MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

4 Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

manfaat kayu bajakah bisa mengobati luka hingga membunuh sel kanker dan kesehat…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

4 Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Minggu, 30 Mei 2021

Manfaat kayu bajakah sudah semestinya kamu ketahui. Penelitian baru-baru ini membuktikan jika kayu ini mempunyai fungsi sangat besar untuk dunia medis. Awalnya penelitian tersebut dilakukan oleh tiga orang siswa asal SMAN 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

4 manfaat kayu bajakah bagi kesehatan

Pada penelitiannya tersebut ditemukan hasil mengejutkan. Ternyata kayu bajaka bisa mengobati berbagai penyakit berbahaya. Hasil penelitian siswa tadi di ikut sertakan pada kompetisi dan berhasil menyabet medali emas tingkat internasional tepatnya pada 

Invention Creativity Olympic yang dihelat Juli 2019 tepatnya berada di Seoul, Korea Selatan.

Perlu diketahui jenis kayu tersebut tumbuh liar di hutan Kalimantan. Bahkan untuk menemukannya sendiri sangat mudah. Sementara saat ini, manfaat kayu bajakah membuatnya diperjual belikan secara bebas dengan harga cukup tinggi mencapai Rp 300.000 per kg untuk serpihan kayunya dan tiap potong dihargai Rp 2juta. 

Klaim yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan juga para ilmuwan membuatnya semakin populer. Kini masyarakat mulai memanfaatkan tanaman itu sebagai bahan pengobatan alami yang telah terbukti khasiat serta keberhasilannya. 

Sebab para peneliti telah menemukan hasil signifikan. Pada penelitian itu benar-benar dikupas secara tuntas mengenai toksisitas, keamanan untuk manusia hingga cara kerjanya. Pengobatan menggunakan bajaka sangat menguntungkan, selain tanpa efek samping sebab mengandalkan bahan alami tanpa campuran kimia, juga tidak menghabiskan biaya yang besar. 

baca juga : Dekorasi rumah tampil estetik dengan cara ini

Sekilas Tentang Kayu Bajakah

mengenal tentang kayu bajakah

Penelitian membuktikan jika manfaat kayu bajaka berpengaruh besar untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Sebagai tambahan informasi pada kayu ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak batang yang menjalar. 

Pada tanaman bajakah ini akan banyak ditemukan di hutan pedalaman daerah Kalimantan Tengah. Sampai saat ini tumbuhan tersebut hanya bisa ditemukan di Kalimantan saja dan tidak ada di wilayah Indonesia lainnya. 

Kayu ini terdiri dari beberapa jenis dengan ciri dan karakter yang berbeda-beda. Namun ada satu jenis yang paling terkenal manfaatnya serta telah digunakan oleh masyarakat Kalimantan Tengah. Jenis tersebut ialah Bajaka Tampala atau nama latinnya Spatholobus Littoralis Hassk. 

Awalnya tanaman ini digunakan oleh masyarakat suku Dayak yang telah mengetahui manfaat kayu bajaka. 

Mereka memanfaatkannya sebagai ramuan herbal untuk menyembuhkan luka, menjaga kebugaran tubuh hingga mengobati penyakit serius. Bagian yang digunakan dari tanaman ini yakni batangnya. Mereka mulai mengonsumsi ramuan hasil dari saringan air sari kayu yang terdapat dibagian paling bawah atau akar. 

Seiring berjalannya waktu bajaka mulai tenar di Kalimantan Tengah. Pernah seorang nenek mengaku jika kanker payudara yang ia derita sembuh total setelah konsumsi air rebusannya. 

Kemudian ilmuwan lokal juga melakukan penelitian guna membuktikan kebenarannya. Ternyata kayu tersebut memang ampuh mengobati penyakit berbahaya seperti kanker atau tumor namun tidak semua jenis bisa diobati. 

Akan tetapi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menghimbau agar masyarakat memperhatikan dosis penggunannya. Sebab hingga saat ini manfaatnya masih perlu diteliti lebih lanjut terutama untuk keefektifan serta dosis penggunaan yang tepat. Selain itu juga perlu meninjau cara kerja pada tubuh secara lebih rinci. 

baca juga : 10 Produk Lantai parket Kayu Merbau dan kelebihan kekurangannya

Manfaat Kayu Bajaka untuk Kepentingan Medis 

manfaat kayu bajakah untuk kepentingan medis

Hasil penelitian menunjukan jika kayu tersebut mempunyai manfaat bersar untuk tubuh manusia, yaitu sebagai berikut: 

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Kandungan antioksidan kayu bajakah sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Apabila seseorang mengonsumsi ramuan herbal dari bahan tersebut disertai dengan penerapan pola hidup sehat besar kemungkinan imunitasnya bisa naik hingga tiga kali lipat. 

Dengan begitu tidak akan mudah terserang penyakit ringan ataupun berbahaya. Selain itu ramuan herbal ini juga bisa menangkal radikal bebas serta parasit yang mampu membuat seseorang terkena autoimun. Yaitu sejenis penyakit yang menyerang imunitas manusia secara tiba-tiba hingga menyebabkan kelumpuhan. 

2. Mendukung proses detoksifikasi pada tubuh 

Manfaat kayu bajakah lainnya yakni membantu tubuh mengeluarkan racun dan sisa metabolisme melalui proses detoksifikasi. Racun atau radikal bebas bisa menumpuk didalam tubuh dalam jumlah besar ataupun kecil sebagai akibat paparan polusi udara, asupan makanan tidak bernutrisi, asap rokok, minuman beralkohol dan lainnya. 

Saat kamu membuat seduhan teh kayu ini maka tubuh akan langsung bereaksi mengeluarkan seluruh racun yang telah menumpuk didalam tubuh. Sehingga membuatnya lebih bersih dan sehat, badan terasa enteng sekaligus terhindar dari segala risiko penyakit berbahaya. 

3. Mengobati tumor dan kanker 

Penelitian menunjukan jika bajaka bisa mengobati tumor dan kanker. Kayu ini sangat efektif membunuh sel tumor juga kanker yang tumbuh pada organ tubuh. Pertama kali penelitian guna membuktikan pengobatan kanker menggunakan bajaka dilakukan menggunakan tikus putih di Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat. 

Hasil signifikan menunjukan selama dua minggu sel tumor dan kanker bisa mati total tanpa adanya operasi ataupun campuran pengobatan lainnya. Penelitian itu hanya mengandalkan sari serbuk bajaka saja. 

4. Menghentikan pendarahan 

Suku Dayak ternyata telah mengetahui manfaat kayu bajaka sejak lama. Mereka menggunakan tanaman ini sebagai pengobatan untuk menghentikan pendarahan dan penyembuhan luka. Para peneliti juga telah membuktikannya secara ilmiah, dimana kayu tersebut mengandung senyawa flavonoid, fenolik dan tannin. 

Ketiga senyawa tersebut memiliki sifat sebagai angiogenesis yang berperan membantu pembentukan pembuluh darah yang baru sekaligus mempercepat penyembuhan luka. Menggunakan obat herbal ini luka bisa cepat kering dan menghentikan pendarahan sangat cepat. 

baca juga : Mengenal 2 Jenis lantai kayu Terbaik Asal Kalimantan

Cara Konsumsi Kayu Bajakah

cara konsumsi kayu bajakah

Bagi anda yang ingin mengonsumsi ramuan herbal bajaka maka perlu mengetahui cara pengolahannya, yaitu sebagai berikut: 

  1. Potonglah kayu menjadi beberapa ukuran lebih kecil dan tipis, kemudian jemurkanlah dibawah terik matahari selama beberapa hari hingga benar-benar kering. 
  2. Selanjutnya hancurkan kayu yang telah kering tersebut menjadi bubuk halus menyerupai serbuk kopi atau teh. Gunakan alat bantu seperti blender atau penumbuk tradisional. 
  3. Jika telah menjadi serbuk segera tempatkan pada wadah khusus untuk disimpan. Selanjutnya anda bisa membuat larutan teh menggunakan air panas.
  4. Tuang 1 gram bubuk hasil tumbukan kemudian seduh dengan 500 ml air panas. Aduklah hingga tercampur rata dan air berwarna coklat bening. Minum seduhan tersebut secara teratur satu gelas setiap harinya. 

Perlu diketahui manfaat kayu bajakah selain bagian batangnya, akarnya juga memiliki khasiat besar. Apabila anda tidak ingin merasa ribet dengan proses pembuatan serbuknya, kini bisa membelinya di toko obat herbal. Karena serbuknya telah dijual secara bebas di pasar konvensional ataupun marketplace yang ada di internet. 

Agar tubuh selalu sehat dan bugar, konsumsi bajaka memang direkomendasikan akan tetapi juga disarankan imbangi dengan penerapan pola hidup sehat. Seperti menjaga asupan makanan, berolahraga secara teratur, dan hindari rokok serta alcohol. 

Dengan menerapkan cara hidup yang sehat maka tubuh bisa sehat dan dapat terhindar dari berbagai penyakit pada saat ini. Akan menjadi hal percuma saat anda konsumsi serbuk bajaka namun tidak di ikuti dengan penerapan gaya hidup sehat. 

Sebab keberhasilan ramuan herbal ini juga ditentukan dari usaha anda sendiri untuk merubah kebiasan hidup tidak sehat yang selama ini dilakukan. Konsumsilah makanan gizi seimbang untuk bisa memaksimalkan manfaat kayu bajaka

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang