MqR4Max8MWpcNat8LWZ4NWZ4yTUfATofA7IowqV=

Pilihan Kayu Furnitur dari Kualitas Rendah, Sedang dan Tinggi

Jenis Kayu Furnitur Terbaik, dari Kayu Mahoni, Oak, Sungkai, Pinus, Hingga Kayu…

BLANTERLANDINGv101
629775491385809009

Pilihan Kayu Furnitur dari Kualitas Rendah, Sedang dan Tinggi

Selasa, 20 Juni 2023
Kayu Furniture

Jenis Kayu Furnitur - Kebutuhan material kayu tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan kontruksi bangunan saja, tampilan dan serat yang menawan kerap menjadi pilihan terbaik sebagai bahan Furnitur.

Kayu menjadi salah satu bahan yang paling banyak digunakan, dalam pembuatan furnitur, seperti lemari, kursi, meja, kitchen set, dan sebagainya. 

Selain tampilan yang cantik dan natural, terdapat berbagai pilihan motif dan harga yang bervariasi tergantung jenis kayu yang digunakan.  

Maka untuk kamu yang berminat membuat atau membeli furnitur kayu, yuk ketahui jenis kayu kayu mana yang terbaik. Seperti berikut :

Urutan Kayu Furnitur dari Kualitas

Berikut beberapa Jenis Kayu Terbaik untuk Furnitur dari Kualitas Rendah, sedang hingga paling Tinggi, simak urutannya berikut : 

1. Kayu Mahoni

Kayu Furniture

Memiliki gaya natural dan klasik, pastinya membuat daya tarik furnitur semakin lebih bernilai tinggi. Apalagi Kayu Mahoni sendiri memiliki serat kayu yang halus dan beragam. 

Tampilan kayu mahoni dibarengi dengan kekuatannya, Walaupun tak sekuat kayu jati, namun daya tahannya mampu mengamankan furnitur atau perabotan dari serangan rayap. 

Serta jenis kayu furnitur ini tidak mudah berubah terhadap cuaca, sehingga kayu mahoni sangat direkomendasikan sebagai salah satu jenis kayu Terbaik.

2. Kayu Oak

Kayu Furniture

Kayu Oak merupakan salah satu kayu populer yang digunakan sebagai bahan dasar kayu furnitur, dimana kayu oak memiliki sifat yang keras, kuat dan tahan lama. 

Sifat atau kualitas kayu oak inilah membuat produk seperti meja, kursi, lemari bisa dipakai hingga bertahun-tahun lamanya. Bobot kayunyapun tidak terlalu ringan sehingga memiliki fisik seperti kayu mahal.

Namun, kayu oak memiliki pori-pori kayu yang cederung besar dengan guratan yang khas, sehingga banyak dilapisi ulang menggunakan cat polishing. 


Agar menampilkan tampilan furnitur yang lebih indah dan cantik. Kayu oakpun terdiri dari dua warna utama, yakni oak putih dan oak merah.

3. Kayu Sungkai

Kayu Furniture

Kayu Sungkai biasanya digunakan sebagai material dasar pembuatan furnitur, atau perbotan rumah seperti Kursi, pintu, lemari baju, hingga meja rumah. 

Memiliki siftat yang ringan, yang membuat pengolahannya sebagai kayu furnitur lebih mudah dan cepat. 

Terlebih Kayu Sungkai memiliki motif yang sangat indah, dan warna yang lebih muda sehingga furnitur yang diolah memiliki harga jual yang tinggi dengan bahan dasar yang terjangkau. 

Jika ditanya kualtias, kayu sungkai memiliki kelas kuat II dan awet II, sehingga mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

4. Kayu Pinus


Kayu Furniture

Jenis Kayu furnitur berikutnya yang kerap menjadi idola bagi para pengerajin dengan harga yang ekonomis. 

Kayu pinus memiliki tampilan yang terang dan mudah ditimpa dengan warna lain, apalagi bobot kayu yang agak ringan, namun ketahannya tidak sekuat maple dan oak. 

Pinus sendiri menjadi alternatif pilihan sebagai solusi pembuatan furnitur atau perabot yang lebih murah, Kayu pinus dikenal luas sebagai material palet impor, dan material furnitur hunian bergaya minimalis. 

5. Kayu Beech

Kayu Furniture

Termasuk kedalam kayu solid yang kuat, keras dan berat, dengan tampilan yang lebih terang dari putih hingga kuning muda, dan tekstur yang merata. 

Kayu Beech, kerap menjadi andalan bagi para pengerajin, sebagai bahan dasar kayu funitur, beech sendiri hingga saat ini cukup populer diindonesia. 

Walau bukan termasuk kayu asal indonesia, namun hasil produk furnitur banyak dicari, karena lebih cantik, dan berkualitas tinggi.

6. Kayu Trembesi 


Kayu Furniture

Hampir sama dengan Kayu jati, trembesi atau kayu trembesi menjadi bahan dsaar furnitur yang paling banya digunakan, memiliki ukuran diamater yang lebih besar. 

Membuat kayu ini cocok untuk kebtuuhan meja makan yang panjang. Tampilan kayu trembesi yang indah, dengan serat panjang dan melengkungpun menjadi daya tarik tersendiri. 

Kamu bisa menggunakan finshing pernis gloss ata matte, untuk kayu furnitur yang lebih sempurna. Kualtias kayu satu inpun tidak bisa dianggap remeh, sebab memiliki tekstur yang kasar, sehingga lebih tahan terhadap rayap.

7.  Kayu Jati 

Kayu Furniture

Raja dari bahan kayu furnitur ini menjadi nomer 1 untuk kebutuhan perabot atau material interior lainnya, harga yang mahal tentuya menjadi cirikhas dari kayu satu ini. 

Sebab kayu jati memiliki kualitas yang tinggi, daya tahan panjang, dan kuat. Dengan kelas awet 1 membuat Kayu Jati tahan terhadap jamur, rayap, hingga cuaca ekstream. 


Hal inilah yang membuat kayu jati menjadi primadona furnitur, tak hanya tampilannya yang mahal, namun kualitas kayunyapun sempurna. 

Maka dari itu banyak produsen yang mengutamakan kayu jati sebagai interior atau furnitur, sebab harga jualnya yang tinggi. 

Jadi, jenis kayu furnitur mana yang akan kamu gunakan? 
BLANTERLANDINGv101
Produk kami
lantai kayu ruang tamu
lantai kayu kamar tidur
lantai kayu tangga
lantai kayu rumah

Apa kelebihan Lantai kayu solid?

Lebih kuat

Lebih awet

Nyaman digunakan


Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang