MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Jenis Pipi Air beserta Ukuran dan Gambarnya

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Jenis Pipi Air beserta Ukuran dan Gambarnya

Kamis, 22 Juni 2023

jenis pipa air

Jenis Pipa Air -  Banyaknya kebutuhan material yang harus Ada dalam Hunian, tentunya setiap material memiliki fungsi dan peran penting untuk struktur hunian yang lebih Kuat. 

Seperti penggunaan material lantai untuk kenyamanan pijakan, serta material dinding untuk membentuk ruang hunian.Tapi, ada lho material yang jarang dibicarakan namun penting kegunaannya.

Ya, material tersebut yaitu pipa air. material ini memiliki fungsi sebagai penyalur air untuk beberapa area, seperti kamar mandi, wastafel, hingga dapur.

Bahkan, pipa air pun menjadi bagian penting untuk melindungi kabel listrik atau penanam kabel di area bangunan.

Tentunya, jenis yang digunakanpun cukup berbeda, hal inilah yang membuat Anda perlu mengenal beberapa jenis dan fungsinya, untuk itu yuk kenali jenis paralon dan fungsinya berikut : 

Jenis Pipia Air dan Gambarnya, begini fungsinya

Beriku beberapa jenis pipa air yang wajib ada hunian Anda, dan kenali fungsinya : 

1. Pipa Air PVC 

Jenis Pipa PVC

Jenis pipa air satu ini menjadi pipa yang paling banyak digunakan, pipa tersebut yaitu Pipa PVC ( Poly Vinyl Chloride ) jenis pipa ini umumnya sering digunakan sebagai saluran air bersih, drainase, serta saluran air hujan. 

Meskipun Pipa PVC memiliki tampilan yang standar, namun pipa satu ini masih banyak dipilih oleh kebanyakan orang, namun ada juga jenis warna yang bisa digunakaa, hanya saja warna tersebut bertujuan untuk membedakan fungsi dari pipa lainnya.

Jika mengenai ukuran, pipa pvc memiliki ukuran yang beragam, biasanya dipasaran pipa ini memiliki panjang 4 meter dengan diamter lubangnya 5/8, ½, ¾, 1, 1 ¼, 1 ½, 2, 2 ½, 3, 4, 5, dan 6 inci. 

Pipa PVC pun memiliki beberapa bentuk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, seperti PVC polos, Mof, Fitting, dan talang.

2. Pipa CPVC

jenis pipa CPVC

CPVC atau dikenal juga dengan Pipa Chlorinate Poly Vinyl CLhloride ini memiliki ketahanan suhu hingga 1.800 derajat Celsius. 

Ketahanan ini disebabkan oleh bahan ketebalan pila yang menggunakan Shcedule yang menjadi keunggulan dari pipa satu ini. 

Jenis pipa air satu ini, disarnakan untuk digunakan sebagai intalasi saluran air panas dan dingin, karena memiliki sifat yang tahan terhadap perubahan suhu. 

3. Pipa Tembaga

Jenis pipa tembaga

Tidak hanya penggunaan pipa berbahan PVC saja, melainkan kamu bisa menggunakan salah satu pipa air yang sering pakai untuk instalasi refrigerant karena memiliki sifat material yang tahan terhadap suhu panas dan dingi. 

Terlebih, instalasi jenis pipa air berbahan tembaga ini bisa diaplikasikan didalam atau diatas tanah, hanya saja Anda perlu melapisi pipa lagi agar terhidar dari pengaruh keasaman tanah.

Baca juga : Kenali jenis-jenis kayu Kelas II dan Ketahui Manfaatnya

4. Pex Hidrolik

jenis pipa hidrolik

Pipa Cross linked poly Ethylene atau PEx ini mejadi jenis pila lainnya yang bisa anda gunakan untuk intalasi air dingin dan panas hingga Hidrolik, karena sifat pipa satu ini bisa menoleransi suhu dingin hingga panas.

Keunggulan dari jenis pipa air satu ini terlihat dari harganya yang bersaing dan memiliki sistem penyambungan yang sederhana, sehingga bayak orang yang memiliki pipa satu ini dibanding pipa lainnya.

5. Pipa Besi Seng

pipa besi seng

Jenis Pipa air selanjutnya yang banyak digunakan untuk kebutuhan gedung ialah Pipa Galvanis atau pipa ir besi seng yang berlapis baja, tidak seperti pipa Pex tadi, pipa satu ini membutuhkan proses yang lebih rumit. 

Hal ini dikarenakan instalasi pipa yang membutuhkan akurasi yang lebih tinggi dibanding pemasangan pipa yang kebanyakan proses pemotongannya yang lebih mudah dilakukan. 

Meski pipa Seng ini terbuat dari bahan yang aman untuk dipakai dalam dan diluar tanah, namun memasangkan pengaman pada instalasi dalam tanah masih perlu dilakukan.

6. Pipa HDPE

PIPA HDPE

Jenis pipa air lainnya yaitu pipa HDPE atau High Density Polythylene yang merupakan pipa dengan material plastik non toxic yang memiliki elasttitas tinggi, selain itu pipa ini sangat aman untuk dialirkan air yang dibutuhkan untuk konsumsi rumah tangga.

Dengan memiliki karakter yang elastis dan kuat, pipa ini sagat cocok untuk digunakan diarea tanah yang tidak stabil, atau curam bahkan yang rawan bencana.

7. Pipa PP-R

Jenis pipa PP-R

Pipa dengan material polypropylene random ini memiliki karakter yang unik karena sifatnya yang dapat menyalurkan air dengan tekanan tinggi dan suhu tinggi. Warna hijau yang mencolok, memiliki fungsi lain untuk sanitasi di rumah. 

Baca juga : Sedang cari kebutuhan kayu untuk eksterior? gunakan Kayu ulin yang Kuat

Terlebih, jenis pipa air satu ini memiliki keunggulan lain yaitu untuk meliputi tahan gempa berbobot ringan, instalasi mudah, hingga tingkat elesitas  yang tinggi.

8. Jenis Pipa PVC D

pipe tipe D

pipa kelas D ini menjadi salah satu varian PVC lainnya yang banyak digunakan untuk mengalirkan air buangan yang tidak bertekanan, biasanya pemakaian Pipa kelas D ini untuk kebutuhan wastafel, kitchen sink, water closet dan lainnya. 

Jika dirumahmu terdapat pipa yang berwarna putih dibagian wastafel maka itu adalah PVC kelas D, Pipa ini memiliki ciri khas dari stripnya berwarna merah yang menempel disepanjang badan Pipa.

Tentunya, harga dari ke 8 jenis pipa air diatas terdapat perpedaan yang beragam, namun kamu bisa menggunakan pipa PVC dengan harga dimulai 113.000,- saja. 

Bagaimana? sudah mengenal jenis pipa? mana jenis yang akan digunakan? 

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang