MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

3 Kelebihan Kayu Trembesi, Karakteristik, Manfaatnya

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

3 Kelebihan Kayu Trembesi, Karakteristik, Manfaatnya

Selasa, 25 Januari 2022

Kayu Trembesi - Kebutuhan kayu akhir akhir ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan hunian, seperti penggunaannya sebagai material interior ataupun bahan furniture. 

Jenis kayu yag digunakanpun sangatlah beragam, bahkan Anda bisa memilih warna dan serat serta kualitas mana yang terbaik untuk Anda gunakan, tentunya hal ini berpengaruh keharga yang Anda siapkan. 

Mengenal Kayu Trembesi

Beberapa jenis kayu populer yang bisa Anda gunakan, antara lain seperti kayu Jati, merbau, serta kayu Ulin. Namun, ketiga kayu tersebut memiliki harga yang cukup tinggi.

Tapi, ada lho jenis kayu yang memiliki harga terjangkau serta kualitas yang bisa ditandingin. yaps, kayu tersebut yaitu Kayu trembesi. Pernah mendengar kayu satu ini? jika belum, yuk ketahui ulasannya berikut :

Mengenal Kayu Trembesi

Bagi Anda yang tertarik dengan kayu satu ini, yuk kita simak beberapa informasi dimulai dari asal, karakteristik, manfaat, serta kelebihan yang dihasilkan, berikut ulasannya : 

Asal Kayu Termbesi

Kayu Trembesi atau yang sering dikenal kayu Albezia ini, merupakan jenis kayu yang cukup bayak di indonesia lho. 

Bahkan Anda bisa menemukan kayu ini dengan mudah dibeberapa daerah seperti Maluku, Pulau Jawa, Kalimantan hinga nusa Tenggara. 

Tentunya, pohon satu ini memiliki masa pertumbuhan yang cepat, serta dapat memberikan dampak baik bagi para pengerajin kayu. 

Karena pertumbuhann yang cepat inilah membuat produksi kayu satu ini dapat mengalir terus menerus yang tentunya dapat menguntungkan. 

Tinggi Pohon Trembesi

Apalagi, pohon dari Kayu trembesi dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 4 meter ketinggiannya, Dengan inilah para pengerajin dapat memproduksi kayu trembesi dengan bentuk kayu yang besar dan tinggi. 

Pohon trembesi

Apalagi, kayu trembesi dilansir dari beberapa artikel menyebutkan bahwa kayu ini memiliki karakteristik yang dapat bersaing dengan Kayu jati, kira-kira seperti apa ya? berikut ulasannya : 

Mengenal Karakteristik Kayu Trembesi

Warna Kayu Trembesi

Hal pertama yang perlu Anda ketahui dari karakteristik kayu trembesi yaitu warna yang ada pada bagian kayunya, yaitu memiliki warna yang cerah serta cederung berwarna putih.

Sedangkan pada bagian dalam kayunya atau gumbalnya, kayu trembesi memiliki warna cokelat tua bahkan warna tersebut hampir sama dengan kayu jati. 

Motif dan serat kayu trembesi

Tidak hanya warna gumbal dan luarnya saja yang unik, daya tarik dari kayu satu ini terdapat pada serat kayunya yang berwarna hitam pekat, yang membentuk seperti air yang mengalir. 

Berat Kayu Trembesi

Sementara itu, kayu trembesi memiliki berat yang hampir sama dengan kayu jati dan kayu akasia, kayu trembesi memiliki berat bobot di berat 0,5kg per meternya Sehingga kayu ini termasuk kedalam kayu berat. 

Baca juga : Mengenal Kayu Cedar! Simak Karakteristik dan Manfaatnya untuk Hunian

Kualitas Kuat dan Awet Kayu Trembesi

Tidak hanya memiliki bobot Kayu yang berat, melainkan kayu trembesi termasuk kedalam golongan kayu kelas awet III dan kelas Kuat III. 

Kelas tersebut tentunya membuktikan bahwa kayu satu ini sangat bagus jika digunakan untuk keperluan Furniture maupun bahan kontruksi. 

Bahkan, dengan kualitas yang unggul seperti diatas, kayu satu ini memiliki beragam kelebihan yang bisa Anda rasakan lho, sudah tahu kelebihannya? Berikut ulasannya : 

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Trembesi

Banyak hunian yang menyukai konsep natural seperti alam, Hal ini bisa membantu dengan kelebihan pada kayu trembesi, hal tersebut membuat hunian semakin menawan. Seperti apa kelebihanya? 

Kelebihan Bahan Kayu Trembesi

kelebihan kayu Trembesi

1. Harga Kayu Terjangkau

Kelebihan pertama pada kayu Trembesi ialah, harganya yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan kayu jati. 

Harga terjangkau inilah yang banyak dimanfaatkan oleh kebanyakan para pengerajin untuk menghasilkan perabotan atau furniture rumah dengan harga yang cukup miring. 

2. Memiliki Kualitas Motif yang Tinggi

Motif kayu pada Kayu Trembesi yang terbilang unik, karena bagian tengah berwarna gelap dan bagian luar cenderung cerah. 

Membuat perpaduan warna ini dapat memberikan kesan natural serta elegant yang pas untuk dijadikan beragam kebutuhan Hunian yang Terjangkau. 

3. Cocok untuk furniture berbentuk besar

Seperti yang kita ketahui, bahwa banyaknya furniture yang memerlukan bentuk kayu yang lebar dan kuat, tentunya penggunaan kayu trembesi sangatlah cocok. 

hal ini dikarenakan pohon trembesi memiliki bentuk ukuran yang besar, membuat para pengerajin tidak perlu menyatukan antara kayu dan kayu. 

Pastinya, setiap kelebihan pastik ada kekurangannya bukan? begitupun dengan kayu trembesi. Setelah Anda mengenal kelebihan kayu ini, pastikan anda mengenal kelemahannya juga. Berikut informasinya : 

Kekurangan Bahan Kayu Trembesi 

1. Tidak dapat menampung beban Berat

Walau kayu trembesi terkenal dengan bobot berat yang tinggi, namun kayu satu ini kurang maksimal dalam menompang beban berat. 

Sehingga jika Anda ingin menggunakannya, Anda perlu memperhitungkan lebih skala penggunaan beban yang digunakannya. Kayu Trembesi cocok untuk furniture dengan beban ringan. 

2. Rentan Terhadap Rayap

Sebagaimana kita tahu, bahwa rayap merupakan musuh terbesar untuk kebutuhan Kayu, begitupun dengan kayu Trembesi satu ini. 


Kayu Trembesi merupakan kayu yang sangat disukai rayap, dan tidak kuat terhadap seranganya untuk itu Anda perlu menambahkan lapisan anti rayap pada bagian luarnya. 

Lalu, bagaimana dengan manfaatnya? Tentunya dengan kelebihan dan kualitas ini tidak akan mungkin tidak memiliki manfaatnya bukan? untuk itu berikut beberapa manfaatnya : 

Berbagai Manfaat Kayu Trembesi

Banyaknya manfaat yang dihasilkan dari kayu trembesi yang tentunya bisa dimaksimalkan, diantaranya sebagai berikut : 

Manfaat kayu Trembesi

1. Daun Trembesi untuk Obat

Tidak hanya digunakan untuk kebutuhan furniture saja, melainkan bagian daun dari kayu satu ini dapat Anda gunakan sebagai bahan obat Herbal. 

beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun trembesi dapat mengobati sakit kepala, flue radang usus serta penyakit kulit. 

2. Biji trembesi bisa di Makan

Biji Trembesi-pun cukup banyak disukai untuk dijadikan cemilan lho, hal ini dikarenakan biji trembesi memiliki bentuk dan rasa yang sama dengan biji bunga matahari ( kuaci )

Bahkan jika diolah dengan rasa yang gurih, maka biji dari trembesi ini dapat Anda nikmati, hal ini tentunya sudah dilakukan dari jaman dulu hingga saat ini. 

3. Batang Trembesi untuk Perabotan

Secara umum, pohon trembesi memiliki segudang manfaat, dari daun, biji hingga kayunya. Biasanya kayu dari trembesi digunakan untuk kepentingan kebutuhan perabotan rumah.

Beberapa perabotan dari kayu trembesi diantara lainnya digunakan untuk Meja, Kursi, lemari, hingga perabotan lainnya. 

Bagaimana? Tertarik menggunakan Kayu trembesi? 

Demikianlah informasi mengenai kayu trembesi, tentunya kayu ini memiliki kelebihan dan kekurangan, maka Anda perlu mempertimbangkan kembali jika ingin menggunakannya. 

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang