MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

7 Jenis Atap paling banyak digunakan, Kenali kualitas dan Kelebihannya

Ingin membangun sebuah bangunan? namun bingung dengan atapnya? yuk kenali jenis…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

7 Jenis Atap paling banyak digunakan, Kenali kualitas dan Kelebihannya

Jumat, 10 Maret 2023

Jenis atap dan Kelebihan

Jenis material Atap
- Salah satu elemen yang tak bisa dipisahkan dan memiliki peranan penting yakni sebuah atap. Fungsi atap sendiri, yakni sebagai pelindung dari berbagau faktor cuaca, seperti hujan, terik matahari, hingga hal yang mampu merugikan area hunian. 

Dalam dunia kontruksi sendiri, atap memiliki beragam jenis material dengan jenis, bentuk, warna, hingga ketahanan yang berbeda. 

Bahkan, ada atap yang mahal dan murah, namun hal tersebut pastinya bisa Anda pilih untuk menyesuaikan dengan kebutuhannya. 

Nah, seperti yang disingung diatas, dimana kami akan membahas beberapa jenis atap yang bisa Anda gunakan, bagaimana kualitasnya? Berikut : 

Jenis Jenis Atap Bangunan 

1. Atap Metal

Jenis atap dan Kelebihan

Jika dilihat dari bentuknya, atap metal atau genteng metal memiliki bentuk seperti lembaran yang menyeruapai seng. Memiliki kualitas yang kuat dan kokoh. 

Dengan pemasangan yang mudah, kerap menjadi alasan pemilik hunian menggunakan atap satu ini. Terlebih, jenis atap metal tak perlu sering dilakukan cat ulang karena materialnya memiliki ketahanan terahdap lumut dan lembab. 

Walaupun banyak kelebihan, atap metal memiliki kekurangan dari segi tampilan yang terkesan monoton hingga membosankan. Jenis atap ini bisa direkomendasikan

2. Atap Genteng Tanah Liat

Jenis atap dan Kelebihan

Jenis atap satu ini merupakan penutup atap yang paling banyak digunakan oleh masayrakat indonesia, apalagi harga yang terbilang ekonomis, dengan ketahanan dan model yang cukup unggul menjadi daya tarik tersendiri. 

Terbuat dari tanah liat yang dibakar, membuat material genteng tanah liat mampu bertahan hingga puluhan tahun, namun satu kekurangan dari penggunaan genteng tanah liat yakni memerlukan kerangka atap yang cukup banyak, dan berjamur, sehingga cukup sulit untuk merawatnya. 

3. Atap Keramik

Jenis atap dan Kelebihan

Tak hanya digunakan sebagai lantai saja, penggunaan keramik menjadi keunggulan tersendiri untuk penutup atap. Walaupun terbuat dari bahan dasar tanah liat. 

Namun setelah ditambah pelapis pewarna glatzur sehingga, atap keramik memiliki tampilan yang cukup mewah. Apalagi, kelebihan atap keramik yang tahan terhadap api, dan tidak mudah pudar menjadi kelebihan tersendiri. 

Baca Juga : Lindungi langit langit rumah dengan Lambersering Kayu

Walau banyaknya keunggulan, namun genteng keramik sedikit lebih sulit dalam segi pemasangannya, sehingga memerlukan ahli pemasangan profesional.

4. Atap Beton

Jenis atap dan Kelebihan

Salah satu pilihan yang tepat saat membangun hunian berkonsep minimalis, maka gentteng beton sangat pas, pada dasarnya atap satu ini memiliki kesamaan dengan tanah liat. 

Hanya saja pemilihan warna lebih beragam dan bentuk bervariasi. Kelebihan atap beton yakni bisa tahan terhadap berbagai macam cuaca, kokoh, dan kuat karena berasal dari bahan cor-coran. 

Walaupun kuat dan kokoh, atap beton memiliki kekurangan dari harganya yang terlalu mahal, pasalnya pembuatan atap beton cukup lama dan berat.

5. Atap Beton Cor

Jenis atap dan Kelebihan

Berbeda dengan atap beton barusan, dimana atap beton cor merupakan atap yang tidak memiliki penutupnya. Dengan kata lain, atap satu ini memiliki struktur bangunan yang rata. 

Sehingga atap beton cor kerap digunakan untuk menjemur pakaian, selain itu atap beton cor bisa digunakan untuk bangunan bertingkat. 

Banyaknya kelebihan dari atap satu ini, salah satunya yakni tidak mudah terbkaar, tahan lama, anti bocor, tidak lapuk, dan tidak berubah bentuk. 

Walaupun demikian, atap beton mudah terkena lumut, dan rawan retak, sehingga memerlukan perawatan yang cukup. Walaupun demikian, atap beton cor kerap digunakan. 

6. Atap Asbes

Jenis atap dan Kelebihan

Hampir mirip dengan atap seng, dan kerap digunakan untuk kebutuhan abngunan besar seperti pabrik, pertenakan, dan sebagainya. Dimana atap asbes memiliki karakteristik yang unggul lho. 

Apalagi jika berbicara perihal harga, jenis atap ini masih termasuk kategoria tap yang murah. Adapun beberapa kelebihan dari atap asbes, yakni ringan dan tahan lama. 

Baca JugaYuk Ketahui! 7 Model Atap Rumah yang Banyak Orang Sukai

Meski harga ekonomis, namun kekurangan atap asbes mudah sekali pecah, sehingga saat melakukan pemasangannya, perlu kehati-hatian.

7. Atap Seng

Jenis atap dan Kelebihan

Jika diatas ada atap genteng seng, maka jenis satu ini berbedam dimana atap seng memiliki lembaran besar, yang disusun seperti asbes. Jenis ini kerap dipakai untuk membangun warung pinggir jalan, hingga garasi rumah. 

Selain harga dan biaya pemasangan yang mudah, dan tidak memubutuhkan rangka, hanya saja atap seng mudah rusak, jika terkena hujan, atau suhu yang panas, sehingga mudah berjamur dan berkarat, bentuk atapnyapun terlihat monoton.

Jadi, Tertarik menggunakan jenis atap mana

BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang