MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Tips Mendesain Ruang Tamu Minimalis

Ruang tamu minimalis kini menjadi hal yang sangat populer. Agar rumah terlihat …

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Tips Mendesain Ruang Tamu Minimalis

Minggu, 18 April 2021

 Jika kamu memiliki ruang tamu dengan lahan terbatas, jangan khawatir karena ruang tamu kamu juga tetap bisa didekor sedemikian rupa hingga tidak memberikan kesan kalau ruang tamu kamu sebenarnya kecil lho. Ruang tamu minimalis juga tetap bisa didekor menjadi ruang tamu yang nyaman dan ideal dengan menyesuaikannya dengan pemilihan elemen interior yang pas. Bagaimana caranya? Yuk simak tipsnya yang sudah dirangkuman di bawah ini.

6 Tips Untuk Ruang Tamu Minimalis

6 Tips Untuk Ruang Tamu Minimalis

1. Menggunakan Warna Netral

Warna Netral untuk ruang tamu minimalis

Jika ingin mendesain ruang tamu minimalis, sebaiknya gunakanlah palet warna yang netral dan kalem. Dengan memilih warna yang tepat, maka akan banyak mempengaruhi suasana dari ruangan itu sendiri. Kamu bisa memilih perabot sebagai elemen interior utama dengan warna-warna netral yang cerah seperti warna putih, abu muda, atau juga ivory. Warna-warna tersebut adalah warna yang bisa memantulkan cahaya sehingga bisa memberikan kesan kalau ruang tamu kamu itu luas dan membantu suasana ruangan terasa lebih nyaman.

2. Menggunakan Cermin 

cermin minimalis

Menggunakan cermin di ruang tamu minimalis bisa dibilang jadi tips yang populer untuk membuat sebuah ruang tamu dengan ukuran yang kecil agar terlihat leboh luas. Seperti yang sudah banyak kita ketahui kalau cermin sendiri mempunyai efek memantulkan yang bisa langsung membuat sebuah ruangan terlihat lebih luas. Namun janganlah menggunakan cermin secara sembarangan dalam mendekor ruang tamu minimalismu, karena kamu juga harus mengetahui lokasi mana, ukuran cermin seperti apa, dan berapa banyak cermin yang bisa kamu pakai. Letakkanlah cermin secara berdekatan dengan sumber cahaya karena ruangan dengan pencahayaan yang baik akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Jika ruang tamu kamu memiliki jendela, maka kamu bisa meletakkan cermin berseberangan dengan jendela. 

3. Memanfaatkan Dinding dan Bagian Sisi Atas Ruangan

Plafon kayu minimalis

Kamu bisa menjadikan langit-langit yang tinggi ruang tamu minimalis kamu sebagai highlight agar memberikan kesan ruangan yang luas. Kamu bisa mendekor bagian ini dengan memasang tirai yang panjangnya menjuntai hingga lantai atau bisa juga dengan memasang dengan lampu gantung. Hal ini karena setiap ruangan memiliki dimensi vertikal. Kamu juga bisa menghias ruang vertikal bagian atas ruang tamumu dengan hiasan atau dekorasi lainnya, misalnya dengan rak buku yang diletakkan dekat langit-langit agar pandangan mata dapat lebih fokus ke bagian sisi atas ruangan.

Dinding pada ruang tamu minimalis bisa juga kamu jadikan sebagai media untuk menampilkan dekorasi seperti cermin, bingkai, atau hiasan lainnya. Namun tetap perhatikan jumlah dan fungsinya ya. Kamu bisa menambahkan perabot atau dekorasi yang selain untuk kepentingan dekorasi namun juga memiliki fungsi, misalnya dengan menggantung rak di dinding untuk menyimpan buku atau dekorasi lainnya. Jika anda menginginkan dinding atau plafon yang berkualitas baik, gunakanlah plafon kayu asli. Selain keawetannya, lambersering ini juga dapat menambahkan estetika pada rumah anda.

Baca Juga : Harga Plafon Kayu 2021

4. Memilih Perabot Minimalis 

Perabot Minimalis

Gunakanlah perabot atau furnitur yang ringan dan simple. Untuk kursi, kamu bisa memilih kursi dengan kaki-kaki yang tipis sehingga memberikan kesan yang ringan pada ruangan. Untuk meja, pilihlah meja dengan kaki yang tipis dengan bahan kaca agar memberikan kesan lebih luas terhadap ruangan. Pemilihan perabot seperti ini berpengaruh terhadap suasana dan kesan pada ruangan, bandingkan saja jika menggunakan perabot atau furnitur kayu yang tebal dan berat maka akan meninggalkan kesan yang tebal dan terlalu kaku.

Memilih perabot multifungsi untuk dekorasi ruang tamu minimalis bertujuan agar kita bisa meminimalisir penggunaan banyak perabot dan membantu ruang tamu kita tetap tampak rapi. Kamu bisa menggunakan perabot dengan desain yang kreatif dan multifungsi, misalnya meja tamu yang bisa dijadikan juga sebagai meja kerja, sofa dengan laci untuk storage di bagian bawahnya, dan sebagainya. 

5. Menggunakan Lantai dengan Material Kayu

Lantai kayu solid untuk ruang tamu

Material kayu sangat populer untuk dijadikan lantai rumah, begitu juga untuk ruang tamu. Menggunakan lantai kayu di ruang tamu minimalis adalah ide yang baik untuk menampilkan kesan homey dan artistik pada ruang tamu itu sendiri. 

Selain menambah nilai seni pada ruang tamu, penggunaan lantai kayu juga bisa membuat ruang tamu kamu terasa lebih hangat. Banyak pilihan lantai kayu seperti apa yang bisa kamu pakai untuk mendekor ruang tamu minimalismu, namun usahakan untuk tetap memperhatikan perabot yang harus kamu padu-padankan dengan lantai kayu agar harmonis dan sesuai. Agar terlihat lebih segar dan natural, kamu juga bisa menambahkan tanaman hias indoor di sudut ruangan atau juga menggantungnya. 

Untuk informasi harga lantai kayu, anda bisa baca disini: Harga Lantai Kayu Solid Terbaru 2021

6. Melibatkan Dekorasi Berwarna Emas Sebagai Spotlight 

ornamen berwarna emas

Meskipun minimalis, kamu juga bisa menonjolkan warna emas di ruang tamu kecilmu untuk memberikan sentuhan yang eksklusif. Misalnya dengan memberikan dekorasi yang ada unsur warna emas yang bisa jadi spotlight di ruangan. Dekorasi dengan nuansa emas tersebut bisa cermin dengan pinggiran berwarna emas, rak besi dengan warna emas, lampu gantung, atau juga hiasan dinding yang memilik unsur warna keemasan. 

Demikianlah pembahasan kita tentang 6 Tips Mendesain Ruang Tamu Minimalis, semoga bermanfaat bagi anda yang hendak mendekorasi hunian kesayangannya. Terimakasih telah membaca, sampai jumpa di lain kesempatan.

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang