MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Fungsi Lain Decking Kayu Selain Lantai Outdoor

Selain Lantai Outdoor, Decking coco untuk apa? untuk Mengenal Fungsi Decking, y…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Fungsi Lain Decking Kayu Selain Lantai Outdoor

Kamis, 15 Juni 2023
Fungsi Decking

Fungsi Decking - Decking kayu atau yang biasa digunakan untuk area luar ruangan ini merupakan material berbahan dasar Kayu Solid, dimana Decking kayu pada umumnya digunakan untuk mempercantik area pija taman, teras, balkon, hingga pijakan jembatan. 

Tak hanya kualitas dan tingkat awet yang tinggi, Decking kayu digunakan karena memiliki warna indah, natural, sehingga mampu menambah kesan estetik dan nyaman pada area luar ruangan. 

Namun, pada saat ini, para kontruktor atau arsitektur, menggunaan decking kayu untuk beberapa fungsi, sebagai hiasan atau element beberapa eksterior untuk menampilkan kesan yang lebih indah. 

Lalu, kira-kira apa saja fungsi decking kayu? dan Apa alasannya? untuk lebih mengenal fungsi lain pada bangunan, simak ulasannya berikut : 

Fungsi Decking Selain Lantai Kayu

Seperti yang dibahas diatas, dimana penggunaan Decking tak hanya digunakan untuk area pijakan saja, melainkan masih banyak fungsi decking lainnya. Apa saja? berikut uraiannya : 

1. Decking Pagar

Fungsi Decking

Pagar merupakan salah satu struktur hunian yang berfungsi sebagai pembatas atau pelindung hunian dari area lain. Sehingga fungsi decking kayu selain lantai kayu yakni untuk kebutuhan Pagar. 

Tak hanya memiliki tebal yang mampu melindungi privasi saja, tampilan deckingpun menjadi daya tarik tersendiri. 

Bahkan decking memiliki sifat kokoh dan awet, membuat decing kayu sangat direkomendasikan untuk fungsinya sebagai pagar, kombinasikan dengan panel besi untuk hasil yang lebih kuat. 

2. Decking Rooftop

Fungsi Decking

Fungsi decking berikutnya yakni sebagai material rooftop, dimana rooftop sendiri meruapakan area luar yang terletak diatas bangunan. Rooftop biasa digunakan sebagai tempat bersantay, hingga beraktifitas.
 
Bahkan, beberapa hunian kerap menggunakan area rooftop untuk dijadikan taman atau area pertanian, sehingga penggunaan decking kkayu sebagai area pijaknya sangat cocok. 

Tak hanya indah, decking kayu rooftop memberikan kenyamanan dan keamanan yang ekstra. Sehingga Decking kerap difungsikan sebagai lantai pijak rooftop. 

3. Pooldeck Kayu

Fungsi Decking

Karena memiliki ketahanan terhadap air yang tinggi, sehingga penggunaan decking kerap direkomendasikan untuk dijadikan pooldeck atau pijakan pinggiran kolam renang.

Penggunaan Decking sebagai pooldeck mampu menahan air agar tidak mengendap, hingga memberikan rasa aman, dan tidak licin, sehingga fungsi decking ini kerap direkomendasikan.  

Bahkan, beberapa pemilik hunian yang memiliki kolam renang dan pooldeck didasar kolamnya mampu menaikan harga property yang tinggi, sehingga lebih bernilai tinggi. 

Meskipun harga decking kayu dengan grade pool deck ini terbilang mahal, namun sebanding dengan kualitas yang diberikan.

4. Decking Dermaga

Fungsi Decking

Fungsi Decking lainnya yakni sebagai pijakan dermaga, beberapa jenis kayu decking memiliki ketahanan yang baik terhadap air laut, salah satunya jenis kayu ulin. 

Penggunaan decking untuk dermaga pastinya sangat direkomendasikan, tak hanya kuat air laut, atau kokoh terhadap ombak. 

Melainkan tampilan decking mampu menciptakan kesan dermaga yang mahal dan elegant, sehingga para penumpang akan aman, nyaman, dan terasa mewah saat melewati batas dermaga. 

5. Decking Balkon

Fungsi Decking

Sama halnya dengan Rooftop, decking untuk balkonpun menjadi fungsi lainnya, dimana balkon sendiri merupakan area hunian yang terletak pada luar ruangan. 

Biasanya balkon berada di area pertengahan bangunan, balkon kerap menggunakan railing atau pembatas untuk keamanan. 


Biasanya railing balkon digunakan dengan decking lho, karena bentuk decking yang tebal, dan warna yang solid, kerap menjadi daya tarik sendiri.  

Bahkan jika dikombinasikan dengan area pijaknya, maka balkon lebih sempurna untuk beraktifitas. Sehingga fungsi decking ini sangat direkomendasikan. 

6. Decking gazebo

Fungsi Decking

kerap dibuat sebagai area beristirahat yang nyaman pada hunian atau lokasi wisata, dimana gazebo dengan material kayu tentunya akan lebih bernilai lebih. 

Sebab kesan natural, dan hangat akan lebih terasa. fungsi decking kayu lain menjadi contoh utama untuk pembuatan gazebo yang lebih cantik, kuat dan kokoh.

7. Decking Pergola

Fungsi Decking

Pergola atau sebuah struktur terbuka yang terdiri dari pilar dan atap terbuka yang penggunaan terletak diluar rumah. Dimana, pergola memiliki fungsi untuk area bersantay, atau area teduh bagi pemilik hunian atau elemen dekoratif taman. 

Pergola seringkali dikombinasikan dengan tanaman hijau seperti dedaunan atau bunga, hal ini tentunya sangat jika kombinasi tersebut digabungkan dengan material decking atau kayu, tampilan akan lebih natural dan asri

Jadi, fungsi lain decking mana yang akan digunakan?

Namun sebelum menggunakan decking untuk fungsi diatas. Pastikan, Anda mengenal beberapa jenis decking terbaik yang bisa dipilih, berikut uraiannya : 

Rekomendasi Decking Kuat dan Anti Air

Berikut beberapa produk decking yang direkomendasikan dengan tingkat kuat dan awet yang tinggi, simak singkat produk terbainya :

  1. Decking Ulin : Memiliki tingkat awet dan keras paling tinggi diantara jenis decking lainnya, menjadi daya tarik tersendiri, bahkan decking ulin sangat diunggulkan untuk kontruksi apapun

  2. Decking Bengkirai : Tampil menawan dengan warna yang cerah dan tingkat awet yang cukup, sehingga decking bengkirai bisa menjadi alternatif decking dengan harga yang ekonomis. 

  3. Decking Keruing : Memiliki tampilan seperti Kayu Jati, decking satu ini jadi unggulan untuk dipilih saat mencari lantai outdoor dengan tampilan seperti Kayu Jati. 

  4. Decking Merbau : Walaupun kerap mengeluarkan minyak alami saat pemasangan, namun warna khas, dan tingkat kuat serta harga ekonomis kerap menjadi pilihan terbaik decking satu ini. 

Jadi, Tertarik menggunakan Decking jenis apa? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang