MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Buat Tampilan Hunian dengan 4 Pola Pemasangan Lantai Vinyl agar Lebih Cantik

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Buat Tampilan Hunian dengan 4 Pola Pemasangan Lantai Vinyl agar Lebih Cantik

Selasa, 04 Oktober 2022

Motif Pemasangan Lantai Vinyl - Selain warnanya yang dapat memberikan kesan hangat dan cantik pada ruangan, tentunya lantai vinyl memiliki visual dan motif yang beragam, terkhususnya motif kayu yang diadaptasi dari Parquet kayu solid. 

Apalagi di era modern ini, pola pemasangan lantai vinyl semakin beragam, tentunya hal tersebut mengikuti perkembangan waktu dan selera yang makin hari makin banyak keinginan. 

4 Pola Pemasangan Lantai Vinyl agar Lebih Cantik

Lantai vinyl, tentunya material yang mudah dalam pemasangan terlebih vinyl memiliki beragam jenis yang memudahkan pengaplikasian pola lantai. 

Namun, dengan beberapa jenis produk vinyl masih banyak yang kebingunan untuk menggunakan pola yang seperti apa untuk jenis jenisnya. 

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa informasi tentang menentukan pola dan motif lantai vinyl menyesuaikan dengan spesifikasi ukuran, untuk itu yuk simak agar lantai vinylmu semakin bervariasi :

Mencari Motif Pemasangan Lantai Vinyl

Vinyl yang tentunya memiliki beragam bentuk dan ukuran yang beragam, seperti plank, tile dan roll. Hal tersebut membuat Anda kebingunan untuk menggunakan pola pemasangan seperti apa, agar terlihat cantik dan pas untuk ruangan. 


Beberapa rangkuman telah kami siapkan untuk memudahkan Anda mencari pola pasang yang sesuai selera dan sesuai jenis vinyl tersebut. Namun sebelum kepembahasan itu, Anda harus mengenal sedikit terlebih dahulu mengenai jenis jenis vinyl berserta ukurannya.   

Sedikit pembahasan, bahwa lantai vinyl memiliki beragam jenis bentuk, seperti jenis vinyl plank yang seperti parquet kayu, serta lantai vinyl roll yang penggunaannya seperti karpet, lalu vinyl tile memiliki bentuk seperti keramik. 

Hal ini menjadikan pola pemasangan memerlukan jenis vinyl yang tepat, namun pembahasan tersebut belum banyak diketahui, untuk itu kami akan memberikan beberapa informasi mengenai jenis vinyl berserta pola pemasanganya yang cocok dan tepat, untuk itu simak terus artikel ini. 

Area Pemasangan dan Pola Pemasangan 

Sebelum kepembahasan, sedikit informasi bahwa pola pemasangan vinyl bisa digunakan juga untuk parquet kayu solid. Namun dengan proses pemasangan yang sedikit berbeda, namun bentuk pola yang sama. Berikut beberapa pola pemasangan yang tepat untuk jenis vinyl yang tepat : 

Pola pemasangan vinyl motif susun bata

Pola yang pertama yang bisa anda gunakan ialah Pola pemasangan lantai vinyl susun bata, pola ini sering digunakan dalam pemasangan lantai kayu parket, karena mudah dan tidak memakan banyak waktu. 


pemasangannyapun tidak membutuhkan banyak bahan dan tidak banyak terbuang, hal ini menjadikan pola vinyl susun bata dapat menghemat pengeluaran Anda.  Jenis vinyl yang tepat untuk pola ini ialah Vinyl Plank, karena memiliki ukuran yang  sesuai dan dapat diposisikan sesuai bentuk polanya. 

Pola satu ini sangat cocok untuk kebutuhan acara yang membutuhkan lantai motif kayu dengan waktu yang lebih singkat, namun untuk hunian pun jenis pola ini sangat cocok untuk ruangan pribadi, seperti kamar dan ruang keluarga. 

Pola Pemasangan Vinyl motif Mozaik

Pola pemasangan mozaik cukup banyak digunakan, apalagi lantai vinyl memiliki jenis produk yang berbentuk keramik, karena mozaik tersendiri merupakan pola lantai yang tersusun dari 3 buah pasang lantai yang ukurannya sama membentuk keramik. seperti gambar dibawah ini : 




Benar, jenis vinyl tersebut ialah vinyl tile karena berbentuk seperti keramik dengan motif kayu yang menjajar, untuk itu penggunaan pola pemasangan satu ini tidak perlu melakukan potongan kembali, karena sudah terbentuk sedemikian rupa. 

Area yang cocok untuk pola lantai dari jenis vinyl ini ialah untuk gedung serba guna, dengan ruang lingkup yang luas. Hal ini dikarenakan jenis pola yang cantik dapat membentuk thema untuk sebuah ruangan yang elegant dan terkesan mewah. 

Pola Pemasangan Vinyl motif Herringbone

Pola Herrinbone merupakan pola pemasangan lantai vinyl yang sangat digemari oleh kebanyakan pemilik hunian,  karena memiliki bentuk yang unik dan terkesan lebih mewah. Pola satu ini memiliki bentuk seperti cucuk ikan yang berhadapan atau zigzag. 

Salah satu jenis vinyl yang cocok ialah vinyl plank, sama seperti susun bata. karena pola pemasangan herringbone membutuhkan bahan lantai yang memiliki bentuk persegi yang dapat disusun dengan mudah. 


Tapi, menggunakan pola satu ini akan sedikit menghamburkan karena akan terpotong sekitar 30% bahan karena menyesuaikan sudut ruangan karena itulah pola satu ini memerlukan budget yang cukup.

Pola pemasangan vinyl motif chevron

Pola chevron merupakan pola lantai yang hampir mirip dengan herringbone, namun pola pemasangan chevron pada ujungnya dipotong agar lebih seperti bentuk segitiga, seperti gambar dibawah : 

Pola lantai satu ini sangat khas karena memiliki bentuk yang sangat unik, bahkan lebih unik dibanding pola pemasangan lainnya. Namun, sama dengan pola herringbone yang lebih hambur hampir 40%. 




Pola satu ini sangat cocok dengan jenis vinyl plank dengan area khusus atau inti seperti gedung serba guna, ruang tamu atau ruang lainnya yang penting. Karena pola vinyl chevron sangat mampu membuat pengunjung atau penghuni semakin betah diruang tersebut.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa pola pemasangan lantai ini bisa digunakan untuk kebutuhan parquet juga namun tentunya pola pemasangan vinyl dan parquet sedikit berbeda, sudah tahu apa saja perbandingannya? Berikut beberapa informasinya : 

Perbandingan Tampilan Vinyl dan Lantai Kayu Solid

Pola pemasangan dari lantai vinyl dan solid memanglah sama, sama - sama herringbone, susun batu dan sebagainya. Tapi, pada proses akhirnya pemasangan pola tersebut bisa dilihat berbeda, 

untuk itu kami disini akan memberikan beberapa informasi mengenai perbandingan pola lantai vinyl dan pola lantai kayu solid. Berikut informasinya : 

Perbandingan dari Tampilan 

Perbandingan yang sangat terlihat dari pemasangan kedua produk tersebut ialah terdapat pada motif yang terlihat setelah pola pemasangan dilakukan, hal tersebut terlihat dikarenakan lantai kayu solid memiliki motif yang natural dan berbeda beda setiap lembaran parquetnya. 




Sedangkan Lantai vinyl, memiliki motif yang sama dan tidak ada pembeda, hal ini akan terlihat ketika proses pemasangan selesai, dan ketidak selerasan dari pemasangan akan sangat terlihat dan menjadikan perbedaan dari kedua jenis tersebut. 

Perbandingan dari proses pemasangan

Perbedaan selanjutnya terdapat pada proses pemangan, mengapa demikian? proses pemangan yang relatif lebih mudah terdapat pada lantai vinyl karena vinyl memiliki struktur produk yang elastis dan mudah dibentuk, hanya dengan pisau dan gunting saja vinyl masih bisa terpotong. 

Sedangkan, lantai kayu solid membutuhkan waktu yang lama karena harus menggunakan mesin serta proses tersebut harus dilakukan dengan mesin berat. Maka dari itu, lantai vinyl terkenal dengan material lantai yang effisiensi waktunya paling cepat. 


Ngomong - ngomong soal pemasangan pola lantai vinyl, Apakah sudah tahu tahapan apa saja yang harus Anda siapkan? Tentunya persiapan tersebut sangatlah mudah. Apa saja ? berikut informasinya : 

Trick and Tips Pemasangan Lantai Vinyl

Tahapan pemasangan lantai vinyl sangtlah mudah dan terkesan tidak rumit, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa benda saja untuk kebutuhan pemasangan. 


Seperti gunting/ cutter, lem dan penggaris, ketiga benda tersebut sangat berguna untuk kebutuhan mengukur bahan vinyl, lalu untuk merekatkan dan memotong beberapa bagian agar pas dengan area yang diinginkannya. 


jadi, sudah tahu motif dan pola lantai vinyl mana yang akan Anda aplikasikan untuk area hunian?
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang