MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Apa itu Baja ringan? Yuk kenali Jenis, kelebihan dan contoh Penggunaannya.

apa itu baja ringan? Ternyata ini kualitas dan jenis Terbaiknya

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Apa itu Baja ringan? Yuk kenali Jenis, kelebihan dan contoh Penggunaannya.

Senin, 21 November 2022

kegunaan baja ringan

Baja Ringan
- Dalam membangun sebuah hunian, pastinya memerlukan beragam jneis material bangunan. Dimana, material tersebut banyak tersedia dipasara. 

Tentunya membuat konseumen semakin mudah dan leluasa dalam memilih dan menentukan pilihan. Salah satu jenis material yang tidak pernah absen dalam pembangunan yakni, sebuah Baja ringan. 

Baja ringan sendiri merupakan material yang sejak dulu digunakan dalam berbagai kebutuhan kontruksi. Namun, masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai material baja ringan, untuk lebih mengenal material tersebut, yuk simak ulasannya berikut :

Apa itu Baja Ringan? 

Baja ringan


Baja Ringan Sendiri merupakan material kontruksi yang Terbuat dari campuran alumunium dan seng, material ini memiliki berat yang ringan dan lebih tipis kdari baja ringan yang dijual diapsaran. 

Baja ringan ini diproduksi untuk dijadikan berbagai hal seperti rangka bangunan, rangka mobil, peralatan listrik hingga lain sebagainya. 

Penggunaan baja ringan pada kontruksi bangunanan dimulai dari perimahan biasa hingga rumah bertingkat termasuk struktur berpanel dengan sintem dinding pengisi eksternal, sebab baja ringan terbagi menjadi beberapa jenis. 

Jenis Baja Ringan

Jenis baja ringan

1. Hollow Baja Ringan

Salah satu jenis baja ringan yang terbuat dari material Galvanis, dimana ciri-ciri memiliki bentuk seperti balok panjang yang dipress dan memiliki lubang kosong didalamnya. Fungsi Hoollow atau jenis baja ringan ini yakni sebagai bahan baku atap, kanopi, hingga plafon.

2. Kaso dan Truss

Baja ringan satu ini berfungsi sebagai rangka atap agar kenteng bisa ditaruh dengan kokoh, selain itu kaso atau truss berfungsi sebagai komponen yang menguatkan tiang atau kuda-kuda

Biasanya, baja ringan kaso tersedia dengan tebal 0,75 hingga 1 mm, kaso sendiri banyak mengadnung zink, bentuknya yang seperti hollow, namun pinggirannya kosong.

3. Spandek Baja ringan 

Jenis baja ringan yang berbeda dari 2 jenis diatas, dimana spandek memiliki bentuk lemabran.

Biasanya digunakan sebagai penutup atau lapisan luar kerangka atap atau kanopi, spandek memiliki bobot ringan, tahan lama, anti karat, dan warna yang bervariasi.

4. Reng Baja Ringan

Jenis baja ringan berikut memiliki bentuk bila-bilah, reng dipasang melintang sebagai penahan atau sangkutan genteng dan seng pada kasau.

Reng baja ringan lebih ringan tahan lama, ketimbang dari bahan kayu dan bambu. Ren terbuat dari zinc yang tahan karat dan cuaca apapun. 

  • Kuat Terhadap rayap dan Karat : saah satu kelebihan dari baja ringan yakni terbuat dari logal galcalum, dimana bahan ini sangat kuat terhadap rayap dan karat.

    Apalagi, dengan menggunakan baja ringan maka material atap atau pondasi kuat dari serangan hujan dan panas.

  • Murah dan Terjangkau : Penggunaan baja ringan lebih murah dan terjangkau ketimbang material kayu dan bambu, apalagi jika dibandingkan dengan daya tahannya, maka baja ringan lebih ekonomis.

  • Mudah Pemasangan  : Karena bobot baja ringan yang ringan, maka proses pemasangannyapun tak memerlukan alat dan mesin yang besar, sehingga dalam memudahkan dalam pengerjaan, sehingga lebih singkat.

  • Material bisa didaur ulang : material baja ringan, kerap dimanfaatkan kembali untuk membangun bangunan lain, sebab materia yang mudah diolah kembali. Apaalgi, material baja ringan tidak mudah lapuk dan tidak mengalami penyusutan.

Contoh Penggunaan Baja ringan

Tidak hanya dipilih untuk atap rumah, ternyata baja ringan bisa digunakan untuk beberapa penggunaan, seperti : 

1. Pagar Baja ringan 

kegunaan baja ringan

Sebagaian besar hunian di indonesia menggunakan baja ringan sebagai bahan utama dalam pembuatan pagar, dimana pagar baja ringan dipilih karena lebih aman, kuat dan bagus untuk digunakan. Baja ringanpun memiliki banyak jenis warna dan desain.

2. Pintu Garasi 

kegunaan baja ringan

Baja ringan menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan untuk digunakan sebagai pintu garasi yang lebih kuat, tahan lama dan kuat terhadap rayap. 

Selain pagar, pintu garasi merupakan salah satu fitur yang paling terlihat dirumah, jadi penting untuk memilih material yang tepat untuk digunakan, apalagi warna yang bervariasi bisa dipilih menyesuaikan konsep hunian.

3. Talang Air

kegunaan baja ringan

Talang air yang terbuat dari baja ringan, akan lebih kuat dan tahan korosi, pilih baja ringan berlapis cat berwarna agara talang air dapat mendukung tampilan ekterior dan kecocokan pada atap rumah hunian.\

4. Kanopi 

kegunaan baja ringan

Pemilihan baja ringan untuk kanopi merupakan solusi ideal yang bisa kamu gunakan, dengan kualitas yang tahan lama, kuat, dan mudah dalam perawatan. 


Kanopi baja ringan menawarkan cara praktis untuk melindungi pintu dan jendeal rumah dari cauca apapun. 

Jadi, sudah tahu apa itu baja ringan? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang