MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

9 Fakta dan Ciri Rotan! Bahas Lengkap hingga Kerajinannya

Penasaran bedanya rotan dan bambu? Yuk ketahui ciri rotan dan Manfaatnya Disini

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

9 Fakta dan Ciri Rotan! Bahas Lengkap hingga Kerajinannya

Jumat, 06 Januari 2023

ciri ciri rotan

Ciri-ciri Rotan - Rotan menjadi salah satu komuditas terbesar yang dihasilkan oleh alam indonesia, Rotan sendiri menjadi sumber daya alam hutan non kayu yang banyak tumbuh di area hutan tropis. 

Rotan Sendiri merupakan sejenis tanaman palem yang tumbuhnya dengan cara merambat, yang bisa tumbuh mencapai 100 meter lebih. 

Rotan sendiri merupakan material yang memiliki nilai jual tertinggi untuk penjualan keluar negeri, dimana hampi 80% kebutuhan rotan, indonesia menjadi penyedia terbanyak. 

Tentunya hal tersebut menjadi bukti jika rotan memiliki nilai kualitas yang sangat tinggi, lalu bagaimana dengan kualitas dan fakta menarik lainnya? yuk ulas informasinya berikut :

Fakta dan Ciri Rotan Indonesia

ciri ciri rotan

Dilansir dari beberapa sumber, dimana indonesia sendiri memiliki 8 marga rotan, dengan kurang lebih dari 306 jenis diantaranya kerap dimanfaatkan. 

Kualitas penghasil rotan terbaik, berada di pulau kalimantan, sumatera, Jawa, Sulawesi hingga papua. Rotan berkualtias tinggi kerap ditemukan di kabupaten katingan.

Dimana ibu kota kasongan ini memang sangat terkenal sebagai penghasilrotan terbaik, sehingga kerap digunakan sebagai bahan dasar kerajinan ataupun furniture.

Ciri - Ciri Rotan 

Rotan sendiri merupakan tanaman yang tumbuh dengan cara merambat atau menjalar dari dalam dan permukaan tanah. 

Dimana, batang rotan muncul dipermukaan tanah yang meililit dipohon disekitarnya, biasanya rotan banyak tumbuh diarea lembab seperti dangkalan hutan, atau rawa-rawa.

Hampir sama dengan bambu, dimana setiap belahan batangnya memiliki daun cucuk yang menjular, sehingga saat memanen rotan, harus lebih berhati-hati sebab daunnya agak sedikit kasar.

Bentuk dan Batang Rotan

ciri ciri rotan

Ciri khas dari rotan sendiri yakni memiliki batang yang berbentuk langsing dengan diamater 2 hingga 5 cm, dimana rotan sendiri memiliki banyak ruas panjang dan tidak berongga seperti bambu. 

Tentunya tidak adanya rongga pada rotan membuat material satu ini tidak mudah patah dan mudah dilenturkan. Panjang rotan seniri mampu mencapai ratusan meter, dan mengeluarkan air saat ditebas.

Dimana, batang rotan dilindungi oleh duri-duri yagn tajam, keras dan panjang. Selain menjadi alat perlindungan, duri tersebut berguna saat melakukan pemanjatan atau mengurangi ke pohon-pohon sekitarnya. 

Karakteristik Rotan

Seperti jenis kayu atau material lainnya, dimana rotan sendiri memiliki warna, pori, berat dankualitasnya tersendiri.

Walaupun kerap dibandingkan dengan bambu,namun keduanya berbeda lho, diantaranya rotan memiliki karakteristik seperti : 
  • Rotan memiliki batang yang membulat tanpa Rongga 
  • memiliki kualitas yang kokoh, kuat, dan mudah dibentuk
  • Tekstur rotan yang halus, meski tidak di amplas
  • memiliki ruas batang yang lebih samar
  • Mampu dipotong dan disayat sesuat kebutuhan
  • memiliki panjang yang panjang hingga 100 meter lebih.

Cara Pengolahan Rotan

Pegnolahan rotan agak sedikit berbeda ketimbang material furniture lainnya, maka ketahui beberapa cara pengolahannya berikut  : 
  1. Panen Rotan saat musim Kemarau
  2. Pembersihan rotan
  3. Penggorengan rotan
  4. Pencucian hingga penggosokan
  5. Pengeringan 
  6. Pengupasan dari Kulit
  7. pengasapan untuk kualitas yang baik
  8. pengawetan
  9. Pembuatan furniture atau kerajinan

Fungsi dan Manfaat Rotan 

ciri ciri rotan

Berikut beberapa fungsi dan manfaat yang bisa kamu gunakan dengan material rotan, diantaranya bernilai jual tinggi, berikut manfaatnya : 

1. Kerajinan Rotan

Berbagai kerajinan bisa kamu temukan dengan material rotan satu ini, dimana memiliki warna yang natural, dengan ketahanan yang baik sehingga menjadi aspek terbaik untuk kebutuhan dasar kerajinan.

Bahkan, rotan yang memiliki tingkat lentur tinggi, mampu menghasilkan kerajinan anyaman dengan harga jual yang tinggi. 

Beberapa jenis kerajinan rotan yang paling populer seperti karpet, tudung saji, kusen, kursi atau meja bisa kamu temukan dengan mudah di beberapa toko furniture. 

Apalagi, bentuk rotan yang autentik, mampu meningkatkan tampilan ruangan yang lebih sempurna. Maka dari itu, yuk gunakan produk lokal dari rotan. 

2. Sketsel atau Penyekat ruangan

Jenis material yang bisa dianyaman, tentunya bisa dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan, tak hanya digunakan untuk kerajinan saja. 

Anyaman rotanpun kerap diproduksi sebagai sketsel atau penyekat ruangan, biasanya produk sketsel ini masih banyak diminati di wilayah perdesaan atau daerah dengan tingkat tradisonal yang kental

3. Aksesories Rotan

Beberapa aksesoris yang terbuat dari rotan kerap menjadi daya tarik tersendiri, dimana bentuk rotan yang mungil dengan anyaman yang khas membuat aksesoris hunian semakin terlihat cantik dan elegant.

Biasanya pengerajin membuat aksesoris seperti tas, kalung, tempel dinding menggunakan rotan, dan divernis kembali untuk meningkatkan daya visual yang lebih indah.

itulah beberapa manfaat dan fungsi yang bisa kita dapatkan dengan material rotan, namun pastikan jika kamu tidak salah memilih antara rotan dan bambu ya, untuk lebih mengenal keduanya yuk ketahui perbandingan singkatnya, diantaranya : 

Perbedaan Rotan dan Bambu 

Untuk membedakan antara Rotan dan bambu tentunya sangat mudah, kamu bisa mengenal perbedaannya dengan cara mengenal seperti berikut :
  1. Rotan merupakan tamanan dengan tumbuh merambat dan bambu bukan
  2. Rotan tidak memiliki rongga atau lubang, sedangkan bambu ada
  3. bambu memiliki tingkat patah yang tinggi, sedangkan rotan memiliki daya lentur yang baik.
Jadi, sudah tertarik menggunakan Rotan? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang