MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Perbedaan Kayu Jati dan Kayu Merbau dari Segi Kualitas?

Perbedaan kayu Jati dan Kayu Merbau, dari Kualitas, tampilan dan Harga

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Perbedaan Kayu Jati dan Kayu Merbau dari Segi Kualitas?

Kamis, 15 Juni 2023


Perbedaan Kayu Jati dan Kayu Merbau

Perbedaan Kayu Jati dan Merbau
- Menentukan Jenis kayu terbaik untuk dijadikan material lantai kayu tentunya menjadi langkah penting. Terlebih, jenis kayu untuk lantai tersedia dalam jenis dan kualitas yang berbeda. 

Salah satu lantai kayu paling banyak digunakan, yakni Kayu jati dan Kayu Merbau. Kedua produk lantai kayu tersebut memiliki kualifikasi tersendiri, yang tentunya perlu kamu ketahui untuk menentukan mana yang harus dipilih. 

Perbendingan kayu jati dan merbau, tentunya sangat signifikan, mengingat kayu jati dan merbau memiliki kualitas yang berbeda, tampilan yang bervariatif, hingga harga yang tidak sama. 

Maka dari itu, untuk mengetahui jenis kayu mana yang harus dipilih, antara kayu jati dan merbau. Yuk, ketahui informasi menarik mengenai perbedaan kayu jati dan kayu merbau, yang akan dibahas. Berikut ulasannya : 

Kualitas Kayu Jati dan Merbau

Jenis Kayu Tingkat Awet dan Keras
Kayu Jati kelas kuat I dan kelas awet II
Kayu merbau kelas kuat I dan kelas awet II

1. Kualitas Kayu Jati

Perbedaan Kayu Jati dan Kayu Merbau

Kualitas Kayu Jati, terdiri dari tingkat keras kelas II dan tingkat awet kelas I, dimana tingkat tersebut mempengaruhi jangka penggunaan yang lebih panjang. 

Dimana kamu bisa menggunakan Kayu Jati hingga puluhan tahun lamanya. Tingkat awet yang tinggi, mampu mempengaruhi kekuatan kayu ini terhadap beberapa aspek. 


Seperti Anti Jamur, Anti Rayap hingga awet Terhadap bercakan air. Sehingga penggunaannya untuk Hunian, sangat tepat dan direkomendasikan.

Apalagi, kayu jati terbagi menjadi beberapa grade seperti Grade A/B/C dengan kualitas yang berbeda, dengan kelas ini, kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan tampilan yang sesuai selera

Tapi, agar lebih mengenal perbedaan kayu jati dan kayu merbau dari kualitas, kamu perlu mengenal juga kualitas dari kayu merbau. Seperti berikut : 

2. Kualitas Kayu Merbau

Perbedaan Kayu Jati dan Kayu Merbau

Tentunya, dua jenis kayu satu ini perlu perbandingan diantara kualitasnya. Perbedaan kayu jati dan kayu merbau tentunya sangat siginfikan, walaupun tingkat kelas keras dan awet hampir sama. 

Dimana, kayu merbau menjadi salah satu jenis kayu yang kerap dibandingkan dengan kayu jati, sebab kualitas kayu merbau beradal ditingkat yang sama. Kayu merbau termasuk kedalam kayu keras Kelas I, dan tingkat awet kelas II. 


Kayu Merbaupun, memiliki tingkat ketahanan yang baik terhadap rayap, serangga, bahkan kelebihan kualitas dari kayu jati yakni kayu merbau bisa dipergunakan untuk area indoor dan outdoor. 

Sebab, ketahanan air yang lebih baik ada pada Kayu Merbau. Sehingga, kebanyakan orang menggunakan kayu merbau pada area decking, balkon, pinggir kolam renang hingga kebutuhan lantai indoor. 

Tentunya kedua produk ini, bisa kamu pilih dengan menyesuaikan selera, sebab keduanya memiliki tampilan yang sangat berbeda.

Perbedaan Kayu Jati dan Kayu Merbau dari Tampilan

1. Tampilan Kayu Jati

Perbedaan Kayu Jati dan Kayu Merbau

Tampilan kayu jati dengan corak dan serat yang sempurna menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunaan kayu satu ini. 

Terlebih lagi warna cokelat kekuningan dengan serat berbunga putih kecoklatan menjadi ciri khas dari kayu jati. 

Apalagi kamu akan disuguhkan dengan beberapa kelas dari kayu jati yang bisa kamu sesuaikan dengan selera masing-masing. 


Serat kayu dan tampilan yang cantik, kerap dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan visual, seperti Lantai kayu, Furniture, kerajinan, hingga material perabotan. 

Terlebih lagi, jika kamu menggunakan lapisan yang bagus, yang tentunya akan meningkatkan tampilan kayu jati yang lebih cantik, dan estetik.

2. Tampilan Kayu merbau

Perbedaan Kayu Jati dan Kayu Merbau

Perbedaan kayu jati dan kayu merbau, terasa sangat berbeda dan sulit dipilih. Sebab, kayu merbau memiliki tampilan kayu yang lebih nautral dan artistik. 

Dimana kayu merbau berwarna merah kecoklatan, dengan serat lurus layaknya kelapa sawit. Warna tersebut, tentunya kerap hadir dalam hunian hunian bertema klasik dan modern. 

Sehingga tak jarang kedua perbedaan antara kayu jati dan merbau ini menjadi sulit ditentukan. Namun, jika kamu menginginkan tampilan yang lebih modern maka kayu jati lebih tepat. 

Dan jika menginginkan tampilan yang kalasik minimalis, maka tampilan kayu merbau lebih tepat. Dengan kata lain, perbedaan tampilan kayu jati dan merbau, tidak bisa dibedakan, hanya memerlukan selera masing-masing.

Kelebihan Kayu Jati dan Kayu Merbau

Mengingat Kayu jati dan Merbau memiliki kapasitas yang berbeda, pastinya kamu perlu mengetahui beberapa mengenai kelebihan jika ingin mengenal perbedaan kayu jati dan kayu merbau. Berikut kelebihan keduanya : 

Kelebihan Kayu Jati 

  • Memiliki Grade berbeda, grade ini menjadi kelebihan bagi kayu Jati, sebab kamu bisa memilih grade sesuai kebutuhan dengan Harga yang lebih bervariatif. 

  • Tingkat keras yang baik, walaupun tidak bisa digunakan diarea outdoor, namun tingkat keras kayu jati mampu menahan bobot berat yang tinggi, sehingga kayu jati kerap dijadikan material lapangan olahraga

  • Tingat awet yang panjang, tingkat awet pada kayu jati mampu bertahan hingga 19-30 tahun lamanya, tentunya dengan perawatan rutin. 

  • Tahan Rayap, rayap menjadi musuh bagi para kayu. Namun, tidak dengan kayu jati yang memiliki ketahanan yang baik. 

  • Tahan Jamur, sama dengan rayap, kayu jatipun kuat terhadap jamur, sehingga penggunaannya di area lembab seperti dapur masih terbilang aman.

  • Penggunaan Variatif, salah satu kelebihan lainnya kayu jati bisa digunakan dibeberapa area, seperti ruang tamu, ruang tidur, masjid, lapangan, dan gedung serba guna.

Kelebihan Kayu Merbau

  • Memiliki Warna yang Unik, salah satu kelebihan kayu merbau yakni memiliki tampilan yang lebih unik, sebab merah pada kayu jati jarang ada pada jenis kayu apapun terutama kayu jati. 

  • Tahan Cuaca Ekstream, kelebihan kayu merbau dibandingkan kayu jati yakni kemampuan bertahan kayu merbau yang baik terhadap cuaca ekstream sehingga cocok untuk kebutuhan outdoor.

  • Tingkat awet panjang, memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca, sehingga kayu merbau semakin awet dan bahan 10% lebih awet ketimbang kayu jati

  • Pemasangan beragam, sama Halnya kayu jati, bahwa kayu merbau sangat unggul diaplikasikan diarea manapun, terutama lapangan, hunian, gedung serba guna, area outdoor, dan sebagainya

  • Tahan jamur dan Rayap, sudah semestinya jika kualitas kayu merbau mampu tahan terhadap rayap dan jamur, sehingga kamu tak perlu khawatir jika musim hujan dan panas.

  • Tersedia Banyak produk, sama seperti kayu jati, rajawali parket indonesia menyediakan berbagai produk terbaik dari kayu merbau yang bisa kamu pilih untuk hunian terbaikmu. 
Jadi, sudah tahu perbandingan kayu jati dan kayu merbau? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang