MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Perbandingan Decking dan Parket dari Fungsi, Ukuran, Harga Terbaru

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Perbandingan Decking dan Parket dari Fungsi, Ukuran, Harga Terbaru

Selasa, 04 Juli 2023

perbandingan decking dan parket

Perbandingan Decking dan Parket
- Saat ini, penggunaan lantai kayu pada sebuah bangunan menjadi hal yang lumrah bahkan hingga saat ini, penggunaan lantai kayu banyak dicari dari tahun ke tahun. 

Orang orang mulai menggunakan material kayu solid, untuk membuat tampilan hunian menjadi lebih nyaman dan sehat. Bahkan, saat ini terdapat 2 produk lantai kayu yang bisa disesuaikan dengan kondisi dan lingkungan penggunaan. 

Sebab, lantai kayu memiliki 2 type, antara lantai decking dan lantai parket. Terbuat dari kayu solid utuh, namun memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda.

Penggunaannyapun, cukup beda sebab ada yang untuk indoor dan outdoor. Agar tidal salah pilih, ketahui perbandingan decking dan parket lebih lengkap. Seperti :

Bentuk dan Fungsi Decking 

perbandingan decking dan parket

Memiliki fungsi untuk kebutuhan area luar ruangan. Produk decking, biasa dipasangkan pada area - area yang terkena paparan sinar matahari langsung, dengan berbagai aktivitas air yang tinggi. 

Sehingga, penggunaan ini sangat cocok dijadikan material pijak, untuk lantai tanaman, teras hunian, lantai balkon, lantai rooftop, hingga kebutuhan lantai pooldeck atau pinggiran kolam renang.

 Perbandingan decking dan parket yang terlihat yaitu bentuk dan ukuran produk. Dimana, fungsinya untuk lantai outdoor, produk satu ini memiliki alur air pada bagian dasarnya. 

Dimana fungsi alur air sebagai jalur air hujan agar tidak mengendap dipermukaan, air hujan akan mengalir pada kontruksi yang disiapkan sebelumnya, sehingga lantai outdoor akan terhindar dari becek, licin, bahkan tidak membuat luka saat terjatuh. 

Ukuran Decking Kayu

Biasanya, ukuran decking kayu akan terlihat lebih tebal dan besar, ketimbang produk parket. Dimana, ukurannya dari muali 1,9 x 9 x 100 cm hingga ukuran jumbo antara 2,5 cm x 14,5cm. 

Ukuran besar inilah, yang sangat tepat untuk kebutuhan lantai luar ruangan.

Jenis Kayu untuk Decking

perbandingan decking dan parket

Jenis kayu untuk decking-pun berbeda dari kayu untuk parket. Dimana, decking membutuhkan jenis dengan kualitas tinggi, terlebih ketahanannya terhadap air dan sinar matahari. 

Adapun beberapa jenis kayu terbaiknya, yang biasa digunakan untuk kebutuhan luar ruangan, beberapa jenis terbaiknya bisa dilihat dilink dibawah, berserta Harga dari murah dan mahal.  

agar lebih mengenal perbandingan decking dan parket, ketahui bentuk dan fungsi parket terlebih dahulu, berikut : 

Bentuk dan Fungsi Parket

perbandingan decking dan parket

Memiliki bentuk dan ukuran yang lebih kecil ketimbang decking kayu. Perbandingan decking dan parket yang terlihat, yaitu perihal fungsinya. 

Dimana, jika decking untuk kebutuhan luar ruangan, parket atau flooring berfungsi untuk material pijak dalam ruangan. 

Beberapa ruangan yang direkomendasikan dan paling banyak menggunakan produk ini, antara lain seperti kamar tidur, ruang tamu, ruang tengah, hingga area dalam ruangan lainnya, bahkan beberapa jenis parket flooring bisa digunakan untuk kebutuhan lantai dapur. 

Fungsi utama dari penggunaan parket atau flooring yaitu untuk menampilkan tampilan lantai yang lebih cantik dan estetik, pastinya hingga saat ini penggunaan lantai bermotif kayu banyak diaplikasikan disetiap rumah. 

Namun dari berbagai jenis lantai motif kayu terbaik, kayu solid seperti parket dan flooring memiliki kualitas diatas segalanya.

Hal ini, dikarenakan parket kayu solid, menggunakan jenis kayu dengan tingkat kuat 1 dan awet 1, sehingga selain tampilan, lantai kayu untuk indoor, kuat disegala aspek. Salah satunya, kuat air, rayap, dan jamur.

Ukuran Parket dan Flooring

Ukuran Parket Tersedia dari ukuran kecil dan besar, ukuran ini bisa dipilih untuk memudahkan dalam pemasangan. 

Bahkan ada beberapa model pemasangan yang bisa dipilih, seperti herringbone, mozaik, cevron, batu bata, dan model lainnya. 

Ukuran parket kayu memiliki ketebalan antara 1,2 cm hingga 5 cm dengan panjang mulai 17 cm hingga 60 cm. 

Sistem pemasangannyapun terdapat T&G diselasah sisinya, untuk membutuhkan pemasangan dengan cara di klik.

Jenis Kayu untuk Parket

perbandingan decking dan parket

Perbandingan decking dan parket tentunya dari jenis kayu yang digunakan, dimana parket kayu terbuat dari jenis kayu dengan tingkat tampilan yang lebih cantik ketimbang jenis kayu untuk decking. 

Jenis kayu untuk parket, diantaranya seperti Kayu Jati, Kayu Merbau. Dimana, 2 jenis tersebut sangat aman dan banyak digunakan untuk kebutuhan dalam ruangan. 

Harganyapun terbilang lebih murah ketimbang produk decking kayu, dimana harganya sekitar 150 rb hingga 300rb, harga tentunya tergantung jenis dan ukuran yang dipilih. 

Kesimpulan 

Sudah tahu perbandingan decking dan parket? pastinya, rangkuman diatas bisa menjadi alternatif pilihan agar tidak salah memilih produk. 

Kesimpulannya, jika Anda menginginkan bagian luar raugan yang sering terkena air dan sinar matahari, maka decking kayu bisa menjadi Pilihan terbaik. 

Sedangkan, jika Anda menginginkan bagian dalam ruangan yang menampilkan tekstur, dan serat yang cantik, maka parket atatu flooring yang bisa menjadi pilihan terbaiknya. 

Jadi, perbandingan decking dan parket mana yang menurut kamu penting? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang