MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

7 Perbedaan Lantai SPC flooring dan Lantai Vinyl, hingga kelebihan produk

Bingung Pilih Lantai SPC atau Vinyl? Yuk Ketahui perbedaannya

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

7 Perbedaan Lantai SPC flooring dan Lantai Vinyl, hingga kelebihan produk

Rabu, 15 Maret 2023

Perbedaan Lantai spc dan Vinyl

Perbedaan Lantai Vinyl dan SPC -
Saat membangun sebuah hunian, pemilihan lantai menjadi proritas pertama untuk kenyamanan dan tampilan yang lebih pas hingga menyesuaikan dengan konsep Hunian. 

Bahkan, pada saat ini terdapat banyak produk lantai yang bisa dipilih, dengan tampilan, kualitas, hingga harga yang beragam. Lantai Vinyl dan SPC kerap menjadi unggulan dari segi Harga dan Tampilan. 

Proses pemasangan yang mudah menjadi unggulan lainnya dari Lantai Vinyl dan SPC, walaupun banyak persamaan, namun keduanya memiliki banyak perbedaan lho. 

Agar lebih mengenal Perbedaan antara Lantai vinyl dan SPC lebih lengkap, yuk pastikan Anda membaca artikel satu ini hingga tuntas, untuk menentukan mana yang Harus dipilih 

7 Perbedaan Lantai Vinyl dan SPC

Perbedaan Lantai spc dan Vinyl

Untuk Lebih jelasnya, berikut beberapa perbedaan vinyl flooring dan lantai SPC yang perlu kamu ketahui, diantaranya :

1. Kontruksi Produk

Perbedaan pertama yang bisa Anda ketahui yakni dari segi Kontruksi Lantai, dimana lantai vinyl cenderung memiliki tekstur yang fleksibel dan lembut. 

Sedangkan lantai SPC memiliki tekstur lantai yang kaku dan kurang lentur saat disentuh atau dibentuk, Hal ini disebabkan lantai spc terbuat dari bahan plastik batu komposit.

2. Bentuk dan Tebal Lantai

Salah satu hal yang membedakan antara Lantai SPC dan Vinyl flooring yakni terasa dari bentuk dan tebalnya, Lantai Vinyl memiliki tebal 3,3-7 meter pada setiap lembarnya. 

Bahkan, beberapa jenis vinyl memiliki ketebalan hanya sekitar 0,5 - 2,2 milimeter saja. Sedangkan Lantai vinyl lebih terasa tebal, sebab lantai SPC memiliki ketebalan hingga 5,5 - 8 milimeter, ketebalan ini akan terasa saat diinjak.

3. Tingkat Kuat dan Ketahanan 

Walaupun keduanya sama sama memiliki tingkat kuat saat digunakan, hanya saja jika dibandingkan, lantai SPC lebih unggul ketimbang Vinyl lho. 

Hal ini dikarenakan Vinyl memiliki sifat fleksibel yang rentan terhadap penyok, jadi jika hunianmu memiliki banyak perabotan berat, sebaiknya gunakan SPC flooring saja, 


Namun jika penggunaan lantai sebatas visual dan pemakaian biasa, maka lantai vinyl bisa diunggulkan. Sehingga keduanya masih cocok untuk dipilih. 

4. Fungsi

Perbedaan lainnya antara lantai vinyl dan SPC flooring yakni dari segi fungsi dan keunggulannya, dimana keduanya memiliki kemampuan untuk meredam suara. 

Lantai vinyl cenderung membantu meredam suara diruangan, oleh sebab itu penggunaan lantai vinyl kerap diunggulkan untuk lantai studio atau bioskop pribadi. 

Walaupun sudah memiliki SPC sebagai lantainya, Anda bisa menambahkan underlayer foam dibagian bawahnya untuk peredam yang lebih kuat. 

5. Stabilitas Lantai

Walaupun Kedunya sama - sama bisa digunakan pada area apapun terkhususnya kamar mandi, sebab hal ini dikarenakan material keduanya cenderung stabil saat menghadapi suhu yang tinggi dan rendah, sehingga stabilitasnya kuat terhadap kelembaban. 

Hanya saja, jika suhu cenderung berubah dengan cepat, maka lantai SPC lebih unggul, tekstur tidak akan mudah berubah meskin perubahan suhu yang ekstrem.


6. Tampilan dan Tekstur

Keduanya memiliki motif yang hampir sama, bahkan antara lantai vinyl dan spc terdapat motif yang bervariasi yang diadaptasi dari lantai unggulan, seperti Lantai kayu, marmer, dan granit. 

Walau demikian, keduanya bisa dibedakan dari tekstur lapisannya, dimana lantai SPC lebih natural sedangkan lantai vinyl terlihat produk pabrikan. 

7. Harga Permeter

Walaupun keduanya sama sama memiliki harga yang ekonomis, namun lantai vinyl lebih murah, bahkan Anda bisa menemukan lantai vinyl mulai dari 120 rb permeter. 

Sedangkan Lantai SPC memiliki harga termurah dari 150 ribuan, keduanya memiliki kualitas yang terlihat dari harganya. 

Kelebihan SPC flooring dan Lantai Vinyl

Keduanya memiliki perbedaan dari kelebihan dan kekurangan saat digunakan, untuk mencari mana yang terbaik, ketahui juga kelebihan dan kekurangan lantai spc dan Vinyl, berikut :

Kelebihan SPC

Perbedaan Lantai spc dan Vinyl
  1. Produk Tahan Air : Lantai SPC lebih Tahan air, sehingga terbebas dari Lembab. 

  2. Tidak mudah memuai : Lantai SPC memiliki kelebihan terhadap cuaca, sehingga tidak akan memuai saat terkena panas

  3. Mudah Perawatan : Perawatan yang mudah, hanya dengan membersihkan dengan sapu dan dipel, sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus

  4. Bisa pasang di area kurang rata : Berbeda dari vinyl, lantai spc lebih praktis saat pemasangan di area yang kurang rata

  5. Tampilan realistis : Motif dan tekstur seperti Lantai asli, sehingga memberikan tampilan corak yang lebih realistis.

Kelebihan Lantai Vinyl

Perbedaan Lantai spc dan Vinyl
  1. Daya Tahan lama : walaupun tidak setahan lantai SPC, namun vinyl mampu bertahan hingga 10-15 tahun lho.

  2. Mudah dipasang : Bentuknya yang fleksibel dan lembut, sehingga pemasangan lebih mudah dan mudah dibentuk atau dipotong.

  3. Mudah Dirawat : Sama seperti Lantai SPC, vinyl flooring memiliki kemudahan dalam perawatannya.

  4. Tampilan bervariasi : kelebihan Lainnya, lantai vinyl hadir dalam berbagai desain dan jenis yang bisa dipilih sesuai selera.
Jadi, Tertarik menggunakan lantai mana? Spc atau Vinyl flooring
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang