MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

7 Fakta dan Kualitas Bambu yang Jarang Dibahas! Ternyata ini kualitasnya.

Sebelum menggunakan Material bambu, kamu perlu mengenal beberapa kualitas dan f…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

7 Fakta dan Kualitas Bambu yang Jarang Dibahas! Ternyata ini kualitasnya.

Senin, 13 Februari 2023

Fata dan Kualitas Bambu

Fakta dan Kualitas Bambu - Penggunaan material berunsur alam, tentunya memiliki nilai tersendiri bagi sebuah bangunan, terkhususnya bangunan rumah tinggal. Kesan alami yang dihasilkan, membuat hunian semakin asri, nyaman, dan tenang. 

Tak melulu soal kayu, dimana banyak material alam yang memiliki kualitas tinggi dengan tampilan yang asik lho, salah satunya material bambu, pembudidayaan yang cepat, membuat material bambu menjadi material paling banyak digunakan

( Promo ) Harga Lantai Kayu Solid Bergaransi Se-Indonesia 2023

Salah satunya aksesoris dan furniture. Kualitas bambu yang bagus, dengan tampilan tegak hijau, mampu memberikan kesan apik dan natural. Terlebih kualitasnyapun tak kalah saing dengan material Kayu. 

Untuk lebih mengenal material bambu dari segi kualitas dan kelebihannya, pastikan kamu mengikuti informasi berikut hingga tuntas, diantaranya seperti : 

10 Fakta dan Kualitas Bambu

1. Bentuk dan Material Elastis

Fata dan Kualitas Bambu

Fakta menarik dari penggunaan bambu yakni, sifat elastis yang dihasilkannya. Sehingga penggunaan Bambu sering dimanfaatkan sebagai furniture rumah, karena mampu diolah diberbagai ukuran. 

Tak hanya sifatnya yang elastis, material bambupun sangat mudah untuk dibentuk, bahkan memiliki kekuatan yang baik dalam menahan beban tarik, geser, ataupun tekuk, sehingga banyak furniture anyaman menggunakan material bambu.

2. Material Aman Gempa

Fata dan Kualitas Bambu

Fakta menarik dari penggunaan material bambu yakni, ketahannya terhadap geseran, bahkan pemakaian bambu menjadi solusi untuk bangunan yang aman terhadap gempa. 

Hal ini Sumber internet yang dibuktikan dari beberapa hunian yang bertahan hingga 75-100 tahun sebagai struktur utamanya. Walau demikian, pemilihan jenis bambupun sangat berpengaruh bagi ketahannya.

3. Manfaat Material Bambu

Fata dan Kualitas Bambu

Dengan Karakter yang khas, dan bentuk batang yang elastis membuat penggunaan material bambu sangat bervariatif. 

Pastinya material kayu mampu menghasilkan nilai ekonomi yang cukup lho, salah satunya sebagai bahan industri pengganti kayu. 

Walaupun bambu tak sebagus kayu namun kualitasnya bisa dipergunakan untuk beberapa kebutuhan kontruksi, seperti bahan bangunan, bahan alat rumah tangga, kerajinan, kesenian dan lainnya.

Baca Juga : 7 Jenis Kayu Berkualitas Tinggi dan Produk Promonya

Penggunaan Material bambupun kerap menjadi bahan utama dalam beberapa kerajinan tangan, seperti atas rajut,kisi-kisi,wadah lampu, dan kebutuhan kerajinan lainnya.

4. Jenis Bambu Terbaik 

Fata dan Kualitas Bambu

Seperti yang dijelasan di nomer 2 dimana, pemakaian jenis bambu akan berpengaruh bagi beberapa aspek, seperti Ketahanan, keawetan ataupun perihal penampilannya.

Untuk lebih mengenal jenis bambu yang bisa kamu gunaan, berikut beberapa informasi singkatnya. antara lain : 
  • Bambu petung ( Batu ) : Jenis Bambu berdiamater 20 cm dan panjang 25 cm ini menjadi jenis paling tebal dibanding bambu lainnya, bambu ini termasuk kuat dan tahan lama, penggunaannya kerap digunakan untuk kebutuhan bahan kerajinan dan bangunan.

  • Bambu Hitam ( Pring Wulung ) : Jenis bambu berwarna hitam pekat, dengan diamater 14-20 cm dan panjang 20 m ini, kerap dipakai untuk kebutuhan insturmen musik, selain itu Penggunaanya cocok untuk Bahan kerajinan dan kontruksi.

  • Bambu Apus : Jenis Bambu dengan ukuran diamater 4-10 cm, panjang 45-65 cm, dengan tebal mencapai 6-13m, memiliki manfaat sebagai penghias hunian atau bahan perabotan, seperti gagang payung, dan dalam dunia kontruksi, jenis bambu apus jadi unggulan bahan reng atau skat.

  • Bambu Andong : Jenis bambu ini memiliki diamater 10-12 cm dan panjang 20 m, bambu ini kerap digunakan sebagai bahan kuda-kudaan, tiang penyangga, tiang pengecoran, dan kebutuhan bambu lainnya.

  • Bambu Ater ( Legi ) : Jenis bambu satu ini, memiliki ciri berwarna hijau dengan diamater 5-10 cm, dan tebal hingga 8 mm, panjangnyapun bisa tinggi mencapai 22m. Bambu ini, kerap digunakan sebagai ornamen interior, seperti partisi, penyekat ruangan dan lainnya.

5. Kelebihan Material Bambu

Berikut beberapa kelebihan dari penggunaan Material Bambu untuk Bangunan, kerajinan, dan kebutuhan lainnya, antara lain : 
  • Mudah Perawatan dan budidaya
  • Daya tahan cukup baik dan Awet
  • Harga relatif Murah dan Terjangkau
  • Kuat dan Kokoh
  • Memiliki Bobo yang Ringan
  • Lentur dan Mudah dibentuk
  • Memiliki tampilan Natural

6. Kelemahan Material Bambu

Berikut beberapa kelemahan atau kekurangan material bambu, untuk berjaga-jaga sebelum menggunakannya, antara lain :
  • Sulit dikombinasikan dengan Material Lain
  • Memerlukan Finishing khusus untuk kekuatannya
  • Tidak tahan air dan Api
  • Memiliki duri halus saat dipotong

7. Harga Bambu di Pasaran

Harga yang tersedia dipasaran tentunya akan berbeda-beda dan menyesuaikan dengan domsisili kamu saat ini, namun hasil riset bahwa harga bambu berkisar antara Rp 2000,-/batang hingga Rp 175.000,-/batang. 

Dimana harga akan semakin tinggi, dengan kualitas dan jenis yang kamu pilih. Maka dari itu, sebelum menggunaan bambu, ketahui jenis dan fungsi yang akan kamu gunakan. 

Jadi, masih tertari menggunakan Material Bambu? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang