MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Lantai kayu Sintetis : Vinyl, Laminate, Lantai Spc, Wpc, mana yang Terbaik?

Informasi lantai kayu sintetis dari laminated, Vinyl, WPC dan SPC serta perband…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Lantai kayu Sintetis : Vinyl, Laminate, Lantai Spc, Wpc, mana yang Terbaik?

Selasa, 08 Juni 2021

Lantai kayu Sintetis - Saat ini penggunaan lantai kayu memang sedang banyak di minati. Desain yang indah, nyaman digunakan dan menambah kesan estetis pada hunian membuat peran lantai kayu sedikit demi sedikit mulai mengganti peran dari ubin keramik yang mulai membosankan.

hanya saja, harganya yang tinggi membuat produk lantai kayu hanya bisa di nikmati oleh segelintir orang saja. Padahal, jika anda mengenal lebih dalam mengenai lantai kayu, ada juga lho jenis lantai kayu yang memiliki harga terjangkau.

Jenis lantai kayu seperti apakah itu ?

Kita sebut saja dengan nama Lantai kayu sintetis.

Mengenal 4 Tipe Lantai Kayu Sintetis Sebagai Pengganti parket Solid

Lantai kayu sintetis merupakan jenis lantai kayu yang terbuat bahan baku selain dari kayu utuh. Bisa dari plastik, batu, Pvc dan limbah serbuk kayu sendiri. Lantai kayu sintetis merupakan alternatif lantai yang bisa di pilih menggantikan jenis lantai kayu solid.

Dan pada kesempatan kali ini mari kita coba ulas mengenai jenis-jenis lantai kayu sintetis yang bisa anda pilih. kita akan ulas juga kekurangan kelebihan serta perbandingannya agar nanti anda semakin mudah menentukan jenis lantai mana yang bisa menjadi jenis lantai terbaik untuk di terapkan pada hunian.

Jenis Lantai Kayu sintetis :

Lantai Kayu Laminated

Lantai kayu sintetis Tipe 1 Laminated Flooring

Lantai kayu laminated merupakan jenis lantai kayu terbuat dari bahan dasar HDF. Apa itu HDF? HDF adalah singkatan dari High Density Fiberboard, bahan HDF ini berisi 80-85%  serbuk kayu dan 15% aditif sebagai pengikat dan bahan pengeras kayu.

lantai kayu laminated memiliki beberapa bagian seperti Serbuk kayu HDF sebagai bahan utamanya, Overlay sebagai bahan pelindung dan antigores yang terletak dibagian permukaan lantai, Decor laminate sebagai motif lantai dan counter layer sebagai lapisan paling bawah.

Nilai Plus Lantai laminated :

Karena terbuat dari bahan dasar kayu, feel lantai kayu solid masih tetap bisa dirasakan pada lantai satu ini. Kesan kontras dengan ruangan masih bisa dirasakan. Lantai kayu laminated juga memberikan penawaran hebat dengan kemudahan pemasangannya. Ditambah dengan harganya yang terbilang cukup terjangkau membuat lantai kayu laminated ini bisa menjadi alternatif pengganti lantai kayu solid.

Nilai Minus lantai laminated :

Dengan bahan dasar kayu, tidak hanya menjadi nilai plus, tetapi juga bisa menjadi nilai minus pada lantai laminate karena dengan menggunakan bahan dasar kayu membuat anda harus berhati-hati dengan kadar kelembaban lantai. Karena kelembaban adalah musuh utaman dari kayu.

Jika di nilai dari segi keawetan, lantai kayu laminated ini masih kalah dengan lantai kayu solid sehingga kecondongan orang masih lebih memilih lantai kayu solid dibandingkan lantai kayu laminated.

Kami sudah urai secara lengkap mengenai lantai laminated ini di : Lantai Kayu Laminate : Karakteristik, Plus minus & Harga per meter

Lantai Vinyl Motif kayu

Lantai kayu sintetis berikutnya yang cukup pepuler di kalangan masyarakat adalah lantai vinyl. Lantai vinyl merupakan jenis lantai yang terbuat dari PVC. Berbeda dengan lantai laminated yang masing mengadopsi kayu sebagai bahan utamanya, lantai vinyl ini sama sekali tidak memiliki unsur kayu sedikitpun didalamnya.

Terdapat beberapa jenis lantai vinyl yaitu :

Lantai kayu sintetis Tipe 2 vinyl Flooring

  1. Vinyl Roll
  2. Vinyl Plank 
  3. Vinyl Click
  4. Vinyl Tile
  5. Vinyl stiker

masing-masing jenis lantai vinyl memiliki fungsi dan keunggulannya tersendiri. Tetapi jika ditanya yang mana yang paling banyak diaplikasikan, jawabannya adalah Vinyl Plank karena vinyl jenis ini memiliki kesamaan dengan lantai laminated namun lebih mudah dari segi pemasangannya.

Nilai Plus Vinyl motif kayu

Karena tidak memiliki bahan kayu sedikitpun, vinyl ini tangguh terhadap kelembaban, tidak disukai rayap dan tidak akan keropos. Lantai vinyl juga merupakan jenis lantai sintetis yang paling mudah di pasang.

Nilai minus Vinyl motif kayu

Dengan tanpa adanya unsur kayu didalamnya tidak menjadikan itu menjadi kelebihan semata. Justru karena tidak memiliki unsur kayu pada bahan dasarnya lantai ini menjadi tidak senyaman penggunaan lantai kayu, tidak memiliki sipat kontras dengan ruangan dan tidak menyehatkan. 

Selengkapnya : New! Harga Lantai Vinyl motif kayu 2021

Lantai WPC

Lantai kayu sintetis Tipe 3 WPC Flooring

wood plastic composite merupakan kepanjangan dari WPC. Merupakan jenis lantai yang terdiri dari 60% serbuk kayu, 30% Plastik dan 10% bahan kimia. Dari sumber lain ada yang menyebutkan bahwa WPC terdiri dari 70% polimer murni, 15% serbuk kayu (serat) dan sisa 15% aditif.

WPC ini banyak diaplikasikan di area Outdoor sebagai Pool Deck samping kolam renang, di rooftop balkon dan area outdoor lainnya. Selain itu, lantai WPC juga bisa diaplikasikan di dalam ruangan, di area dinding dan Plafon.

Nilai Plus Lantai WPC

WPC merupakan jenis lantai yang memiliki keseimbangan dari segi keindahan dan kenyamanan kayu dengan kekuatan yang terdapat pada plastik. Sehingga selain tampilan yang indah tetapi juga daya tahan yang baik membuat lantai ini sekilas terlihat sempurna.

Nilai minus Lantai WPC

Kita mencari jenis lantai kayu sintetis karena menilai lantai kayu solid memiliki harga yang tinggi, akan tetapi untuk lantai WPC, harganya hampir sama dengan kayu solid, bahkan mungkin lebih tinggi. Selain itu, lantai WPC mudah meleleh jika diberikan suhu yang cukup panas.

Lantai SPC

Lantai kayu sintetis Tipe 4 SPC Flooring

Untuk mengatasi kelemahan dari WPC, maka dibuatlah SPC atau Stone plastic composite. Dengan bahan campuran batu dan plastik didalamnya membuat lantai ini sangat kuat seperti halnya jenis lantai batu lainnya namun tidak mudah pecah karena di ikat dengan plastik komposit.

Nilai Plus Lantai SPC

SPC memiliki durabilitas yang sangat tinggi, bahkan mungkin merupakan yang paling tinggi diantara jenis lantai kayu sintetis lainnya. Tidak akan melengkung, keropos, tangguh dan tahan terhadap kelembaban. 

Nilai minus Lantai SPC

SPC tidak memiliki unsur kayu sedikitpun sehingga feel lantai kayu tidak akan kerasa seperti nyaman, empuk, kontras terhadap ruangan. Karena terbuat dari bahan campuran batu dan plastik membuat lantai ini tidak jauh berbeda dari lantai keramik.

Seberapa Bagus Lantai SPC? Kita bandingkan Dengan Solid, Vinyl & Laminated Untuk Menemukan Jawabannya 

Catatan

Kenapa lantai kayu sintetis ini sekilas semua produknya hampir sama (kecuali WPC)? Karena corak lantai kayu sintetis merupakan corak buatan pabrik sehingga terkesan begitu-gitu aja.

Jenis Lantai Kayu Solid

Mengenal 4 Tipe Lantai Kayu Sintetis Sebagai Pengganti parket Solid

Lantai kayu solid adalah jenis lantai kayu yang terbuat dari kayu utuh dari batang pohon yang di potong hingga membentuk jenis lempengen lantai. Tidak sembarang kayu yang bisa dijadikan lantai kayu karena kayu-kayu untuk lantai kayu harus memiliki syarat :

  1. Tingkat keras tinggi
  2. Tingkat kuat tinggi
  3. Tingkat awet yang tinggi
  4. Umur kayu yang tua
  5. Memiliki nilai estetis

Lantai kayu jati untuk saat ini merupakan jenis lantai kayu solid yang masih menjadi produk paling diandalkan karena 5 syarat diatas bisa anda dapatkan di lantai kayu jati. 

Keindahan dari kayu Jati yang terukir natural membuat hunian pastinya bakalan terlihat lebih estetis, arsistik namun nyaman. Jika anda siap menginvestasikan uang untuk lantai hunian, jangan ragu untuk memilih lantai kayu Jati ini.

Lantai kayu sintetis vs parket solid

Mengenal 4 Tipe Lantai Kayu Sintetis Sebagai Pengganti parket Solid

Lantai kayu sintetis hadir sebagai alternatif lantai kayu solid yang saat ini memiliki harga yang cukup tinggi, ditambah dengan jumlah kayu yang semakin langka membuat lantai kayu sintetis mulai banyak dilirik.

Apa yang diunggulkan lantai kayu solid dibandingkan sintetis

Jika anda mengincar jenis lantai dengan estetika yang tinggi, tetapi nyaman dan berkesan arsistik, penerapan lantai kayu solid masih direkomendasikan. Corak-corak yang lahir langsung dari alam tanpa dibuat-buat membuat rumah anda selalu tampil beda dengan rumah lainnya meskipun menggunakan produk yang sama. (lantai kayu solid)

Secara keawetanpun, misalnya lantai laminated dan vinyl flooring, lantai kayu solid masih berada diatasnya. 

Lalu bagaimana dengan lantai WPC dan SPC?

Kedua jenis lantai ini memang memiliki keawetan lebih baik dibandingkan lantai kayu solid, namun secara harga justru mengimbangi bahkan untuk WPC lebih tinggi dibandingkan lantai kayu solid. Jadi mendingan menggunakan lantai kayu alami dengan corak alami dibandingkan harus merogok kocek yang sama untuk bahan sintetis yang secara nilai estetis tidak lebih baik.

Apa yang diunggulkan lantai sintetis dari solid?

Lantai kayu solid merupakan jenis lantai yang sulit dipasang, maka kehadiran lantai kayu sintetis sebagai pengganti bahan kayu solid ini harus mengisi kekurangan dari lantai kayu solid, maka jenis lantai sintetis Lebih mudah dipasang.

Demikian ulasan kali ini. Mengenai 4 Tipe lantai kayu sintetis pengganti parket solid. Mana pilihamu? Tentu saja kami tidak akan memaksakan pilihan anda. Silahkan pilihlah jenis lantai yang pas dan sesuai selera. 

Terimakasih telah menyimak....

BLANTERLANDINGv101
Produk kami

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang