MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

6 Jenis Kayu Kelas IV asli Indonesia! Salah satunya ada yang Bertahan Puluhan Tahun

Sedang Mencari Jenis kayu kelas 4 Terbaik untuk kebutuhan Furniture? Yuk ketahu…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

6 Jenis Kayu Kelas IV asli Indonesia! Salah satunya ada yang Bertahan Puluhan Tahun

Jumat, 29 April 2022

Jenis kayu kelas 4 - Salah satu jenis material yang hingga saat ini masih dipergunakan yaitu Material Kayu, material kayu kerap menjadi material pilihan karena memiliki fungsi ragam yang menarik.

Tentunya memilih jenis kayu untuk kebutuhan tidaklah sembarang, kamu perlu mengenal beberapa jenis kayu, terlebih kayu dibagi menjadi beberapa kelas. 

kayu kelas IV

Dari kelas I,II,III,IV,V yang dimana setiap kelas memiliki perbedaan dari tiap kekuatan serta keawetannya. Pada tingkat awet tentunya kamu perlu lebih selektif untuk menentukan jenis terbaiknya. 

Apalagi untuk dikelas 4. Hanya sebagian dari kayu kelas 4 hanya tahan terhadap kayu, dan kebanyakannya mudah lapuk dan tidak tahan terhadap rayap. 

Maka dari itu, untuk menentukan mana saja jenis kayu terbaik kelas 4, kamu perlu mengenal lebih jauh, untuk itu yuk kita cari jenis kayu mana yang terbaik di kelas IV, antara lain :

Tentang Kayu Kelas IV

kayu kelas IV

Sebelum membahas jenis kayu kelas IV, kita ketahui dulu apa sih pengertian dari kayu Kelas IV? 

Ya, kayu kelas IV merupakan jenis kayu yang biasa digunakan untuk kontruksi ringan saja, seperti rangka rumah, hingga kontruksi ringan bagian bawah atap. 


Jika ditanya soal kualitas, mungkin jenis kayu kelas 4 ini bisa dikatakan sedang atau tidak bagus dan tidak jelek juga, 

hal ini tentunya tergantung pada jenis kayunya juga. Maka dari itu, untuk mengenal kualitas mana yang terbaik, yuk ketahui dulu jenisnya berikut : 

Jenis Jenis Kayu Kelas 4

Kami telah merangkum beberapa jenis kayu kelas 4 Terbaik yang bisa kamu gunakan, antara lain : 

1. Kayu Meranti 

kayu kelas IV

Salah satu jenis kayu kelas IV yang bisa kami rekomendasikan untuk kamu gunakan ialah Kayu Meranti, meranti merupakan jenis kayu komersial yang sudah cukup populer di Kawasan Asia Tenggara. 

Uniknya, kayu meranti masuk kedalam golongan kayu keras namun mempunyai bobot yang ringan hingga sedang. 

Kayu meranti memiliki ciri khas yang unik, dengan warna merah mudah pucat, serta merah mudah kecokelatan atau ada juga yang berwarna merah tua kecokelatan. 

Perbedaan Warna tersebut biasanya dibedakan dari umur pohon tersebut tumbuh. Kayu Mernati termasuk kedalam jenis kayu kelas 3 dari tingkat awetnya yang memiliki banyak keunggulan, 

salah satunya memiliki struktur yang keras, mudah diolah, tingkat awet yang baik, bahkan sering dipergunakan untuk pembuatan furniture dan kontruksi bangunan

2. Kayu Kempas

kayu kelas IV

Jenis kayu kelas 4 kedua yang bisa kamu gunakan dari tingkat keawetannya yaitu Kayu Kempas, Kempas yang termasuk kedalam suku Caesalpiniaceae, tersebar dibeberapa daratan indonesia hingga negeri tetangga, yaitu malaysia. 

Jika mencari kayu kempas di indonesia, kamu bisa dengan cepat menemukannya dibeberapa hutan di kalimantan dan juga di bangka belitung.

Tak hanya kayu meranti saja yang memiliki ciri khas yang unik, kayu kempaspun memiliki ciri khas warna yang berwarna putih kekuningan atau kelabu. 

Bahkan sebagian dari kayu kempas memiliki warna cokelat yang kemerahan. Meski termasuk kedalam kelas IV dari tingkat awetnya, kayu ini cukup unggul lho untuk dijadikan material kebutuhan interior hingga eksterior rumah. 

3. Kayu Agathis

kayu kelas IV

Jenis Kayu kelas IV berikutnya yang bisa kamu temui yaitu Kayu Agathis, kayu Agathis memiliki nema lain bernama Agathis Dammara yang merupakan jenis kayu kelas 3 yang khas diindonesia, apalagi kayu satu ini cukup terkenal lho, bahkan memiliki nilai jual yang tinggi.

Agathis ini tumbuh subur dibeberapa wilayah di Indonesia seperti daerah kalimantan, Jawa, Sulawesi, Maluku bahkan Papua. 

Namun, khususnya pulau jawa pohon agathis lebih sering ditemukan ditepian jalan yang tujuannya untuk menjadikan jalan teduh dan asri. 

Kayu Agathis pun dikenal dikalangan kesehatan, hal ini dikarenakan pemanfaatannya yang dijadikan sebagai obat herbal, ada beberapa teknik pengobatan teradisional yang menggunakan kayu agathis yang dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan pada tubuh. 

Selain itu, kayu agathis memiliki karakteristik yang cukup unggul, sehingga cocok untuk pembuatan furniture interior, selain warnanya yang cantik, kayu agathis memiliki serat yang cukup unik.

4. Kayu Bayur

kayu kelas IV

Jenis kayu kelas IV lainnya yang bisa kamu gunakan yaitu Kayu Bayur, bayur atau dikenal dengan nama Pteropermum Javanicum ini merupakan jenis kayu kelas 3 yang populer didunia pertukangan hingga dikenal sebagai kayu pertukangan yang istimewa.

Kayu satu ini merupakan jenis kayu khas yang berasal dari daerah tropis, kamu bisa menemukan kayu bayur dibeberapa hutan tropis seperti daerah jawa, kalimantan, sulawesi, sumatera, maluku hingga NTT.

Kayu bayurpun memiliki ciri khas warna yang berwarna Merah Pucat dan Cokelat muda pada bagian terasnya, da berwarna putih pada bagian gubalnya.


Karakteristik kayu bayur pun tak bisa diremehkan, hal ini dikarenakan kayu bayur sangat diunggulkan untuk pengerjaan furniture seperti mebel, hingga menjadi komuditas penting karena masih banyak diperjual belikan dipasaran.

5. Kayu Sengon

kayu kelas IV

Kayu Sengon atau dikenal dengan nama Lainnya Albizia Chinensis merupakan sejenis pohon dalam anggota suku fabaceae, sama halnnya dengan pohon agathis, sengon dikenal sebagai pohon pendeuh yang biasa ditemukan ditepian jalan.

Kayu Sengon banyak tersebar dan tumbuh alami di india, cina selatan hingga indonesia. Kayu ini termasuk kedalam golongan jenis kayu ringan dengan nilai densitias 320-640 kg/m3 pada kadar air 15%.

Sengonpun memiliki struktur yang agak padaat, dengan serat yang berbahar lurus dan cenderung agark kasar, 

Namun meski memiliki karakteristik seperti itu, kayu sengon mudah untuk dikerjakan lho, hal ini dikarenakan kayu sengon termasuk kayu yang mudah dibentuk.

6. Kayu ketapang

kayu kelas IV

ketapang atau dikenal dengan nama Terminalia Catappa ini populer karena daunnya yang memiliki banyak khasiat. 

Namun siap sangka, kayu yang dihasilkan dari pohon kelapa ini memiliki nilai jual yang tinggi lho, sebab kayu ketapang tumbuh subur dinegara indonesia yang dimana karakteristik dari kayu ketapang yang cukup unggul. 

sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti yang lebih murah. Walaupun termasuk kedalam kayu awet kelas 4 kayu ini bisa diandalkan.

Jadi, kayu kelas 4 mana yang menurut kamu terbaik? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan, terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya kamu bisa mencari informasi menarik lainnya di Rajawali parket.


BLANTERLANDINGv101
Produk kami

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang