MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Fakta Menarik Kayu Gaharu dari Manfaat, Ciri-ciri hingga Keunggulannya yang Bernilai Tinggi

Yuk, Ketahui Kayu gaharu secara lengkap Disini!

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Fakta Menarik Kayu Gaharu dari Manfaat, Ciri-ciri hingga Keunggulannya yang Bernilai Tinggi

Rabu, 03 Agustus 2022

Mengenal Kayu Gaharu - Ada banyak jenis kayu yang ada di Indonesia, dari yang Kuat, Awet, Cantik hingga termahal. Sebagian dari kita pastinya hanya mengenal sebagian jenis saja. 

Kayu Jati, dan Kayu merbau tentunya menjadi jenis yang paling populer dan terkenal dibeberapa kalangan, baik itu Kalangan kuntruktor, pengerajin, hingga produksi furniture. 

Kayu Gaharu

Tapi, setelah di riset ulang, ternyata harga dari kedua jenis kayu tersebut tidak ada apa-apanya dibanding jenis kayu satu ini, pernah mendengar Kayu Gaharu? Jenis kayu termahal di dunia. 

Lalu, apa yang membuat kayu gaharu Mahal? untuk itu, jika kamu tertarik dengan pembahasan jenis kayu satu ini, yuk simak ulasannya dari Asal muasal, Manfaat, hingga Harganya. 

Apa itu Kayu Gaharu? 

Kayu Gaharu

Gaharu atau Aquilaria malaccensis merupakan jenis kayu yang berasal dari spesien genus Aquilaria, khususnya jenis kelas A. Kayu gaharu, umumnya memiliki ciri khas dari warna kehitaman dan kandungan resin pada bagian gubalnya.

kandungan resin pada kayu Gaharu ini juga terkenal sebagai bahan untuk pelengkap wangi-wangian karena aromanya yang sangat khas. 

Bahkan beberapa masyarakat Indonesia, mempercayai bahwa aroma kayu gahari memiliki aromaterapi anti stres yang cukup ampuh lho.

Lalu, apa yang membuat kayu gaharu berharga Tinggi? 

Walaupun tak sebagus kayu jati, dan merbau jika digunakan untuk kontruksi bangunan, tapi kayu gaharu ini memiliki hukum ekonomi yang tinggi lho.

Sebab kayu gaharu memiliki ketersediaan yang rendah, tentunya harga barang akan naik dengan barang yang sulit ditemukan.

Pemanfaatan kayu Gaharu yang cukup tinggi dan bernilai tinggi tentunya menjadi daya tarik tesendiri bagi para petani untuk menanam pohon satu ini, apa saja manfaatnya? 

Ciri - Ciri dan Karakteristik Kayu Gaharu

Kayu Gaharu

Sebelum mengenal manfaat dari kayu gaharu, tentunya kita perlu mengenal lebih dalam lagi dari ciri-ciri dan karakteristiknya, untuk itu simak karakteristiknya terlebih dahulu, berikut : 

Ciri Pohon Gaharu

Tak kalah dari kayu ulin, gaharupun cukup terkenal lho, sebab aromnya yang khas dan karakteristiknya yang khas, pohon gaharupun dapat tumbuh tinggi hingga 35 hingga 40 meter lho, apalagi batang dari pohon gaharu memiliki besar rata-rata 60cm.


Tentunya dengan pohon yang besar, membuat kayu gaharu sangatlah unggul, dengan warna kehitaman dengan aroma khas, membuat kayu gaharu banyak digunakan, lalu apa saja keunggulanya? 

Keunggulan Kayu Gaharu

  1. Bobot Kayu Berat dan Tekstur Keras, kayu gaharu memiliki bobot kayu yang sangat kokoh dan kuat, hal tersebut dikarenakan kayu gaharu memiliki getah pada bagian batangnya sehingga produk yang menggunakan kayu gaharu akan kuat dan awet hingga puluhan tahun.

  2. Serat Kayu yang Unik, keunggulan lain dari Kayu gaharu terdapat pada serat kayunya yang unik dan bebreda dari kayu lainnya, kesan mewah dan kesan unik membuat produk kayu gaharu bernilai tinggi.

  3. Tahan Perubahan Cuaca, penggunaan kayu gaharu sangat cocok untuk kebutuhan outdoor atau kontruksi bangunan, karena tahan dari berbagai cuaca, tak heran jika harga gaharu menjadi mahal, tentunya benda yang terbuat dari kayu gaharu akan lebih awet dan tahan lama.

  4. Aroma yang Khas, hampir sama dengan kayu kamper, kayu gaharupun memiliki aroma yang sangat disukai manusia namun tidak disukai hewan, tentunya aroma yang dikeluarkan kayu gaharu dapat mencegah serangan rayap dan hama yang akan menggerogoti kayu tersebut.
Tentunya keunggulan tersebut membuat kayu gaharu banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, dari mulai kontruksi, hingga kebutuhan lainnya. Lalu apa saja manfaatnya? 

Manfaat Kayu Gaharu 

Kayu Gaharu

1. Sebagai Bahan Obat Ramuan

Manfaat Kayu gaharu pertama yakni sebagai bahan obat-obatan yang diyakini mampu menyembuhkan beberapa penyakit tertentu, seperti Sembelit, kembung, ginjal, masuk angin, gejala hipertensi, hingga sesak nafas. 

2. Bahan Aksesories

Manfaat lainnya dari Kayu Gaharu yakni sebagai bahan aksesories, kayu garahu memang termasuk jenis kayu yang sering dimanfaatkan untuk beberapa aksesories seperti Gelang, Kalung, liontin bahkan kayu gaharu kerap digunakan untuk pembuatan tasbih.

3. Sebagai Sesajen Ritual adat Istiadat

Dikenal dari jaman dulu, kayu gaharupun didentik sebagai simbol atau perangkat untuk rituan kebudayaan dan adat isdiatan dibeberapa daerah di Nusantara, penggunaannya kerap dilakukan dengan cara dibakar untuk mengeluarkan aroma yang ada didalamnya.

4. Bahan Pembuatan Shampoo dan kosmetik

Menariknya, Kayu Gaharupun digunakan sebagai bahan pembuatan shampoo dan kosmetik, kandungan dari kayu gaharu kerap menjadi pilihan terbaik sebagai pelengkap produk-produk kosmetik dan perawatan tubuh seperti Shampoo.

5. Bahan Bangunan dan perobotan Rumah

Pemanfaatan Kayu Gaharu terakhir yakni dalam bidang arsitektur atau interior, warna kayu gaharu yang hitam mewah membuat banyak orang tertarik menggunakan sebagap pelengkap bahan bangunan.


Biasanya kayu gaharu dibentuk sebagai Kusen Pintu, selain itu kamupun bisa menggunakannya sebagai bahan perabotan seperti meja, kursi, lemari atau sekedar sebagai furniture untuk penyempurnaan ruang.

Jadi, Tertarik menggunakan Kayu Gaharu
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang