MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

6 Jenis Kalsiboard Paling Banyak Digunakan, Ketahui Bentuk dan Fungsinya

Sebelum Menggunakan Kalsiboard, Yuk ketahui dan 6 Jenis Kalsiboard yang Tersedi…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

6 Jenis Kalsiboard Paling Banyak Digunakan, Ketahui Bentuk dan Fungsinya

Senin, 27 Februari 2023

Jenis Kalsiboard

Jenis Kalsiboard - Sedang Mencari atau Membandingkan material terbaik untuk dinding atau plafon rumah? Pastinya, satu hal yang membingungkan yakni ketika mencari Produk Interior Terbaik dengan spesifikasi unggul serta harga yang murah. 

Tentunya, aspek tersebut akan membuat pembangunan hunian semakin mudah, ekonomis, serta pemakaian dengan jangka yang panjang. Salah satu material unggulan paling banyak dicari dengan aspek tersebut yakni Material Kalsiboard. 

Kalsiboard sendiri merupakan papan tebal dan memiliki kekuatan untuk menompang atap dan dinding lebih Kokoh dan sempurna. 

Kalsiboard pun terbagi dengan beberapa jenis dan manfaat, untuk lebih mengenal material kalsiboard dan jenisnya, yuk simak ulasan lengkapnya berikut :

Fungsi dan Bentuk Kalsiboard 

Fungsi Kalsiboard 

Jika ditanya apa fungsi utama Kalsiboard, kalsiboard memiliki banyak fungsi selain penggunaannya sebagai material plafon, dimana sifatnya tahan air, ringan, serta mudah dibentuk membuat material satu ini mampu digunakan pada area dinding dan kebutuhan furniture

Bentuk Kalsiboard 

Bentuk Kalsiboard sendiri yakni berbentuk lempengan seperti Triplek, ukuran standar kalsiboard yakni panjang 122 cm, serta lebar 244cm. 

Dimana ukuran tebalnya bervariasi, dari 8 mm samapai 20 mm. Penggunaan tebal kalsiboard dipilih untuk menyesuaikan kebutuhan dan kondisi kontruksi.

Jenis - Jenis Kalsiboard

Seperti yang dibahas diatas, dimana kalsiboard terbagi menjadi beberapa jenis dengan kebutuhan yang berbeda, untuk mengenal jenisnya. Ketahui ulasannya berikut, antara lain : 

1. Jenis Kalsiling 

Jenis Kalsiboard

Jenis kalsiboard yang paling banyak digunakan yakni, kalsilling dimana jenis ini memiliki berbagai variasi ukuran, hingga lebar untuk kebutuhan. 

Namun untuk pemakaiannya, jenis kalsiboard ini direkomendasikan hanya untuk kebutuhan plafon saja. Jenis kalsiboard ini digunakan dengan berbagai macam rangka, baik itu rangka besi atau kayu. 

Dimana, ukuran yang besar dan bobot yang berat, direkomendasikan untuk menggunakan rangka berbahan besi, dan sebalikanya, jika ukuran kecil dengna bobot yang ringan, maka penggunaan rangka kayupun sudah cukup.

2. Jenis Kalsirata

Jenis Kalsiboard

Jenis Kedua kalsiboard yang penggunaanya cukup popular, yakni Jenis Kalsirata. Umumnya, jenis papan kalsiboard ini memiliki tebal mencpai 3 mm, dengan panjang dan lebar hingga 1 meter.
 
Penggunaan jenis kalsirata digunakan untuk penggunaan atap yang tidak terlalu besar, pasalnya ukuran kalsisilingnyapun tersedia dengan ukuran yang terbatas, sehingga dapat memudahkan saat proses pemindahan hingga pemasangannya. 

Mengenai manfaatnya, jenis kalsirata kerap jadi unggulan plafon bangunan, meski pemasangannya dirasa lebih mudah, namun akan lebih bagus jika pemasangan dilakukan oleh ahli pemasangannya.

3. Jenis Kalsiclad

Jenis kalsiclad

Jika jenis sebelumnya digunakan hanya untuk kebutuhan plafon saja, berbeda dengan jenis kasliclad dimana penggunaannya sebagai pelapis dinding untuk mempercantik tampilan interior rumah. 

Bahkan jenis kasliclad dapat digunakan untuk kebutuhan eksterior atau luar ruangan. Sehingga jenis satu ini kerap diunggulkan sebagai pengganti material gypsum. 

Ukurannyapun sanagtlah beragam, baik tebal lebar hingga lebar. Pengaplikasiannya, bisa kamu gunakan dengan material khusus yang berupa rangka baja, hal ini tentunya agar kalsiboard jenis kalsiclad dapat terpasang dengan kuat dan kokoh. 

4. Jenis Kalsifloor


Jenis Kalsiboard

Jika mencari jenis kalsiboard yang mudah dalam pemasangannya, maka jenis kaslifloor sangat bbisa diunggulkan lho. Hal ini dikarenakan jenis kalsifloor memiliki bobot yang paling ringan diantara kalsiboard diatas. 

Selain bobot yang ringan, pemasangannyapun tidak membutuhkan pengecoran, sehingga pemasangan yang singkat akan mempercepat pembangunan serta memudahkan. 

Selain cocok dalam penggunaan dinding dan plafon, jenis kalsifloorpun sanagt ideal untuk bangunan-bangunan tinggi, ketebalan yang tersedia mulai dari 3 mm hingga 20 mm.

5. Jenis Kalsiplank

Jenis Kalsiboard

Berbeda dari jenis kalsiboard lainnya, dimana penggunan kalsiplank terasa lebih seperti menggunakan lambersering, hal ini dikarenakan bentuk dan ukurannya yang indah.  

Bahkan jenis kalsiborad satu ini memiliki berbagai varian motif, bahkan hingga motif kayu asli, sehingga penggunaannya hampir sama dengan lambersering. Jenis kalsibaord ini sangat direkomendasikan untuk pengganti lambersering kayu.

6. Jenis Kalsipart

Jenis Kalsiboard

Jenis kalsiboard terakhir yang bisa Anda gunakan yakni jenis kalsipart, hampir mirip dengan kalsifloor dimana kalsipart memiliki bobot yang lebih ringan ketimbang jenis kalsiboard lainnya. 

Sehingga tak heran jika kalsipart dinilai lebih fleksbel saat proses bongkar pasang. Pada umumnya, jenis kalsipart kerap digunakan untuk dinding sekat dipusat perbelanjaan, kamar darurat, hingga hunian pribadi. Tak hanya itu, kalsipartpun kerap digunakan untuk partisi perkantoran.

Jadi, tertarik menggunakan jenis kalsiboard yang mana? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang