperti sifat elastis yang membuatnya rentan terhadap kerusakan fisik, dan kurangnya daya tahan terhadap suhu panas ekstrem.

Kelebihan Plafon PVC

Plafon PVC (Poli Vinyl Chloride) menonjol dengan sejumlah keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan menarik sebagai penutup langit-langit ruangan. 

Kelebihannya antara lain ketahanan terhadap kebocoran dan serangan rayap, bobot yang ringan, ketersediaan dalam beragam pilihan warna atau motif, kemudahan dalam instalasi pemasangan, serta kemudahan perawatan. 

Baca Juga : 6 Perbandingan Plafon Gypsum dan Kayu! Mana yang harus dipilih?

Selain itu, plafon PVC juga menawarkan keunggulan dari segi harga yang terjangkau, menjadikannya solusi ekonomis untuk dekorasi interior.

 Kekurangan Plafon PVC

Namun, seperti halnya semua material, plafon PVC juga memiliki beberapa kelemahan. Pemasangan memerlukan lem perekat khusus, dan bahan PVC sulit didaur ulang, menyiratkan dampak lingkungan yang perlu diperhatikan. 

Selain itu, plafon PVC kurang cocok diaplikasikan pada area lembab dan tidak terlalu kuat menahan suhu panas ekstrem.

Plafon Gypsum dan Plafon PVC memiliki perbedaan signifikan dalam komposisi bahan dan karakteristiknya.

Perbedaan Plafon Gypsum dan Plafon PVC

Plafon Gypsum

  1. Terbuat dari bahan batuan sedimen yang kuat.
  2. Mudah dibentuk, memungkinkan aplikasi dalam desain plafon unik seperti kubah, bertingkat, dan lain-lain.
  3. Instalasi pemasangan menggunakan rangka besi hollow (berongga) dan rangka kayu.
  4. Kurang tahan terhadap air; kebocoran dapat meninggalkan bekas dan berisiko merusak plafon.
  5. Dapat diperbaiki jika terjadi kerusakan tanpa perlu mengganti seluruh lembaran plafon, cukup dengan dempul pada bagian yang rusak.

Plafon PVC

  1. Terbuat dari polimer termoplastik.
  2. Material bersifat lentur dan berbobot ringan, memudahkan penerapan.
  3. Memerlukan lebih banyak rangka, lem perekat khusus, dan sambungan dapat terlihat jelas.
  4. Kurang tahan terhadap suhu panas, terutama jika terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama.
  5. Sulit diperbaiki; jika terjadi kerusakan seperti retak atau pecah, biasanya perlu diganti.

Kedua jenis plafon ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Plafon Gypsum cocok untuk desain yang unik dan memiliki daya tahan yang baik. 

Sementara Plafon PVC lebih mudah diterapkan tetapi kurang tahan terhadap suhu panas. Pemilihan antara keduanya sebaiknya didasarkan pada kebutuhan dan preferensi desain tertentu.

Jadi, Sudah tahu plafon keduanya?




BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang