MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Perbandingan Granit dan Marmer yang Jarang Diketahui!

Bahas Perbandingan Granit dan marmer : Harga, Kualitas, Kegunaan, Tampilan, Ket…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Perbandingan Granit dan Marmer yang Jarang Diketahui!

Selasa, 18 Juli 2023


apa itu granit

Perbandingan Granit dan Marmer
- Ada Berbagai jenis lantai yang bisa menghadirkan kesan ruangan yang mewah dan elegant, pemilihan marmer dan granit kerap menjadi pilihan yang tepat. 

Bahkan diantara keduanya,  material lantai ini kerap tertukar antara granit dan marmer, kendati demikian keduanya memiliki perbedaan yang sifnifikan lho.

Meski keduanya memiliki kesamaan mendasar, dari bahan, hingga motif yang tersedia. Namun, ada beberapa perbedaan granit dan marmer yang bisa diketahui. 

Nah, bagi kamu yang masih bingung menentukan kedua jenis lantai batu ini, yuk simak beberapa perbedaan dari berbagai aspeknya.  Beberapa perbedaanya, diantara lain : 

Apa itu Granit? 

apa itu granit



Granit sendiri merupakan batu alam yang memiliki tekstur dan motif yang cenderung menojol. Dimana, bahan granit diambil dari permukaan bumi, yang terbentuk dari magmam yang sudah mendingin.

Sehingga memiliki tekstur dan motif batu yang cantik. Biasanya, motif dan warna granit terbilang bervariasi, dari granit putih, hitam, biru, amrble, bahkan ada motif batik. 

Sehingga banyak dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan interior dan eksterior, salah satunya lantai granit. Bahkan, ada yang digunakan untuk dinding hingga furnitur rumah.  

Pastinya, jika ingin mencari perbandingan granit dan mamer, kamu perlu mengenal juga apa itu marmer. 

Apa itu Marmer? 


apa itu marmer

Marmer sendiri merupakan batu pualam, yang bertekstur granoblastik yang disusun dari sebagai besar mineral kalsit dan dolomite, sehingga menghasilkan motif batu yang cantik. 

Hal ini yang membuat bahan marmer, terbilang cukup mahal ketimbang lantai terbaik lainnya.

Material Marmerpun menjadi salah satu batuan metamorf yang dinilai ekonomis tinggi yang banyak dimanfaatkan luas diberbagai kebutuhan eksterior dan  interior. 

Salah satunya, sebagai batu tempel, kerajinan, meja hingga dinding. Bahkan tak jarang material mamer, di unggulkan untuk lantai ruangan. 

Tampilan marmerpun terbilang bervariasi, ada yang berwarna abu yang tercipta oleh kandungan grafit, ada yang berwarna hitam, bahkan beberapa marmer saat ini memiliki warna emas dengan serat kuning yang cantik.


Setelah mengenal marmer dan granit, maka dari itu kamu bisa menemukan perbandingan granit dan marmer pada keduanya. 

Namun jika dirasa, masih sulit untuk menentukan perbedaan, karena kedunya hampir mirip. Yuk ketahui perbandingan dibeberapa aspek, untuk memudahkan. Antara lain :  

Perbandingan Granit dan marmer

Agar mengenali perbandingan dari keduanya, simak beberapa aspek yang berbeda dibawah ini!

1. Motif Berbeda

Walaupun dari segi tampilan kedunya hampir sama, namun jika dilihat secara bersamaan. Material Batu Granit memiliki motif yang terbilang berbentuk bintk-binting yang terbentuk secara alami. karena peleburan beberapa batu menjadi satu.

Sedangkan marmer, terlihat memiliki motif yang berbentuk guratan atau urat panjang yang berwarna, sehingga tampilan kedunya mudah dibedakan. Hanya saja, warna dan tekstur batunya, hampir terasa sama.

Hal tersebut membuat perbandingan granit dan marmer cukup mudah di ketahui. 

2. Kualitas dan Ketahan 

perbandingan granit dan marmer lainnya, Jika mengenai kualitas dan ketahanan, kedunya memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, jika dilihat dari materialnya, lantai granit adalah yang terkuat. 

Tentunya hal ini dibuktikan dari tingkat awetnya yang cukup panjang, dimana granit tidak mudah pecah ataupun tergores. 

Walaupun hampir mirip seperti granit, marmer memiliki berat bobot yang lebih ringan, serta memiliki pori yang membuat marmer mampu menyerap lembab pada lantai.

3. Fungsi dan Manfaat

Secara fungsional, kedunya memiliki kesamaan yang signifikan, namun granit memiliki sifat ekslusif yang membuat ruangan terasa lebih sejuk, sebab permukaannya yang dingin dan motifnya yang unik.

Pastinya, sangat cocok diaplikasikan pada ruangan yang inti, tak jarang juga jika material ini kerap dibuat sebagai meja atau counter top karena sifatnya yang tahan gores dan retak. 

Walau demikian, marmerpun mampu menghadirkan kesejukan pada ruangan lho, hanya saja marmer memiliki tingkat kesulitan dari segi pemasangan dan pemotongannya. 

Sehingga perbandingan granit dan marmer ini perlu diketahui, agar bisa menentukan area mana yang bisa diaplikasikan. 

4. Perawatan Lantai

Perbandingan granit dan marmer dari segi perawatanpun perlu diketahui, sebab untuk menentukan budget dan biaya dalam perawatannya. 

Kita tahu, jika garnit dan marmer merupakan batuan alam yang berpori sehingga harus diberikan pelapis, namun perawatan kedunya masih terilang simple. 


Keduanya, hanya perlu dipel dan diberi  pewangi, namun dari keduanya perlu menghindari penggunaan sabun pembersih berbahan kimia yang abrasif mengadung fenol dan asam carbolat, agar bisa meminimalisir dari kerusakan lantai. 

Kelebihan Marmer untuk Lantai

  • Bersifat kuat, berat dan kokoh
  • Memiliki ketahanan api dan air 
  • Salah satu material yang kuat terhadap goresan
  • tampilan yang mewah dan cantik
  • terbuat dari material batu berkualitas. 

Kelebihan Granit untuk Lantai

  • Memiliki Daya serap Air yang tinggi
  • Memiliki ketahanan bobot yang berat
  • Memiliki banyak pilihan warna dan motif
  • perawatan lantai yang mudah dan murah
  • tampilan lantai elegant dan mewah
  • Aman dan hingenis, sehingga sehat.
Jadi, teratarik menggunakan granit atau marmer? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang