MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Kualitas Kayu Jati Perhutani dan Jati Rakyat, ini Bedanya

Kayu jati terbagi dari 2 type, yaitu Kayu jati perhutani dan jati rakyat. Terny…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Kualitas Kayu Jati Perhutani dan Jati Rakyat, ini Bedanya

Senin, 10 Juli 2023

Kualitas Kayu Jati Perhutani

Kualitas Kayu Jati Perhutani dan rakyat
- Sering Kali kita memilih kayu jati sebagai material utama dalam beberapa kebutuhan, salah satu produk yang populer pada saat ini yaitu Produk lantai kayu jati.

Banyak dari kita mengetahui jika jati merupakan kayu terbaik, dari segi tampilan, kualitas, hingga tingkat kuatnya yang tinggi. Kayu jatipun termasuk salah satu kayu dengan tingkat kelas I-II. 

Tentunya kelas tersebut bisa dikatakan terbaik, dan bisa digunakan untuk beragam kebutuhan, seperti Furnitur, bahan kontruksi, bantalan rel, jembatan, hingga kebutuhan kayu lainnya. 

Namun, kayu jati terbagi dari 2 type, yaitu Kayu jati perhutani dan jati rakyat. Dimana, keduanya memiliki kualtias yang berbeda, sehingga jangan sampai salah saat memilihnya. 

Agar mengetahui kualitas kayu jati perhutani dan jati rakyat, kamu perlu mengenal perbandingan kayu jati perhutani dan rakyat dan Jenis jati mana yang terbaik, beberapa informasinya, seperti : 

Kayu jati Perhutani

Kualitas Kayu Jati Perhutani

Sebelum mengenal perbandingan kayu jati perhutani dan rakyat, dan kualitas, kita perlu mengetahui apa itu Kayu Jati Perhutani. Jati perhutani, merupakan pohon jati yang di produksi atau dikelola khusus oleh badan usaha negar. 

Jati ini dikenal dengan sebutan Jati TPK. Jati perhutani, dikelola dari mulai pembibitan, pengolahan, hingga pengenmabangan, agar kualitas jai perhutani diatas rata-rata. 

Bahkan, setiap tahunya, jati ini diseleksi untuk mencari pohon dengan kualitas terbaik. Sehingga menghasilkan kualitas kayu jati perhutani yang sempurna. Bahkan, jati TPK atau Jati perhutani, dikelola hingga masar umur yang tua. 

Tampilan Kayu Jati perhutani

Mengenai Kualitas Kayu Jati perhutani, jati jenis ini memiliki ciri khas yang berbeda dari beberapa jenis jati lainnya. Dimana, jati perhutani meimiliki teras berwarna kuning emas kecoklatan. 

Jenis ini mudah dibedakan dari gubalnya yang berwarna putih keabuan, serta memiliki corak yang dekoratif lebih indah, dengan serat yang berjalur.

Tekstur Jati perhutanipun agak sedikit kasar, dengan serat lurus bergelombang. Sehingga tampilannya mudah dibedakan, jika mencari perbandingan kayu jati perhutani dan rakyat. 

Kualitas Jati Perhutani

Kualitas Jati Perhutanipun memiliki tingkat awet I-II, serta tingkat Kuat II. Sehingga penggunaan kebutuhan nya sangat beragam. 

Apalagi, jati perhutani terkenal dengan beberapa grade terbaiknya, dimana jati perhutani memiliki kualitas yang berbeda, antara dasar pohon hingga gubalnya. Biasanya grade ini dikenal dengan grade A, B dan C. 

Kegunaan jati perhutani, biasa dipakai untuk berbagai keperluan, seperti bahan bangunan, rangka pintu dan jendela, panel pintu, perabotan rumah tangga, dek kerta, lambersering kayu. 

Hingga lantai kayu jati yang saat ini banyak di cari, sebab memiliki tampilan lantai yang mewah dan elegant. Bahkan Lantai Kayu berbahan jati, bisa menaikan nilai property hingga 30%. 

Lalu, bagaimana perbandingan kayu jati perhutani dan rakyat? maka untuk mengenal dan mencari mana yang terbaik, kamupun perlu megenal kualitas jati rakyat.

Kayu Jati Rakyat atau Kampung

Kualitas Kayu Jati Perhutani

Kayu Jati Rakyat atau dikenal juga dengan Jati Kampung, merupakan jenis jati yang dikelola atau ditanama di area perkarangan warga. dimana, jati ini tersebar luas dimanapun, tanpa pengolahan yang khusus. 

Atau singkatnya, jati rakyat adalah Pohon jati yang ditanaman di area kosong miliki warga, pastinya jenis ini banyak ditemukan dibeberapa perkampungan dengan ukuran dan umur pohon yang beragam. 

Selain itu, pohon jati rakyatpun memiliki masa waktu tebang yang lebih cepat, ketimbang jati perhutani. Dimana, pertumbuhannya hanya mencai 15 hingga 25 tahun lamanya. 

Dengan begitu, jati satu ini memiliki harga yang 3x lebih murah, sebab kualitasnya tidak terlalu tinggi, hanya bisa digunakan untuk beberapa kebutuhan lunak saja. 

Walaupun jarang digunakan untuk kebutuhan lantai kayu jati, atau kebutuhan lainnya. Jati Rakyat, memiliki warna dan pori-pori yang cukup bagus, sehingga masih bisa digunakan untuk kebutuhan mable, hingga kusen hunian. 

perbandingan kayu jati perhutani dan rakyat akan lebih terlihat dan mudah diketahui, jika kamu mengenal bagaimana kualitas jati satu ini.

Kualitas Kayu Jati Rakyat

Kualtias Jati rakyat tidak sebagus jati perhutani, sebab jati satu ini lebih cenderung banyak bengkok pada batangnya, selain itu kayu ini memiliki masa termbuhan lebih lama. 

Warna kayunyapun berwarna coklat pudar, sehingga tidak terlalu cocok untuk kebutuhan furnitur. Tetapi, walaupun kualitasnya tidak terlalu bagus, jati rakta memiliki pori yang lebih padat ketimbang jati lainnya, sehingga masih bisa dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan ringan.


Harganyapun relatif lebih murah, sehingga bisa jadi andalan untuk kebutuhan kontruksi atau pondasi bangunan yang lebih murah. lalu, agar lebih mudah mengetahui perbandingan kayu jati perhutani dan rakyat.  

Ketahui juga beberapa kelebihan diantara 2 jenis jati diatas, agar lebih tahu kualitas jati perhutani dan kualitas jati rakyat dari kelebihannya. Berikut diantarnaya : 

Kelebihan Jati Perhutani 

  1. Memiliki serat padat dan Halus
  2. Teksturnya terbagi 3 Jenis terbaik
  3. memiliki lapisan minyak yang kuat terhadap rayap dan jamur
  4. Warna lebih solid dan serat lebih variasi
  5. Tahan air dan memiliki bobot berat yang solid
  6. Awet dan bisa diaplikasikan diberbagai kebutuhan

Kelebihan Jati Rakyat

  1. Memiliki banyak stock 
  2. kualitas cukup untuk kebutuhan ringan
  3. Lebih ringan dan tekstur yang mudah dipotong
  4. Harga relatif lebih murah 
  5. Memiliki kualitas tergantung umur saat ditebang
Jadi, sudah tahu kualitas jati perhutani dan kualitas jati rakyat?

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang