MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Mudah! Cara pasang Lantai Vinyl Agar tidak Bergelombang

Hal yang paling penting dan utama yang harus anda perhatikan adalah bagaimana b…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Mudah! Cara pasang Lantai Vinyl Agar tidak Bergelombang

Sabtu, 18 Juli 2020
Cara Pasang Vinyl - Lantai vinyl merupakan material lantai yang mudah dalam proses pemasangannya, Hal ini dikarenakan bentuk produk vinyl yang tipis dan fleksibel membuat pemasangan vinyl sangatlah mudah

cara pasang lantai vinyl

Namun, banyaknya pemasangan vinyl yang terkesan asal, karena tidak mengetahui cara pemasangannya yang tepat, untuk itu kami disini akan memberikan beberapa tahapan pemasangan yang tepat menurut ahli pemasangan.

Maka dari itu, untuk Anda yang sedang mencari langkah pemasangan vinyl dengan tepat dan cepat, kami akan memberikan beberapa tahapannya, untuk itu yuk simak ulasannya berikut :

Langkah Pemasangan Lantai Vinyl

Tentunya, sebelum proses pemasangan lantai vinyl, Anda harus mempersiapkan beberapa bahan dan alat untuk membantu Anda dalam pemasangan kali ini, tenang tidak berat kok, bahan dan barang yang digunakan mungkin Anda punya. Simak berikut ini : 

Alat dan bahan Pemasangan Vinyl

  1. Produk Vinyl
  2. Gunting 
  3. Lem
  4. Palu karet

Tahap Persiapan pemasangan Vinyl 

1. Pilih Bagian lantai yang Akan dipasangkan Vinyl

Tahapan pertama tentunya, mempersiapkan area yang akan digunakan. Area tersebut bisa ruang tamu, kamar tidur atau area penting lainnnya. 

Hal yang paling penting dan utama yang harus anda perhatikan adalah bagaimana bentuk permukaan lantai dasar dan tingkat kelembaban sebelum dipasangkan vinyl.

Cara Pasang Lantai Vinyl

Pastikan finishing plester memakai aci halus, karena pleter kasar akan membuat finishing lantai vinyl tidak datar sempurna.

Sebab vinyl tidak sekokoh lantai kayu solid, vinyl memiliki sifat flexsible maka akan mengikuti dasar lantai. Jika plesteran lantai tidak datar atau cekung maka hasilnya permukaan vinyl juga akan cekung mengikuti lekukan lantai dasar.

2. Sesuaikan ukuran dan type vinyl pada area Ruangan

Setelah area yang akan digunakan sudah tersedia, tahap selanjutnya yaitu menyesuaikan produk vinyl yang akan anda gunakan, tentunya vinyl memiliki beragam type dan jenisnya. Dari mulai vinyl type plank, roll dan sebagainya. 

Sesuaikan ukuran dan type vinyl pada area Ruangan

Tentunya, vinyl tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda, maka dari itu Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis vinyl mana yang sesuai dengan presisi area ruangan tersebut. 

3. Kosongkan Ruangan dari furniture

cara pasang lantai vinyl

Tahap selanjutnya yaitu mengkosongkan area yang akan dipasangkan vinyl dari semua furniture, hal ini dilakukan agar pemasangan tidak terhalang oleh furniture. 

Walaupun vinyl hanya sebatas pelapis lantai namun, menyesuaikan lantai vinyl agar rapih butuh ruang yang luas. 

4. Bersihkan area yang kosong hingga bersih

Setelah furniture sudah dikeluarkan dan area kosong, tahap selanjutnya untuk membersihkan area tersebut hingga bersih dan tidak meninggalkan debu. 

cara pasang lantai vinyl

Hal tersebut dikarenakan lantai vinyl dipasangkan menggunakan lem, jika ada debu yang masih menempel, mungkin vinyl tidak akan rekat dengan sempurna.

Jika dirasa tahap persiapan sudah beres, langkah selanjutnya yaitu tahap pemasangan vinyl. untuk diingatkan kembali, agar tidak ada yang terewat dalam proses persiapan, demi pemasangan yang sempurna : 

Tahap pemasangan Vinyl yang Mudah

1. Pasang Vinyl secara terbalik 


Tahap pemasangan pertama yaitu menyiapkan lantai vinyl satu persatu diseluruh ruangan dengan cara dibalikkan, hal tersebut agar memudahkan dalam proses pengeleman dan agar lem yang digunakan tidak tercecer kemana-kemana. Jadi, tahap ini memudahkan Anda agar nantinya pada proses pemasangan Anda tinggal membalikannya. 

2. Lapisi bawah lantai vinyl dengan Lem

Tahap selanjutnya yaitu melapisi area vinyl dengan lem, seperti pada tahap pertama yaitu dengan membalikan area bawah vinyl keatas. 


Hal tersebut sangat memudahkan proses pengelaman, karena dengan tahap tersebut Anda tidak perlu lagi untuk membalikannya satu persatu. 


Lapisi lem secara menyeluruh agar tidak ada permukaan vinyl yang tidak menempel pada lantai, dan jika lem tidak merata, maka vinyl akan mengeluarkan udara dan akan rusak untuk beberapa hari kedepan. 

3. Melapisi area garis keramik dengan compound

Jika lantai hunian Anda sebelumnya menggunakan keramik, tentunya keramik memiliki celah garis yang menghubungkan dari keramik satu ke keramik lainnya. 

cara pasang lantai vinyl

Untuk itu, anda perlu menggunakan compound. Compoun tersebut merupakan bahan penutup celah keramik, agar permukaan lantai vinyl tidak bergelombang dan tentunya dapar rata dengan sempurna. 

4. Lem permukaan lantai yang sudah di-compound

Setelah compound kering, tahap selanjutnya yaitu menungkang dan melapisi area lantai dengan lem kembali, agar lem lantai dan lem vinyl merekat dengan kuat. 

5. Pasangkan vinyl secara perlahan dan menyeluruh

Setelah dirasa lem lantai dan vinyl sudah setengah kering, lalu Anda dapat menempelkan atau memasangkan lantai vinyl kedalam lantai keramik yang sudah di Lem. 


Tentunya, Pastikan tidak ada area yang tidak merekat. Setelah pemasangan selesai, tinggalkan agar kering dan jangan menginjaknya terlebih dahulu. Lalu, potong vinyl ketika melewati batas lantai, agar rapih dan nyaman dilihat.

6. Vinyl siap digunakan


Setelah semua dirasa beres, vinyl siap Anda gunakan. 

Meski cara pasang vinyl terlihat mudah, alangkah baiknya jika proses pemasangan di serahkan pada ahlinya, agar mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak mengecewakan. Anda bisa memesan produk vinyl dan jasa pemasangan dengan menghubungi nomer marketing kami berikut ini;

Call/Whatsapp
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang