MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Mengenal Kayu Cedar! Simak Karakteristik dan Manfaatnya untuk Hunian

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Mengenal Kayu Cedar! Simak Karakteristik dan Manfaatnya untuk Hunian

Senin, 24 Januari 2022

Kayu Cedar - Kebutuhan material kayu pada saat ini sedang menjadi Trend atau keseharusan yang Ada di sebuah Hunian, kesan asri dan Natural menjadi point utama kenapa material kayu harus Ada di area hunian. 

Terlebih kebutuhan material kayu untuk furniture dan Interior, semakin banyak, dan semakin diperbicangkan. Tidak hanya satu jenis kayu saja yang bisa Anda gunakan bukan? tentuya jenis kayu di indonesia sangatlah beragam.

Mengenal karakteristik kayu cedar

Salah satu jenis yang wajib Anda punya, yaitu Kayu Cedar. Pernah mendengar jenis kayu satu ini? Mungkin sebagian dari Anda masih terdengar asing dengan kayu satu ini, karena di indonesiapun jarang ditemukan. 

Namun, jika ditanya diluar negri, maka kayu satu ini bisa menjadi saingan dari Kayu jati yang memiliki beragam keunggulan dan kualitas, tapi kira-kira kenapa ya? jika Anda penasaran, yuk simak ulasannya berikut : 

Ulas lengkap Kayu Cedar

Pohon Cedar atau dikenal dengan istilah Cedar OF lebanon in merupakan jenis kayu yang cukup terkenal di diunia lho, hal ini dikarenakan kayu cedar memiliki tingkat kualitas yang tidak bisa diragukan. 

Asal Kayu Cedar

Pohon cedar memiliki nama latin Cedrus Libani ini berasal dari Negara lebanon, tepatnya Anda bisa menemukannya di pegunungan Mediterania.

Kata Cedar itu sendiri merupakan kata dari Cedrus yang berarti keturunan, kata ini diperoleh dari bahasa yunani yaitu Kedros. Istilah kedros berarti penyebutan nama cedar, yang digunakan untuk menyebut nama Pohon Juniper juga. 

Pohon Juniper dan Pohon Cedar

Sebagai informasi, bahwa pohon juniper merupakan satuan jenis yang sama dengan Kayu Cedar, karena memiliki karakteristik, batang, serta aroma yang hampir mirip, itulah kenapa Kedros digunakan oleh kedua jenis tersebut. 

Golongan Pohon Cedar

Pohon Cedar

Pohon cedarpun, merupakan tumbuhan yang masuk kedalam golongan Tanaman tumbuh Family pinaceae yang golongan tersebut merupakan jenis tumbuhan yang memiliki bentuk pohon yang besar.

Dengan masuknya kedalam golongan Family Pincaeae ini membuat pohon memiliki kualitas kayu yang cukup tinggi, kira-kira karakteristik kayu cedar seperti apa ya? Berikut informasinya : 

Karakteristik Kayu cedar

Pohon cedar memiliki kayu yang unggul, karakteristik kayu cedar tersebut terdiri dari kayunya memiliki ketinggian mencapai 60meter dari tanah.

karakteristik kayu cedar

Serta memiliki pohon yang lebar, dengan ukuran 2 meter, yang membuat Anda bisa menggunakannya untuk beberapa kebutuhan. 

Kayu Cedar Beraroma Unik

Selain tinggi, ternyata kayu cedar menghasilan resin alami yang dimana resin tersebut, dapat mengeluarkan aroma yang khas, sehingga kayu satu ini mudah untuk dikenali. 

Tingkat kuat dan Awet Kayu Cedar

Bahkan, dengan aroma tersebut, membuat kayu cedar sangat kuat terhadap hama rayap, apalagi kayu cedar memiliki ketahanan yang tinggi, kayu cedar memiliki tingkatan kuat dan awet di kelas II-III. 

Kayu Cedar Anti rayap dan Tahan Cuaca

Tentunya, dari kelas dan aroma yang unik tersebut, membuat kayu satu ini dapat Anda gunakan untuk beragam manfaat, dengan ketahanan yang mencapai puluhan tahun lamanya, dan juga kuat terhadap berbagai macam cuaca.

Kayu Cedar tidak mudah lapuk dan Busuk

Tidak hanya dari kekuatan dan anti rayapnya saja, melankan karakteristik dari kayu cedar ini, tergolong awet karena kayu cedar tidak mudah mengalami pelapukan atau kebusukan, karena kandungan resin yang dimiliki. 

Tentunya, karakteristik tersebut membuat kayu cedar memiliki beragam kebutuhan untuk dijadikan material Furniture dan interior, kira-kira kelebihan apa saja ya? berikut ulasannya  :

Kelebihan dan kekurangan Kayu Cedar

Karakteristik kayu cedar

Kelebihan Kayu Cedar

1. Jenis Kayu Olah dan Mudah Dibentuk

Kelebihan pertama yang bisa Anda rasakan, ialah penggunaan kayu yang mudah diolah, tentunya ini sesuatu keutungan jika Anda bergerak didunia furniture. 

Karena Anda akan dengan mudah membentuk kayu cedar sesuai keinginan Anda. Bahkan kayu cedar terkenal dengan kayu yang anti pecah, tentunya  Anda bisa menggunakanna untuk bahan furniture yang lebih awet dan kuat.

2. Kayu dengan Corak dan Warna yang Cantik

Selain kelebihan kayu cedar yang mudah dibentuk dan bagus untuk kebutuhan furniture, kelebihan inipun dapat menguntungkan Anda juga, karena kayu cedar memiliki warna dan corak yang cantik

Tentunya, warna cokelat tua, muda dari kayu cedar, memiliki harga jual yang cukup tinggi, untuk itulah akan sangat tepat jika kayu cedar digunakan untuk kebutuhan furntiure. 

3. Kuat terhadap Berbagai Cuaca Ekstream.

Jika penggunaan furniture itu diarea luar, maka kayu cedar sangat cocok untuk bahan furnture tersebut, hal ini dikarenakan kayu cedar tahan terhadap berbagai macam cuaca, seperti hujan, panas dan sebagainya. 

Bahkan diluar negeri, kayu cedar ini bisa menjadi alternatif kayu Ulin pilihan, untuk itulah tidak bisa disangkal lagi dengan kualitas kayu yang sangat unggul satu ini. Untuk itu, yuk segera gunakan kayu cedar untuk furniture. 


Tidak cukup dikelebihan saja yang harus Anda ketahui, melainkan Anda perlu mengenal kelemahannya juga, untuk itu yuk ketahui kelemahanya 

Kekurangan Kayu Cedar

1. Sulit ditemukan di Indonesia

Bukan karena kekurangan kayunya nih, ternyata kekurangan dari kayu cedar yaitu kebutuhan produk yang minim Anda temukan di indonesia. Untuk itu, kenapa kayu satu ini tergolong kayu mahal.

Dengan kualitas unggul dan bahkan sangat terkenal diluar negri, membuat Anda perlu merogoh kocek dompet sangat dalam, tapi jika Anda ingin mencari alternatif material satu ini dengan harga yang lebih murah. 

Anda bisa menggunakan jenis kayu Jati, bengkirai, Kelapa, Walnut untuk Anda gunakan sebagai bahan furniture, walau tidak sama persis, tapi kualitas kayu tersebut cukup terjamin. 

Tapi, kayu cedar, tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan furniture saja lho, melainkan masih banyak manfaat kayu cedar lainnya, seperti apa ya? yuk simak ulasannya berikut : 

Berbagai Manfaat Kayu Cedar 

manfaat kayu cedar

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa kayu cedar memiliki resin dan warna yang khas, yang membuat kayu satu ini banyak dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan, seperti berikut : 

1. Sebagai obat luka, salah satu manfaat yang dihasilkan pohon cedar yaitu minyak yang dihasilkannya, beberapa penilitan menyebutkan minyak kayu cedar dapat mengatasi penyakit kulit, seperti eksim dan lainnya. 

2. Pewangi alami, arom khas yang dihasilan kayu cedar membuat kayu satu ini sering dimanfaatkan untuk kebutuhan pewangi pilihan, atau sebagai campuran parfum yang sangat enak.


3. Obat Rambut rontok, Tidak hanya dimanfaatkan untuk pengawi, dan obat luka saja, melainkan minyak kayu cedar bisa Anda gunakan untuk obat anti rontok, karena minyak tersebut dapat merangsang folikel dan meingkatkan sirkulasi darah menuju kepala. 

Bagaimana? tertarik menggunakan salah satu manfaat dari Kayu cedar? Dengan demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, tentunya jika Anda mencari material interior yang berkualtias, Anda bisa menemukannya di rajawaliparket.com.
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang