MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

6 Jenis Material Peredam Suara dari yang Bagus hingga Jelek

Luar ruangan berisik? yuk gunakan 6 Material peredam suara Terbaik! Kira-kira m…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

6 Jenis Material Peredam Suara dari yang Bagus hingga Jelek

Kamis, 02 Februari 2023

material peredam suara

Material Peredam Suara
- Suara bising kerap membuat kita tidak nyaman jika berada diluar ruangan, tentunya hal tersebut jika didiamkan akan menjadi masalah yang terus mengganggu. 

Banyaknya penyebab hal tersebut terjadi, diantaranya seperti kontruksi rumah yang ringan, denah lantai yang terbuka, hingga banyak mesin bising diluar rumah. 

Dapatkan! Produk Lambersering atap dan dinding Kayu Solid Dengan Harga Termurah

Belum lagi, suara bising tetangga yang ribut atau area yang dekat dengan kondangan. Tapi tenang, ada banyak cara untuk mengatasinya, salah satunya dengan menggunakan material peredam suara. 

Pemilihan material yang tepat perlu kamu lakukan, sebab banyak jenis peredam yang memiliki kualitas yang buruk. Untuk itu, sebelum memilih peredam suara, yuk simak jenis material peredam suara terbaik, berikut :

6 Jenis Material Peredam Suara Terekomendasi

Berikut beberapa material peredam suara yang paling banyak digunakan dan direkomendasi untuk ruangan atau bangunan privasi lainnya, antara lain : 

1. Material Glasswol

material peredam suara

Material Glasswol merupakan material peredam suara yang cukup populer dibeberapa kalangan kontruksi, bahan ini memiliki bentuk rol, dengan panjang sekitar 30m dengan ketebalan 2,5 cm - 5 cm.

Meski banyak digunakan, nyata material ini tidak bisa digunakan disetiap tempat, terutama pada ruangan studio, yang memantulkan getaran serta suara cukup keras. 

Material Glaswool terbuat dari fiberglass dengan tekstur seperti wool atau bulu domba. Funsgi glasswool digunakan untuk meredam suara atap atau panas pada bangunan, bahkan beberapa montir kerap menggunakan material glasswool sebagai peredam knalpot.

2. Peredam Rockwool

material peredam suara

jika peredam glasswol tidak efektif untuk kebutuhan ruangan rumah, namun material rockwool ini bisa menjadi alternatif penggantinya. 

Bahannyapun relatif lebih tebal dari pada gloswool, apalagi peredam suara rockwool mampu meredam cukup besar, bahkan mencapai 100 desibel. 

Hal inilah yang membuat rockwool digunakan pada ruangan-ruangan khusus, Penggunaan ini biasa digunakan pada area area dinding.

3. Peredam Greenwool

material peredam suara

Salah satu peredam suara paling banyak dicari yakni peredam saura greenwool, dimana material ini terbuat dari bahan polyester fiber yang tahan terhadap air. 

Walaupun banyak dicari, namun peredam suara ini masih dalam pertimbangan, sebab bahan awal glasswool dan rockwool kurang baik terhadap kesehatan. 


Walaupun demikian, bahan tambahannya berupa polyster maka greenwool dinilai lebih aman dan tidak berbahaya. 

Penggunaan greenwool kerap digunakan dengan cara ditempel atau ditanam pada permukaan tembok. Sebagai saran, gunakan greenwool sebanyak dua lapis untuk meredam suara lebih maksimal.

4. Peredam Softboard

material peredam suaramaterial peredam suara

Peredam suara selanjutnya yang banyak digunakan, yakni peredam softboard. dimana peredam suara satu ini terbuat dari bahan serat polyester, dengan ketebalan mencapai 1,2 cm. 

Pada umumnya, softboard memiliki warna cokelat seperti kayu, penggunaan produk ini mampu meredam gema, dan menyerap ruangan yang berlebihan. 

Dalam pemasangannya, material softboard dibungkus dengan kain ataupun wallpaper peredam suara. 

5. Peredam Busa Telur

material peredam suara

Salah satu produk peredam suara yang paling banyak digunakan bagi beberapa content creator yakni Peredam busa terlur. 

Material busa telur memiliki bobot berat yang cukup ringan dengan pengaplikasian yang mudah, namun material ini tidak terlalu maksmial dalam meredam suara dengan frekuansi tinggi. 

Sebagai alternatif kamu bisa menggunakan produk peredam diatas, dan menggunakan lapisan busa telur sebagai tambahannya.

6. Peredam PET

material peredam suara

Salah satu Produk peredam terbaik yang bisa kamu gunakan yakni material PET atau polyethylene Terephthalate, dimana material peredam ini banyak digunakan oleh kebanyakan besar produser musik.

Sebab kemampuannya menyerap suara dan mengedapkan suara yang besar. Selain itu, material pet juga mampu dibentuk dengan mudah, dan disesuaikan dengan bentuk ruangan. 


Pemasangan peredam suarapun terhitung praktis, karena tidak memerlukan rangka. Instalasi pet pada permukaan dinding, langit-langit, dapat diapikasikan secara langsung hanya menggunakan alat perekat seperti paku, lem atau double tape.

7. Peredam Egg Tray

material peredam suara

Nah, untuk kamu yang ingin menggunakan peredam suara dengan budget yang minim dan material yang mudah, kamu bisa menggunakan Egg Try. 

Dimana, material satu ini terbuat dari serat serat kayu yang dibentuk, egg try merupakan wadah telur ayam yang disusun diarea dinding, sehingga mampu meninimalisir suara yang masuk 

Sesuai dengan budgetnya saja, dimana material egg try memiliki kekurangan dari segi tampilannya yang sedikit kotor, dan mampu meredam suara yang tidak terlalu halus. 

Jadi, kamu ingin menggunakan material peredam suara yang mana? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang