MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

5 Perbandingan Rumput Sintetis dan Asli yang Paling Berpengaruh!

Mencari mana yang terbaik antara rumput sintetis dan rumput asli? maka Artikel …

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

5 Perbandingan Rumput Sintetis dan Asli yang Paling Berpengaruh!

Jumat, 13 Januari 2023


Perbandingan rumput sintetis dan rumput asli

Rumput asli vs sintetis - Penggunaan rumput akhir-akhir ini banyak digunakan untuk mengisi halaman atau area agar lebih indah dan rapih. 

Apalagi, beberapa lapangan olahraga seperti futsal, sepak bola, golf, menggunakan rumput sebagai material lantainya, karena lebih aman, sejuk, dan tidak membuat cidera. 

Namun, perawatan rumput asli terbilang sulit dan membutuhkan perawatan yang ekstra agar dapat bertahan dari berbagai suhu cuaca. 

Terdapat pula Jenis rumput sintetis yang tersedia dipasaran, sehingga banyak yang membandingkan antara rumput asli dan sintetis, maka untuk memilih mana yang harus dipilih, simak rangkumannya berikut : 

Rumput Sintetis 

Perbandingan rumput sintetis dan rumput asli

Rumput Sintetis merupakan rumput buatan yang diproduksi untuk menggantikan rumput asli dengan harga yang lebih ekonomis. 

Dimana rumput sintetis terbuat dengan emnggunakan serat sintetis buatan yang dibuat dan dibentuk agar menyerupai rumput asli, rumput sintetispun memiliki warna hijau cerah. 

Dengan serat kecil yang merangkap sehingga terlihat alami. Bahan Pembuatan rumput sintetispun cukup beragam, ada yang terbuat dari nylon, polyethylene, hingga polypropylene. 

Penggunaan rumput sintetispun kerap digunakan untuk kebutuhan lapang olahraga, salah satunya untuk olahraga sepak bola.

Kelebihan Rumput Sintetis

  1. Tidak Mudah Berubah Warna
  2. Tidak membutuhkan Penyiraman pupuk dan Pestisida
  3. Dapat menghemat biaya Perawatan
  4. Tidak disukai Hama 
  5. Lebih Ramah Lingkungan
  6. Pemasangan Mudah dan Cepat
  7. Lebih Ekonomis dan Banyak Tersedia dipasaran

Rumput Asli

Perbandingan rumput sintetis dan rumput asli

Rumput asli merupakan bagian tumbuhan monokotil yang memili bentuk daun yang lebih meruncing ketimbang tumbuhan lainnya, dimana rumput melakukan pertumbuhan dari dasar batang. 

Sehingga banyak rumput lapang yang ditanam dengan cara dimasukan batangnya kedalam tanah. Rumput sendiri terbagi menjadi banyak jenis dengan manfaat tersendiri. 

Namun untuk kebutuhan taman dan lapangan olahraga kerap menggunakan 4 jenis terbaik, seperti zoysia matrella, cydodon dactylon, axonopus, campresus. 

Dimana jenis tersebut memiliki tekstur dan bentuk yang tipis sehingga menjadi unggulan bagi beberapa lapangan olahraga. 

Kelebihan Rumput Asli

  1. Warna dan Serat Rumput Lebih Asri
  2. Bisa mengalami pertumbuhan terus menerus
  3. lebih sehat dan sejuk
  4. Lebih aman untuk lapangan
  5. Empuk dan Nyaman
  6. Terdapat Berbagai jenis dan Bentuk
  7. Tampilan lebih menarik

Perbandingan Rumput Asli Vs Sintetis

Perbandingan rumput sintetis dan rumput asli

Tentunya dari informasi diataspun, kamu sudah bisa menemukan perbedaan dari keduanya, antara rumput sintetis dan asli, namun untuk lebih paham dan jelas, ketahui rangkuman perbandingannya berikut :

1. Mana yang Lebih Mudah Perawatannya? 

Secara umum, baik rumput sintetis dan rumput asli, dimana keduanya membutuhkan perawatan yang sama sama telaten, walaupun rumput sintetis tidak melalui proses pemotongan secara rutin, namun rumput sintetis perlu dibersihkan. 

Hal ini dikarenakan bahan plastik rumput sintetis mampu menyerap air, jika dibiarkan maka rumput akan mengeluarkan bau yang tidak sedap, beda halnya rumput asli yang tidak menyerap bau. 

Bahkan mampu mengeluarkan wangi segar setelah disiram. Walau demikian, perawatan rumput asli lebih tertuju dari segi pemotongan rumput, sebab rumput asli mampu berkembang lebih panjang dan besar.

2. Tampilan mana yang Lebih Menarik? 

Dari segi tampilan, rumput sintetis dan rumput asli sama sama memiliki tampilan yang serupa baik dilihat dari dekat ataupun dilihat dari jauh. 

Akan tetapi, rumput sintetis malah memiliki warna yang lebih mencolok ketimbang rumput asli, hal tersebut dikarenakan rumput sintetis terbuat dari bahan plastik dengan pewarna buatan.


Sedangkan rumput alami atau asli, lebih berwarna gelap dan pekat, maka untuk kamu yang ingin memilih warna yang bisa menyatu dengan alam maka pilihlah rumput asli.

3. Penggunaannya untuk apa? 

Perbandingan antara rumput sintetis dan asli, dilihat dari penggunaannya, dimana rumput organik atau asli lebih unggul jika ditempatkan diluar ruangan atau outdoor, lokasi tersebut tentunya sangat tepat.

Sebab lokasi tersebut langsung terkena sinar matahari secara langsung, baik untuk pertumbuhan dan warna rumput, hal ini membuat rumput asli atau organik kerap digunakan untuk kebutuhan area taman, terasm atau lantai rumput wisata. 

Berbeda dengan rumput sintetis, yang penggunaanya bisa dipakai untuk indoor dan outdoor, walaupun begitu tampilannya akan tetap sama. 

Hal teresebut, membuat rumput sintetis kerap digunakan untuk kebtuhan lapangan indoor atau outdoor, bahkan untuk hiasan rumah mau tembok ataupun lantai.

4. Mana yang Lebih aman? 

Perbandingan rumput sintetis dan rumput asli

Jika mencari perbandingan perihal keamanan, maka rumput sintetis lebih aman dibandingkan rumput asli, dimana rumput sintetis tidak membutuhkan pestisida.  

Dimana pestisida sendiri memiliki efek sambil yang bahaya bagi kesehatan, apalagi penggunaan pestisida mampu meninggalkan lubang pada tanah sehingga nantinya mampu menjadi genagnan air.


Namun, keamanan tersebut tidak berpengaruh bagi penggunaan lapangan olahraga, dimana rumput asli lebih empuk dan lembut sehingga tidak menyebabkan luka serius saat cidera. 

5. Mana yang lebih Boros? 

Jika dibandingkan dari segi Harga maka rumput asli lebih murah ketimbang rumput sintetis, dimana perbandingan harganyapun mencapai 35%. 

Walau demikian, perawatan dari rumput asli lebih boros, sehingga bisa dipastikan, jika mencari mana yang lebih boros maka keduanya sama sama boros, hanya saja rumput sintetis boros diawal, dan rumput asli boros Akhir.

Jadi, Tertarik menggunakan rumput mana? sintetis atau Organik? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang