MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

8 Lantai Pilihan Untuk Lapangan Olahraga. Mana yang terbaik ?

daftar lantai yang sering digunakan di lapangan olahraga ada parket, vinyl, int…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

8 Lantai Pilihan Untuk Lapangan Olahraga. Mana yang terbaik ?

Kamis, 26 November 2020

Lantai Lapangan Olahraga - Saat ini ruang terbuka hijau untuk olahraga dengan nyaman cukup sulit ditemukan. 

Karenanya pemerintah dan masyarakat tengah gencar membangun sarana olahraga berupa gedung, lapangan, dan fasilitas olahraga lainnya agar masyarakat bisa terus menjalankan pola hidup sehat.

8 Lantai Pilihan Untuk Lapangan Olahraga.

Untuk membuatnya tentu tidak boleh sembarang, harus memperhatikan segala macamnya dengan sangat teliti seperti lantai yang bagus agar fasilitas tersebut bisa berguna untuk jangka waktu yang panjang. 

Terdapat beberapa jenis lantai terbaik untuk lapangan olahraga yaitu seperti yang berikut ini:

Berikut 8 Lantai Lapangan Olarhaga Paling

 1. Lantai Vinyl Untuk Olahraga Indoor

8 Lantai Pilihan Untuk Lapangan Olahraga. Mana yang terbaik ?

Anda pecinta olahraga indoor seperti futsal, badminton, basket dan voli? pasti sudah tidak asing lagi dengan lantai ini. Permukaan vinyl yang anti slip dapat mengurangi dampak terjadinya cedera jangka pendek pada pemain. Karenanya banyak gedung olahraga yang menggunakan lantai jenis ini. 

Lantai ini juga mempunyai banyak keunggulan dibanding jenis lantai olahraga yang lainnya serta sudah diakui sebagai salah satu jenis lantai berstandar internasional. Vinyl memiliki tekstur yang cukup elastis karena terbuat dari bahan Poly Vinyl Chloride. 

Dengan teksturnya yang elastis tersebut lantai ini jadi tidak mudah rusak walaupun berada pada suhu yang tinggi. Lantai terbaik untuk lapangan olahraga ini mempunyai dua tekstur berbeda, yaitu halus dan sedikit kasar. 

Penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun prioritas masing-masing. Anda tidak perlu khawatir dengan suhu serta kelembapan di dalam ruangan, karena bahan PVC ini selain bertekstur elastis juga anti air. 

Pada musim panas tidak akan melebar, dan di musim dingin, tidak akan mengkerut walaupun terkena banyak air. Perawatannya juga sangatlah mudah, cukup siram dengan air bersih kemudian pel hingga merata. 

Vinyl Flooring juga memiliki pilihan warna yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Karena warna dan tekstur yang digunakan di setiap cabang olahraga sangatlah berbeda. Dan terakhir yang menjadikan vinyl disukai oleh semua orang ialah harganya yang lebih murah dibanding lantai jenis lain. 

2. Lantai Interlock Yang Cocok Untuk lapang Olahraga

8 Lantai Pilihan Untuk Lapangan Olahraga. Mana yang terbaik ?

Lantai Interlock sering kita jumpai pada lapangan olahraga futsal. Interlock memiliki daya tahan tinggi dan terbuat dari bahan yang kuat yaitu polypropylene. 

Penggunaan lantai terbaik untuk lapangan olahraga ini terbilang awet serta tidak mudah rusak karena tahan terhadap serangga, serangan jamur, dan bakteri. 

Selain untuk berolahraga, lantai ini juga bisa digunakan untuk tempat bermain anak karena warnanya sangat bervariasi mulai dari gelap, terang, hingga netral. Varian warnanya ini dapat dikombinasikan dan dikreasikan secara kreatif loh. 

Pemasangan lantai ini cukup mudah yaitu dengan dibongkar pasang dan dia juga memiliki sistem knock down yang baik. Di setiap sudutnya terdapat kuncian yang mempermudah dalam pemindahan serta dapat dipasang kembali. 

Akan tetapi merawat lantai terbaik untuk lapangan olahraga ini tidak bisa sembarangan, yaitu harus menggunakan pel bertekstur lembut supaya terhindar dari goresan. 

Gunakan pula cairan pembersih khusus karena cairan lantai jenis biasa dapat memudarkan warnanya, dan agar tidak cepat retak hindarkan lantai dari sinar matahari secara langsung. Harga lantai Interlock memang cukup mahal, tapi hal ini sebanding dengan kualitas bahannya yang sangat baik. 

Cara yang paling efektif untuk mencegah cedera olahraga pada altet tentunya dengan memastikan mereka bermain di jenis lantai olahraga yang tepat dengan permukaan yang baik dan aman. 

3. Lantai Kayu Keras Yang Melegenda 

Lantai Lapangan Olahraga

Lantai kayu merupakan jenis lantai olahraga indoor yang paling banyak digunakan untuk lapangan basket. 

Penggunaan lantai kayu untuk lapangan basket merupakan standar penerapan lantai yang dibuat oleh The International Basketball Federation (FIBA).

Penggunaan lantai kayu pada lapangan indoor memiliki nilai yang sangat baik terhadap pemain, terutama pada olahraga yang memiliki intensitas meloncat sangat sering seperti Basket, Voli dan badminton.

Dengan menggunakan lantai kayu, resiko cedera lutut pemain akan dapat lebih diminimatir karena lantai kayu bisa menyebarkan daya bentur dari kaki menuju lantai sehingga tidak membalik ke bagian tubuh pemain.

Nilai positif lain pada lantai kayu adalah berkualitas, tahan lama serta cukup estetis sehingga selain membuat pemain lebih aman tetapi juga mendapati tampilan lapangan olahraga lebih estetis dan mewah.

Baca Selengkapnya : yuk Ketahui jenis kayu terbaik untuk Lapangan dan Produk Terbaiknya

4. Lantai Atletik Poliuretan 

8 Lantai Pilihan Untuk Lapangan Olahraga. Mana yang terbaik ?

Polyurethane merupakan jenis lantai atletik indoor yang paling tahan lama karena dapat menangani dampak berat dari atlet serta peralatannya. 

 Polyurethane juga jenis lantai olahraga yang benar-benar mulus yang biasanya digunakan pada lapangan serta fasilitas serba guna di mana beberapa jenis olahraga bisa dimainkan.

Lantai jenis ini juga dapat disesuaikan untuk pusat kebugaran, berbagai jenis gym dengan fasilitasnya. 

5. Lantai Karet Daur Ulang 

8 Lantai Pilihan Untuk Lapangan Olahraga. Mana yang terbaik ?

Lantai karet daur ulang bisa digunakan untuk berbagai keperluan olahraga, Lantai karet daur ulang lebih ideal sebagai tempat pelatihan juga pusat kebugaran yang berada di dalam ruangan.

Lantai terbaik untuk lapangan olahraga ini merupakan salah satu lantai atletik yang paling ekonomis juga sangat tahan lama, tahan air dan noda, mudah dirawat, dapat menyerap goncangan, dan memiliki penampilan yang mulus. 

Bahan dari lantai jenis ini yang merupakan daur ulang juga sangat efektif sebagai alternatif penggunaan bahan baku baru yang lebih mahal harganya. Anda bisa menghemat lebih banyak dengang menggunakan lantai jenis ini. 

6. Lantai Karet Vulkanisir Yang Unik 

Banyak keunggulan yang dimiliki lantai karet ini seperti tahan slip, juga tidak berpori, anti terhadap mikroba, dan mudah dirawat pada lapisan atasnya dan pada lapisan bawahnya bisa memberikan daya serap juga stabilitas guncangan yang lebih maksimum. 

Karet divulkanisirnya juga dapat menahan kompresi serta alat berat yang lainnya yang memiliki tekanan lebih. 

Selain itu, lantai karet vulkanisir juga terkenal dengan kualitasnya yang sangat premium. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan bahan yang bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. 

7. Lantai Track

8 Lantai Pilihan Untuk Lapangan Olahraga. Mana yang terbaik ?

Permukaan track sering dibuat dari bahan karet daur ulang yang akan memberikan daya cengkeram serta daya serap yang sangat baik untuk menghindari cedera umum pada kaki, dan pergelangannya.
 
Sebagai lantai terbaik untuk lapangan olahraga, permukaan track juga dirancang untuk mengalirkan air hujan secara efektif agar permukaan tetap kering dan aman bagi para atlet. 

8. Rumput Sintesis

8 Lantai Pilihan Untuk Lapangan Olahraga. Mana yang terbaik ?

Banyak sekolah dan fasilitas olahraga telah menggunakan rumput buatan atau sintesis untuk permukaan lapangan mereka karena bisa meniru tampilan nuansa rumput alami tanpa pemeliharaan tertentu seperti untuk permukaan rumput alami. 

Permukaan ini terdiri dari serat filamen yang menciptakan tampilan rumput, serta pengisi karet bertindak sebagai kotoran yang memberikan daya serap serta. 

Baca Juga : Lantai kayu Sintetis : Vinyl, Laminate, Lantai Spc, Wpc, mana yang Terbaik?

Sekian ulasan mengenai jenis lantai terbaik untuk lapangan olahraga. Ternyata ada banyak pilihan jenis lantai yang bisa Anda gunakan baik untuk lapangan indoor maupun outdoor. 

Lantai manakah yang terbaik ? 

Jenis-jenis lantai diatas memiliki kelebihannya tersendiri dan memiliki kecocokan  masing-masing pada jenis olahraga yang akan di mainkan. Seperti penggunaan lantai kayu pada lapangan Basket yang menjadi standar International dari FIBA.

Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan untuk lapangan olahraganya. Dengan teknologi dan keberagaman kreativitas yang saat ini sangat meningkat, banyak tercipta model baru dari berbagai alat yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Hal ini akan sangat memudahkan dan dapat menghemat banyak biaya yang sebelumnya jauh lebih mahal. 

Semoga ulasannya bermanfaat, dan bisa menjadi referensi untuk Anda saat mencari jenis lantai terbaik untuk lapangan olahraga. Terapkan gaya hidup sehat dengan terus berolahraga, apalagi di masa pandemi seperti sekarang dimana kita membutuhkan imunitas yang tinggi.

Lantai Lapangan Olahraga mana yang Akan Anda pilih?

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang