MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

2 Jenis Seng Terpopuler dan Ketahui juga Fungsi Utamanya

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

2 Jenis Seng Terpopuler dan Ketahui juga Fungsi Utamanya

Kamis, 24 Februari 2022

Atap Seng - Seperti yang kita semua tahu bahwa dalam dunia pertukangan atau kontruksi, beragam jenis material akan saling berkaitan untuk membangun struktur hunian yang kuat, nyaman dan Utuh.

Setiap material tentunya memiliki fungsional yang beragam, sehingga dapat membuat sebuah bangunan semakin kokoh, maka dari itu, penting bagi kita untuk mengenal setiap jenis-jenis material hunian.

seperti halnya material satu ini, yaps Seng atau selembaran produk yang digunakan untuk menutupi beberapa bagian hunian. Atap seng itu sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa kamu gunakan. 

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa ulasan mengenai jenis jenis seng yang bagus untuk Anda gunakan, kira-kira apa saja? yuk simak ulasan berikut : 

Mengenal Material Seng

Walaupun saat ini masih banyak jenis material genteng terbaru dengan bentuk dan kualitas yang beragam,  namun tetap saja, atap seng masih menjadi material andalan bagi sebagian masyarakat, terkhususnya untuk kalangan kebawah. 

jenis atap seng

Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan material seng menawarkan harga yang relatif lebih murah, ketimbang jenis lainnya. Bahkan, kualitas dari atap seng masih bisa di bandingkan dengan beberapa genteng terbaik . 

Tak hanya menawarkan harga yang murah, dan kualitas saja, melainkan proses pemasangan yang mudah menjadi point tambahan, kenapa banyak orang yang masih menggunakannya.

Adapun mengenai berbagai Kelebihan dari atap seng yang perlu kamu ketahui, untuk itu yuk kita ulsan informasinya berikut : 

Kelebihan Atap Seng

kelebihan atap seng

Sebelum mengenal jenis-jenis dari atap seng, yuk ketahui beberapa uraian mengenai kelebihan jika menggunakan material satu ini, berikut : 
  • Memiliki daya tahan yang baik karena sifat material yang tahan terhadap Korosi
  • Jenis seng bergelombang, cukup mudah diaplikasikan tanpa perlu melakukan banyak pemotongan
  • Memiliki kemampuan yang dapat menyerap suhu panas
  • Menawarkan Harga yang relatif lebih Murah dibanding atap lainnya
  • Banyak tersedia dipasaran maupun toko bangunan

Kekurangan Atap Seng

  • Atap seng sangat rentan bocor, apalagi jika material seng terdapat lubang kecil maka sudah pasti akan bocor ataupun rembes. 
  • Meski memiliki sifat korosi, hal ini tidak membuatnya kebal terhadap perubahan cuaca ekstrim, dengan seringnya perubahan cuaca maka warnanya akan mulai memudar
  • seng dapat menimbulkan suara bising ketika terjadinya huja

Jenis Atap Seng

Secara umum atap seng terdiri dari 2 jenis tipe yang berbeda, yakni corrugated sheet, dan seng sem, namun kedua jenis tersebut memiliki perbedaan yang spesifik, kira-kira bagaimana perbedaannya? yuk ketahui berikut : 

1. Corrugated Sheet Seng

Corrugated Sheet Seng

Jenis pertama yang perlu kamu tahu yaitu Corrugated sheet atau biasa dikenal dengan seng bergelombang, jenis seng satu ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan dimasyarakat indonesia. 

Hal ini dikarenakan seng bergelombang menawarkan harga yang lebih murah ketimbang seng datar, tidak hanya itu seng corrugate sheet ini dapat diterapkan dibeberapa area yang memiliki ruang lingkup yang sempit, sehingga tak heran jika tipe corrugated sheet ini lebih populer dibanding seng datar.

2. Standing Seam Seng

Standing Seam Seng

Jika tadi coorrugated sheet memiliki harga yang begitu terjangkau dengan kualitas yang mumpuni, namun tentunya ada kualitas dan ada harga juga bukan? seperti jenis seng satu ini. 

Jenis standing seam seng memiliki bentuk yang datar dengan desain yang modern sehingga sangat cocok untuk diaplikasikan di bangunan yang modern seperti perumahan. 

Tentunya jenis seng satu ini mengusung tampilan yang menyerupai genteng tanah liat, sehingga bentuk dan teksturnya sangat elegant untuk digunakan. 


Seng ini memiliki sebagian bentuk datar dan lurus yang diikuti oleh bentuk trapesium serta bertulang, meski tampilan bentuknya berbeda dengan tipe seng sebelumnya, namun standing seam memiliki fungsi yang sama.

Setelah kamu mengenal 2 jenis seng tersebut, kira-kira sudah tahu? apa sih fungsi seng itu sendiri? maka dari itu, yuk ketahui beberapa informasinya mengenai fungsi seng untuk bangunan, berikut : 

Mengenal Fungsi Seng pada Hunian

Fungsi Seng

Berikut beberapa fungsi dari penggunaan seng untuk bangunan, untuk itu simak ulasannya berikut : 

1. Seng untuk Dinding dan atap

Seng yang memiliki model melengkung maupun bergelombang memiliki fungsi untuk dijadikan atap pelindung dari carport hunian Anda, maupun pembatas dinding hunian bagian luar. 

Dengan penggunaan seng pada bagian atap hunian maupun dinding pembatas, kamu tidak perlu merogoh kocek isi dompet, karena material seng terbilang murah untuk sebuah material. 

2. Sebagai Material Anti Korosi

Korosi merupakan masalah yang sering dialami oleh semua material berbahan zinc seperti besi. Namun, masalah ini tidak akan berlaku untuk seng bergelombang. 

Hal ini karena seng memiliki sfiat anti korosi sehingga membuatnya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, itulah sebabnya material seng kerap diaplikasikan untuk beragam kebutuhan kontruksi.

3. Material Penyejuk ruangan

Perlu diketahui, bahwa sengn mampu menyerap panas dengan baik, berdasarkan beberapa informasi bahwa daya serap panas yang dimiliki material sneg berkisar antara 50% hingga 70%. 


Bahkan dibeberapa jenis seng, daya panasnnya mampu mencapai 90$ dengan kata lain, bagian dalam bangunan yang menggunakan seng tidak akan mudah panas, sehingga memberikan kenyaman yang lebih terhadap pemilik hunian.


Bagiamana? Sudah mengenal apa itu material seng? 

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai pengertian seng, kelebihan hingga fungsi kegunaannya. Dengan itu kamu bisa menjadikan material ini sebagai daftar material untuk Hunian kamu.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga tuntas, tentunya kamu bisa mencari informasi lainnya mengenai beragam jenis material dari interior maupun eksterior, tentunya hanya di Rajawali Parket Indonesia.
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang