MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Ukuran Amplas dan Seberapa Halus dan Kasarnya

Ingin membeli amplas, tapi bingung ukuran berapa? yuk Ketahui Disini!

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Ukuran Amplas dan Seberapa Halus dan Kasarnya

Jumat, 17 Maret 2023

Ukuran amplas

Ukuran Amplas - Proses penghalusan pada material kayu tentunya sangat penting, agar permukaan kayu menjadi halus dan tidak berbahaya. Terkadang beberapa jenis kayu memiliki tekstur kayu yang kasar, sehingga akan terasa kesat dan perih saat tergores. 

Amplas, menjadi salah satu alat atau material yang mampu menghaluskan material kayu hingga paling lembut, penggunaan amplas tentunya sangat penting untuk mempermudah finishing kayu menjadi lebih rapih dan bagus. 

Secara umum, proses pengalampasan dilakukan secara manual hand tool atau menggunakan mesin, sehingga pemilihan jenis amplas harus disesuaikan dengan cara aplikasi dan tingkat halus yang dibutuhkan. 

Maka untuk mengenal jenis dan ukuran hingga  level halus yang dibutuhkan, yuk untuk mengengenal jenis amplas dan ukuran amplas tersendiri, antara lain :

Apa itu Amplas

Ukuran amplas

Pada Dasarnya, Amplas atau amril merupakan sautu alat kerja yang terbuat dari kertas atau kain dengan tambahan material kasar seperti butiran pasir atau kaca. 

Dimana fungsi amplas sendiri sebagai kain kasar yang menghaluskan berbagai benda antara kayu atau besi. Amplas tersedia dengan ukuran halus dari P40 hingga P800, untuk lebih mengetahui jenis, ukuran amplas dan tingkat lembut dan kasarnya, yuk ketahui berikut :

Jenis Amplas

Tak hanya digunakan sebagai alat atau bahan penghalus kayu saja, amplaspun terbagi menjadi 4 jenis yang difungsikan untuk beberapa material, seperti : 
  1. Amplas Kayu : Jenis Amplas kayu memiliki bentuk roll kain berbahan alumunium oxide, amplas kayu dibagi menjadi 3 jenis, yakni amplas kering, amplas air, hingga amplas finishing. 

  2. Amplas Besi : Jenis Amplas besi memiliki tekstur agak keras, dimana amplas besi terbuat dari bahan silicon carbide, bahkan amplas berbahan silicon carbide bisa diaplikasi dengan menggunakan air, untuk mengurangi partikel serbuk saat pengamplasan.

  3. Amplas Tembok : Amplas ini terbuat dari alumunium oxide, dimana amplas dinding lebih murang ketimbang amplas Besin dan kayu, penggunaan amplas dinding untuk meratakan sebelum dilakukan pengecetan. 

Ukuran Amplas 

Ukuran amplas

Berikut 10 Ukuran amplas yang paling digunakan, dengan variasi dan tingkat kehalusannya, Antara lain:

1. Amplas P40 - P60

Ukuran Amplas P40 - P60 merupakan amplas dengan tingkat permukaan yang paling kasar, jenis amplas tipe ini digunakan untuk kayu dengan permukaan yang kasar. 

Biasanya ukuran amplas P40-60 digunakan untuk menghilangkan cat yang menempel, permukaan kasar kayu, hingga meratakan permukaan, atau jenis amplas P40-60 menjadi ukuran paling awal digunakan.

2. Amplas P80

Ukuran Amplas berikutnya yakni p80 dimana amplas ini memiliki fungsi untuk kayu yang keras seperti Meranti, kamper dan lainnya. Amplas ukuran p80 dapat digunakan untuk memperbaiki permukaan atau menghaluskan permukaan yang tergores. 

Contohnya untuk menghaluskan bekas paku, gergaji atau sebagainya, namun jika bekas paku terlihat mencolok maka tambal dengan dempul lalu amplas dengan P40 hingga p80. 

3, Amplas P100 - P120

Ukuran Amplas berikutnya sangat direkomendasikan untuk digunakan setelah menggunakan amplas P80 sebelumnya, hal tersebut bertujuan untuk melakukan penghalusan yang lebih. 

Sebelum material kayu dilakukan pengecetan, tetapi jika kayu masih terasa kasar dan belum terlalu halus, maka gunakan P180 untuk berikut. 

4. Amplas P180

Selanjutnya untuk ukuran Amplas P180 yang dijelaskan diatas, dimana ukuran p180 memiliki fungsi untuk menghaluskan permukaan agar lebih halus lagi sebelum dilakukan finishing pengecetan.  

Selain itu, ukuran amplas p180 digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu yang memiliki serat kecil dari permukaannya. Jika Anda memiliki material kayu yang perlu dilakukan finishing ulang, maka ukuran amplas ini sangat cocok untuk digunakan.
Amplas P240

5. Amplas P240

Amplas ukuran p240 sangat diunggulkan untuk melakukan finihsing lebih halus, sehingga tidak memerlukan venner atau lapisan menutup serat kayu. 

Karena hamplas ini akan mendapatkan permukaan yang sangat halus tanpa menghilangkan corak dan serat, bahkan ukuran p240 ini kalian bisa melindungi lapisan kayu dengan lapisan minyak, atau biasa dengan oil finihsing atau finishing minyak, sehingga tekstur kayu setelahnya terlihat padat dan jelas.

6. Amplas P320

Selanjutnya untuk ukuran amplas p320 digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu seetelah menggunakan p240 sebelumnya, jenis amplas ini kerap digunakan untuk penggunaan vernish sebagai finishing akhir kayu karena tidak menghilangkan motif dan tekstur kayu

7. Amplas P400

Jika ditanya mana yang paling unggul dalam menyelesaikan pengerjaan penghalusan maka P320 sangat direkomendasikan, sehingga amplas ukuran p400 jarang digunakan, bahkan tidak direkomendasikan.

Jadi ukuran amplas ini hanya difokuskan untuk menghaluskan lapisan poliuretan, poliuretan sendiri merupakan zat polymeric material yang menghandung urethane.

8. Amplas P800

Amplas terakhir yang digunakan sebagai finishing paling akhir yakni amplas ukuran p800, dimana amplas ini berfungsi untuk menghaluskan kayu tanpa merusak bentuk tetap dapat menghaluskan dan melembutkan permukaannya. 

jenis amplas diatas, tak hanya digunakan pada kayu saja ya, melainkan untuk besin dan dinding juga bisa, walauapun demikian, gunakan ukuran yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Jadi, sudah tahu ukuran amplas kayu? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang