MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Beberapa Perbedaan Lantai kayu dan karpet yang harus diketahui!

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Beberapa Perbedaan Lantai kayu dan karpet yang harus diketahui!

Kamis, 15 September 2022
Perbedaan lantai Kayu dan Karpet - Kini kian banyak bahan yang bisa diaplikasikan menjadi penutup permukaan pada lantai rumah anda, ada lantai keramik, lantai marmer, vinyl, lantai kayu maupun karpet. 

Perbedaan Lantai kayu dan karpet

Nah sebelum anda memastikan atau mengaplikasikan interior tertentu untuk rumah anda, ada baiknya untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja kelebihan dan kekurangan bahan tersebut. 

Dalam artikel ini kami akan memfokuskan pada 2 jenis penutup lantai yaitu lantai kayu dan karpet, apa perbedaan dari kedua interior tersebut? mana yang lebih baik? simak informasinya berikut ini:

Mengenal Lantai Kayu

Perbedaan Lantai kayu dan karpet

Tren memasang lantai kayu pada rumah kian menjadi solusi bagi para pemilik yang menginginkan hunian yang indah. 

Akan tetapi, sebelum anda memutuskan untuk memasang lantai kayu, ada baiknya untuk mengetahui dengan jelas apa lantai kayu tersebut, jenis kayu yang digunakan, dan juga lantai kayu apa yang cocok pada ruangan anda. 

Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap ketahanan nya mengingat tidak semua lantai kayu bisa sembarang dipasang, ada lantai kayu khusus indoor dan juga ada lantai kayu khusus outdoor. 

1. Lantai Kayu Solid

Yang pertama adalah lantai kayu asli 100%, yang merupakan produk unggulan untuk digunakan pada bangunan. Kelebihan dari produk ini yaitu bahan yang digunakan merupakan kayu asli, maka hasilnya pun akan terlihat lebih bagus, indah dan lebih berestetika. 

Jenis kayu solid juga bermacam-macam, beberapa favorit para konsumen yaitu kayu Jati, kayu Ulin, kayu Merbau, kayu Bengkirai dan kayu Keruing.


2. Lantai Kayu Laminated

Produk ini memiliki bahan dasar serbuk kayu yang kemudian di press menggunakan alat khusus sehingga bentuknya memang seperti lantai kayu asli, namun kualitas nya tentu jauh berbeda. Salah satu kelebihan dari lantai kayu laminated adalah harga nya yang lebih terjangkau dibandingkan lantai kayu solid.

Namun pada pembahasan kali ini kami akan fokuskan untuk membahas lantai kayu solid, karena pada dasarnya memang lantai kayu solid adalah satu satunya jenis produk yang menggunakan 100% kayu asli. Jika anda penasaran dengan kelebihan dan kekurangan lantai kayu solid, simak informasinya berikut ini:

Kelebihan Lantai Kayu Solid

  • Kestabilan suhu ruangan akan terjaga karena lantai kayu parquet (indoor) ini dapat menyimpan energi dari panas pada siang hari yang kemudian dikeluarkan pada malam hari ketika udara dingin menyerang. 
  • Lantai kayu solid memiliki serat yang tidak licin seperti lantai biasanya, jadi lebih aman untuk balita maupun lansia.
  • Estetika yang ditawarkan juga menjadi nilai plus dalam lantai kayu karena dapat dipadupadankan dengan interior rumah lainnya.
  • Kenyamanan lantai kayu saat dipijak juga adalah kelebihan lainnya, lantai kayu akan terasa empuk saat dipijak. Hal itu menjadikan nyaman untuk berjalan diatasnya, ini juga berlaku pada ruangan outdoor, pada umumnya yaitu untuk Lapangan olahraga.

Kekurangan Lantai Kayu Solid

Kurang lengkap bahkan tidak mungkin sepertinya jika sebuah hal hanya memiliki kelebihan, tentu ada kekurangan disetiap kelebihan, dan inilah kekurangan dari lantai kayu:

  1. Jika dibandingkan lantai keramik biasa, ketahanan lantai kayu ini mudah lapuk yang diakibatkan oleh kelembaban pada ruangan, namun hal ini bisa diatasi dengan cara meminimalisir keadaan lembab tersebut oleh sinar matahari tapi jangan secara langsung.

  2. Harga yang dimiliki oleh lantai kayu solid ini seolah menjadi kekurangan utama nya. Jika dibandingkan dengan lantai keramik tentu harga nya sangat jauh lebih tinggi. 

Mengenal Karpet

Mengenal Lantai Karpet

Permadani atau yang biasa disebut sebagai karpet adalah sebuah benda tekstil yang terbuat dari lapisan atas yang berbulu untuk dijadikan penutup lantai. 

Karpet seringkali menjadi pilihan praktis dan serbaguna untuk lantai dan sangat diminati dan digunakan selama lebih dari 60 tahun. 

Mungkin tidak anda sadari, begitu banyak manfaat dari karpet yang dapat anda rasakan, apa saja kelebihan nya? simak berikut ini:

Kelebihan Karpet

  1. Kehangatan yang dimiliki karpet saat dipijak adalah kelebihan pertama dari benda ini, baik itu digunakaan id kamar tidur, ruang keluarga, ruang makan, ruang tamu dan area lainnya. 
  2. Anti-Slip yang berada pada bagian permukaan karpet akan memberikan rasa aman, hal ini mencegah adanya cedera berlebih jika ada orang yang terjatuh.
  3. Mengurangi Kebisingan juga merupakan kelebihan dari karpet.

Kekurangan Karpet

  1. Meski pemeliharaan beberapa karpet mudah, namun tidak semua karpet seperti itu. Hanya karpet dengan harga tinggi saja yang memiliki fitur tersebut. Jadi, jika anda menggunakan karpet yang biasa-biasa saja mungkin akan sensitif terhadap noda.
  2. Karpet yang menggunakan bahan dasar sintetis memiliki umur pakai yang pendek.
  3. Berbicara tentang estetika, karpet mungkin terbilang ketinggalan zaman jika dibandingkan dengan lantai permukaan keras yang kian hari semakin beragam.

Perbandingan Lantai Kayu dan Karpet


Kini anda sudah mengetahui karakteristik dari lantai kayu maupun karpet. Kali ini kita akan membandingkan apa saja perbedaan yang signifikan dari lantai kayu dan karpet seperti dari cara membersihkan nya, nilai estetika nya, kenyamanan nya, keawetan nya dan tentu juga dari harga nya.

Perbedaan Cara Membersihkan

Mengenal Lantai Karpet

1. Lantai Kayu

Untuk membersihkan lantai kayu sebaiknya menggunakan lap kering pada permukaan nya. Direkomendasikan untuk tidak terlalu sering menggunakan lap basah karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keawetan lantai kayu. Untuk sehari-hari, gunakan sapu atau penyedot debu agar lebih aman dan praktis. 

2.  Karpet

Karpet yang biasanya berbahan dasar sintetis memerlukan air sebagai bahan utama untuk melakukan pencucian agar kebersihan mendapatkan hasil yang maksimal. Jujur saja, memang sedikit lebih sulit dan ribet dibandingkan dengan membersihkan lantai kayu, terlebih lagi jiga karpet terkena noda.

Perbedaan Nilai Estetika

Perbedaan Lantai kayu dan karpet

1. Lantai Kayu

Seolah menjadi faktor utama mengapa kebanyakan orang menggunakan lantai kayu pada rumahnya yaitu untuk menambah kesan elegan dan juga nyaman. Terlebih lagi seperti yang sudah kami singgungkan sebelumnya, lantai kayu ini juga sangat cocok untuk dipadukan dengan furtniture rumah yang berbahan dasar kayu lainnya. 

2. Karpet

Jika dibayangkan, mungkin nilai estetika dari karpet tidak melebihi keindahan dari lantai kayu, namun jika anda pintar-pintar dalam mengatur interior rumah serta mencocokan warna dengan karpet yang anda miliki mungkin anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal untuk hal keindahan dalam rumah anda.

Perbedaan segi Kenyamanan

Perbedaan Lantai kayu dan karpet

1. Lantai Kayu

Untuk hal kenyamanan, tentu semua orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Tapi tetap membutuhkan ‘keamanan’, yang mana hal ini ditawarkan oleh lantai kayu. Selain empuk saat dipijak, juga dapat mengurangi resiko cedera saat orang terjatuh di permukaan lantai kayu.

2. Karpet

Kenyamanan utama yang ditawarkan dari karpet yaitu kehangatan yang dimilikinya, dalam artian telapak kaki anda akan tetap hangat saat memijak karpet. 

Perbedaan Segi Keawetan

1. Lantai Kayu

Untuk hal keawetan tentu lantai kayu lebih awet dibandingkan dengan karpet. Namun hal ini dapat dirasakan jika anda menjaga serta merawat lantai kayu tersebut. 

2. Karpet

Sama seperti lantai kayu, karpet juga dapat berumur lebih lama jika melakukan perawatan yang rutin. Namun, tentu perbedaan yang sungguh jauh berbeda yaitu karena karpet memiliki bahan dasar sintetis yang mana pada dasarnya umur dari karpet tidak akan seawet lantai kayu.

Perbedaan Harga Produk

1. Lantai Kayu

Tentunya ini menjadi perbandingan utama dari lantai kayu dan juga karpet, yang mana harga dari lantai kayu terpaut cukup jauh lebih mahal dari karpet. Akan tetapi bukan tanpa alasan, perbedaan harga yang jauh lebih mahal ini juga memberikan benefit yang lebih, jadi kami rasa sah-sah saja jika anda menginginkan kualitas yang maksimal.

2. Karpet

Harga yang terpaut cukup jauh lebih murah dari lantai kayu menjadikan karpet sebagai solusi untuk anda yang menginginkan keindahan dalam rumah dengan praktis dan harga yang terjangkau. 

Jadi, mana yang menurut Anda terbaik? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang