MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Apa itu Lantai Tegel? Begini Kelebihan dan Kekurangannya

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Apa itu Lantai Tegel? Begini Kelebihan dan Kekurangannya

Rabu, 06 September 2023

Lantai Tegel

Kualitas Lantai Tegel - Ada banyak elemen saat membangun sebuah hunian, terlebih untuk menunjang hunian yang nyaman dan aman, memerlukan material elemen yang sempurna, dengan kualifikiasi terbaik.

Salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan, yaitu Lantai Hunian. Elemen ini tentunya tidak bisa dipisahkan dari rumah. 

Terlebih lantai memiliki fungsi sebagai penompang untuk struktur bagnunan secara keseluruhan, untuk meningaktkan rasa nyaman. saat berlalu lintas diarea rumah.

 Namun, material lantai umumnya memiliki banyak jenis dan sifat, antara kuat, aman, awet dan tahan lama. Salah satunya, material motif yang saat ini banyak dipilih, yaitu lantai tegel atau ubin tegel.  Agar lebih mengenal lantai satu ini, yuk simak ulasannya berikut : 

Apa itu Lantai Tegel ?

Lantai Tegel

Mungkin sebagian dari kita belum mengenal apa itu lantai tegel, kata tegel sendiri merupakan serapan dari bahasa belanda yang berarti ubin, ya seperti yang diduga, lantai ini sudah ada sejak jaman dulu. 

Jenis tegel biasa dipasangkan pada rumah tempo dulu dengan banyak motif yang clasik dan vintage. Tegel sendiri merupakan lantai yang terbuat dari semen, pasir, hingga campuran bahan lain seperti mill, dan pigmen. 

Selain digunakan untuk lantai ruangan, tegelpun biasa diaplikasikan di area dinding ruangan. Hal ini disebabkan, tegel memiliki banyak motif dan warna lawas yang khas, jenis ini biasa dijual dengan ukuran 20x20 cm atau 30x30 cm. 

Menariknya, motif dari lantai ini diapdatasi dari berbagai kebudayaan didunia, termasuk indonesia. Hal ini yang membuat motif tegel lebih bervariatif dan berbeda setiap tahunnya.

Tampilan Lantai Tegel

Kebanyakan, motif yang dibuat berasal dari negara spanyol, namun karena dengan adanya kemajuan teknologi, banyak model batik dari indonesia yang bisa digunakan pada lantai satu ini. 

Jenis Lantai tegel, biasa digunakan didaerah dengan romansa keraton, seperti yogyakarta atau lingkungan kerjaan atau bangsawan pada jamannya. 

Apalagi, hingga saat ini, lantai tegel tidak hanya terbuat dari bahan semen saja, melainkan bisa juga berbahan dasar marmer, granit, keramik, bahkan tegel teraso.

Karakteristik Lantai

Seperti yang kita tahu, ciri khas dari lantai tegel terdapat pada motifnya yang klasik dan unik, namun selai itu, ada beberapa karakteristik yang harus diketahui, berikut diantaranya : 

1. Tekstur Halus dan dingin

Salah satu karateristik yang identik dengan lantai ini, yaitu memiliki tekstur halus namun tidak licin, alhasil lantai ini banyak dijadikan pelapis dinding ekstior. 

Selain itu warna dan polanya tidak mudah memudah. Menariknya, lantai ini juga lebih terasa dingin sajak dipijak, dan sejuk untuk ruangan. 

Sehingga menghasilkan tampilan yang klasik, dengan suasana ruangan yang lebih natural dan sejuk seperti zaman dulu. 

2. Dibuat Secara Handmade

Salah satu alasan kenapa motif lantai ini memiliki perbedaan dari keping ke keping, yaitu dikarenakan pembuatannya masih tradisional. 

Sehingga nilai estetika yang unik dan motif tegel dibuat secara handmade, dari pembentukan, embossing, hingga perwarnaannya.

Hal tersebutlah yang membuat motif tegel tidal selalu sempurna dan presisi, sama seperti bentuknya yang cenderung tidak presisi.

3. Material Kokoh

Walaupun dibuat secara handmade dengan bahan yang bervariasi, latnai tegel memiliki kualitas lantai yang bagus lho, hal ini dibuktikan dengan lantainya yang tidak mudah pecah dan retak. 

Dari segi kualitaspun, lantai satu ini tergolong kokoh dan awet, disamping itu sifatnya yang fleksibel mampu mempermudah pemasangan

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Tegel

Lantai Tegel

Adapun beberapa kelebihan dari lantai tegel yang bisa diunggulkan, berikut beberapa kelebihan dan kekuranganya berikut : 

Keunggulan 

  • Pemasangan Lantai Tergolonga Mudah dan Murah
  • Produk lantai tidak mudah pecah dan rusak
  • termasuk lantai yang ramah lingkungan
  • memiliki banyak motif dan warna 
  • bisa diaplikasikan untuk waktu yang lama
  • Harga tergolong murah dan mudah ditemukan.

Kekurangan 

  • Tidak direkomendasikan untuk Kamar Mandi
  • Cepat memudar jika tergerus air terlalu sering
  • daya serap terhadap minyak kurang
  • sulit dalam perwaatan
  • Pembuatan Lantai tergolong lama
Jadi, sudah tahu lantai tegel? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang