MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

6 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kayu secara Efektif! Ini Langkah - Langkahnya

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

6 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kayu secara Efektif! Ini Langkah - Langkahnya

Selasa, 26 Juli 2022

Cara Menghilangkan Jamur pada Kayu - Tak Semua jenis kayu memiliki tingkat kuat terhadap jamur, apalagi saat musim penghujan tiba, curah tinggi dapat membuat genangan air dimana-mana. 

Sehingga tingkat lembaban-pun meningkat. Hal berikut, merupakan faktor dimana material kayu dengan kualitas rendah, sangat rentan terkena jamur

Cara Menghilangkan Jamur

Yang tentunya, akan membuat produk tersebut menjadi lapuk, kotor, dan bau. Umumnya, jamur terlihat seperti serpihan atau bulu halus yang menempel pada permukaan kayu. 

Dimulai dari satu area kecil, hingga menyebar ketika tidak di hilangkan. Namun, bagiamana cara menghilangkan jamur pada kayu agar tidak semakin menyebar? Yuk ketahui caranya berikut :

6 Cara Menghilangkan Jamur pada Kayu  

1. Jemur furniture di Bawah sinar Matahari Langsung

Cara Menghilangkan Jamur pada kayu

Salah satu faktor tumbuhnya jamur yakni kelembaban udara yang tinggi. Lalu, bagaimana cara mengetasinya? Tentunya tak perlu bahan kimia untuk mengtasinya.

Anda perlu menjemur beberapa furniture berbahan dasar kayu di paparan sinar matahari selama kurang lebih setengah jam setiap harinya, sinar matahari bertujuan agar menghambat dan mematikan pertumbuhan jamur secara cepat. 

2. Menggunakan Produk Penyerap Udara Lembab

Cara Menghilangkan Jamur pada kayu

Tak hanya bisa tumbuh pada furniture Meja, kursi, dan pintu saja, melainkan pertumbuhan jamurpun kerap hadir di dalam lemari yang lembab. 

Tentunya pertumbuhan jamur pada kayu akan membuat pakaian menjadi bau dan kotor, lalu bagaimana cara mengatasinya? Anda hanya perlu menggunakan produk penyerap lembab didalam lemari. 


Produk tersebut bertujuan untuk menyaring udara lembab, tentunya jika kelembapan udara berkurang, resiko pertumbuhan jamurpun akan hilang.

3. Kamper jadi cara paling Simple

Cara Menghilangkan Jamur pada kayu

Ternyata kamper memiliki fungsi penting untuk menghilangkan Jamur pada kayu lho, hal tersebut dikarenakan aroma dan kandungan bahan kamper yang ternyata sangat ampuh untuk mencegah pertumbuhan jamur. 

Maka dari itu, kamu bisa menggunakannya dengan meletakan kamper disekitar furniture kayu, terutama dibagian dalam lemari atau ujung selasah Furniture kayu.

4. Melapisi Material kayu dengan Vernis

Cara Menghilangkan Jamur pada kayu

Penggunaan vernis pada kayu tak hanya berfungsi sebagai tampilan furnitur saja, faktanya melapisi furnitur dengan vernis dapat menghilangkan jamur secara efektif. 


Apalagi kayu yang dilapisi vernis dapat mengembalikan nilai estetiknya. Namun, pastikan Anda memilih Cat vernis dengan kualitas tinggi, agar tak melakukan pelapisan berulang.

5. Menggosok Permukaan berjamur dengan jeruk nipis

Cara Menghilangkan Jamur pada kayu

Belum banyak orang tahu, bahwa cara menghilangkan jamur paling mudah yakni dengan menaburkan garam pada permukaan kayu yang berjamur lalu menggosok-gosoknya dengan jeruk nipis yang sudah dibagi dua.

Hal tersebut dikarenakan kandungan asam jeruk nipis yang terjamur dengan garam akan memusnahkan bakteri jamur hingga tuntas. Pastikan, permukaan yang digosok tadi, benar benar kering.

6. Memberi cairan Alkohol pada Kayu yang Berjamur

Cara Menghilangkan Jamur pada kayu

Cara Terakhir untuk menghilangkan jamur pada kayu yakni, menggunakan cairan pembersih kayu atau Andapun bisa menggunakan alkohol sebagai bahan alternatifnya. 

Kandungan Alkohol memiliki keefektifan yang sempurna, hal tersebut dikarenakan kandungan alkohol mampu mematikan jamur secara cepat, hanya saja kamu perlu melakukannya dengan hat-hati.

Tentunya, mecegah lebih baik dibanding menghilangkan. untuk itu, jika material kayu Anda masih belum terkena jamur dan tak ingin terkena, yuk ketahui cara pencegahannya berikut : 

Cara Mencegah Tumbuhnya Jamur pada Kayu

Berikut beberapa cara mencegah pertumbuhan jamur pada Material kayu 
  • Lapisi permukaan kayu dengan pernis dan melamin untuk menghambat pertumbuhan jamur pada perabot, furniture. 
  • Bersihkan lemari atau material kayu secara rutin
  • Beri jarak material kayu dengan dinding agar tidak merambat
  • Alasi rak kayu dengan lembaran kertas kopi untuk mencegah ketumpahannya air
  • Tempatkan kapur barus atau kamper pada lemari
  • Gunakan alat penyerap air atau alat penyerap lembab udara
  • Pastikan sirkulasi udara baik pada dalam ruangan
  • Pastikan pencahayaan baik didalam ruangan agar perabotan kayu tersinari matahari
Jadi, sudah tahu cara menghilangkan jamur pada kayu dan cara mencegahnya? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai cara menghilangkan jamur pada kayu, dan cara mencegahnya. Untuk itu, yuk ketahui informasi menariknya di Rajawali parket indonesia. 

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang